Cara Mengatasi Murai Batu Sakit Tenggorokan

Murai batu adalah burung yang terkenal memiliki kicauan yang merdu. Banyak burung murai batu terjual dengan harga tinggi karena pembeli terpikat oleh suaranya yang menenangkan. Sayangnya burung kicau inipun bisa sakit tenggorokan dan tentu mengurangi kemampuannya dalam bersuara. Namun, Anda tidak perlu khawatir, berikut adalah cara mengatasi murai batu sakit tenggorokan yang tepat.cara mengatasi murai batu sakit tenggorokan

Ciri burung Murai Batu Sakit Tenggorokan

Sebagai pemilik, Anda pasti sangat peduli dengan hewan peliharaan. Walau begitu, burung tidak bisa berbicara layaknya manusia untuk menyampaikan jika sedang dalam keadaan tidak sehat. Namun, pasti ada ciri yang bisa diketahui ketika burung murai batu dalam keadaan tidak sehat. Ciri utama yang akan dialami oleh burung ini adalah adanya masalah tenggorokannya.

Ciri yang bisa langsung dijumpai adalah suara burung murai batu menjadi serak. Selain itu, suara kicauannya jadi tidak senyaring biasanya. Hal yang paling parah adalah jika burung Anda dinilai gacor, kemudian tiba-tiba jadi jarang bersuara. Langkah tepat perlu diambil jika burung murai batu sudah dalam tahap jarang bersuara. Sebab jika tidak segera ditangani bisa jadi burung tidak mau lagi untuk berkicau.

Penyebab Burung Murai Batu Sakit Tenggorokan

Manusia bisa terkena beragam penyakit pun juga karena beragam alasan. Sama dengan burung murai batu yang penyebab sakit tenggorokannya sangat beragam. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab burung murai sakit tenggorokan yang perlu diketahui.

  • Dijemur Terlalu Lama

Salah satu akibat jika murai batu dijemur terlalu lama adalah membuatnya sakit tenggorokan. Ini karena burung menjadi dehidrasi, sehingga tubuhnya akan melemah dan mengganggu saluran pernapasan. Selain itu, dijemur dan kepanasan terlalu lama bisa menyebabkan murai batu mereka stres.

  • Jangan Sepelekan Pakan Burung Yang Sudah Tidak Berkualitas

Mungkin Anda mengira pakan yang kurang berkualitas tidak akan memberi pengaruh besar. Padahal hal ini bisa membuat burung murai batu terluka. Sebagi pemilik Anda harus menghindari memberi makan burung dengan kroto yang sudah basi,

  • Letak Kandang Burung Murai Batu

Pastikan kandang murai batu tidak hanya diletakkan jauh dari matahari secara langsung. Hindari juga meletakkan kandang di tempat dengan sirkulasi udara yang buruk. Sebab debu yang bercampur di udara akan berbahaya bagi kesehatan burung murai batu.

Cara Menyembuhkan Murai Batu Sakit Tenggorokan

Apabila dirasa burung peliharaan Anda sudah dalam keadaan yang tidak baik, coba lakukan langkah-langkah berikut. Simak Cara mengatasi murai batu sakit tenggorokan yang benar antara lain adalah sebagai berikut.

  • Hentikan Sementara Waktu Kegiatan Berjemur Saat Pagi Hari

Menghaentikan penjemuran di pagi hari dilakukan supaya burung menyesuaikan dengan keadaan. Di samping itu cara ini dilakukan agar dapat diketahui penyebab sakitnya akibat kepanasan atau hal lain.

  • Pisahkan Dengan Burung Lain

Karantina burung murai batu yang sedang sakit dilakukan dalam kandangnya sendiridengan ditutupi menggunakan kain. Tujuannya supaya murai batu yang sakit tidak menularkan virus kepada burung lain.

  • Bersihkan Kandangnya Dalam Kurun Waktu Seminggu Sekali

Selama burung sedang sakit, Anda perlu membersihkannya lebih rajin dan secara berkala baik itu siang ataupun sore hari. Membersihkan kandang secara rutin dilakukan agar tidak memperparah kondisi burung.

  • Sering Membersihkan Wadah Pakan Burung

Jangan biarkan makanan yang sudah lebih dari sehari masih di wadahnya. Lekas buang dan ganti dengan pakan burung yang baru.

  • Letakkan Burung Murai Batu Ke Tempat Yang Tidak Berisik

Apabaila burung murai batu sedang sakit sebaiknya jangan letakannya kandangnya di tempat yang berisisk. Sebab, tempat yang terlalu ramai justru bisa membuat burung stres. Ini tidak hanya berisik dari suara manusia, tapi juga dari burung lain yang sedang gacor.

  • Amati Kondisi Burung Secara Seksama

Jika kondisi burung semakin hari kian membaik, Anda bisa kembali memulihkan suara kicauannya. Caranya adalah dengan memasterkan murai batu menggunakan suara kicau bervolume rendah. Ini dilakukan supaya perlahan burung bisa mengingat suara kicauannya.

  • Hindari Memberikan Makanan Berupa Ulat Hongkong

Ganti pakan berupa ulat hongkong dengan kroto, cacing, dan jangkrik yang dalam keadaan segar. Jangan lupa untuk membuang kepala dan kaki jangkrik saat memberi makan sebab jika tidak, bisa melukai tenggorokan burung.

Jika cara mengatasi murai batu sakit tenggorokan di atas belum berhasil, tidak ada salahnya untuk datang ke dokter hewan.