Apa Saja Ciri Murai Batu Kurang Birahi? Ini Ulasannya

Ciri Murai Batu Kurang Birahi – Birahi pada burung murai batu diperlukan untuk membuat burung tersebut lebih gacor ketika akan dilombakan dengan murai batu lainnya, atau hanya sekedar untuk bunyi-bunyian saja di rumah.

Ada beberapa faktor yang munurunkan kualitas suara burung murai batu, salah satunya adalah kurang birahi. Selain itu, juga ada beberapa ciri murai batu kurang birahi yang perlu Anda waspadai sebagai berikut.

Ciri Murai Batu Kurang Birahi Paling Umum

Kurang Gacor

Suara merupakan hal mendasar yang perlu Anda perhatikan ketika memelihara burung murai batu. Pasalnya dengan memperhatikan suaranya, Anda akan memahami kondisi dari burung tersebut. Seperti misalnya jika Anda menjumpai murai batu bersuara sesekali saja dan suaranya lirih, kemungkinan besar burung tersebut kurang birahi, atau gacoran mulai berkurang, maka ini menjadi tanda burung tidak birahi.

Ciri Murai Batu Kurang Birahi

Burung murai batu yang bagus dan dalam kondisi normal yaitu sesuai dengan karakter aslinya. Karakter asli dari burung ini terdapat pada suaranya yang keras dan lantang terus-menerus, namun tidak juga berlebihan.

Burung murai batu yang over birahi juga kurang baik, apalagi jika hanya diperlihara di rumah. Akan tetapi, berbeda lagi jika Anda memeliha burung murai batu untuk perlombaan. Hal tersebut dikarenakan burung murai batu untuk pelombaan akan lebih fokus pada gacorannya.

Murai Batu Hanya Ngriwik, Tidak Ngeplong

Tanda lain burung murai batu kurang birahi yaitu burung tersebut hanya ngriwik dan tidak ngeplong. Ngriwik sendiri memiliki arti pejantan burung murai akan memancing betina. Tanda burung murai batu kurang birahi bisa dilihat dari burung tersebut hanya ngriwik dan tidak membuka sayapnya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Tetelo Pada Burung Kicau Dengan Praktis

Kurang Fighter

Umumnya burung murai batu sangat sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, baik saat mendengarkan sesuatu atau mendengar suara burung murai lainnya. Biasanya saat itu burung murai batu akan langsung memberikan respon dengan cara mengeluarkan suara.

Akan tetapi jika burung tersebut seperti tidak mempunyai tenaga atau kurang agresif dan hanya mengayunkan ekornya saja sesekali, maka hal tersebut merupakan salah satu ciri murai batu kurang birahi.

Terlihat Lesu

Postur tubuh dari murai batu yang terlihat tidak bersemangat atau lesu merupakan salah satu ciri-ciri burung murai batu kurang birahi. Peforma yang lesu sudah memperlihatkan bahwa murai batu akan malas bergerak dan bersuara lantang.

Umumnya burung murai batu yang memiliki kondisi baik, tubuhnya akan tegap dan terlihat bersemangat pada tatapan matanya. Selain kurang birahi, kondisi burung murai batu yang lesu atau kurang fit juga menunjukkan bahwa burung tersebut dalam kondisi tidak baik atau sakit.

Anda perlu melihat lebih teliti lagi untuk membedakan apakah burung murai batu yang dipelihara kurang birahi atau malah sakit. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa mengambil langkah yang sesuai untuk mengatasi masalah yang dialami oleh burung tersebut.

Tidak Langsing atau Tubuhnya Membulat

burung murai batu yang kurang birahi tubuh aslinya yang cukup langsing tidak akan terlihat, tetapi akan menggendutkan tubuhnya. Ciri postur tubuh yang dikeluarkan oleh burung murai batu yang tidak birahi yaitu membolak-balikkan tubuhnya seperti sedang lemas dan tidak ingin melakukan sesuatu. Hal tersebut tidak seperti postur aslinya yang tegak.

Baca Juga: Cara Merawat Murai Batu Agar Ekor Cepat Panjang

Ciri murai batu kurang birahi sangat penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui ciri tersebut, Anda diharapkan mampu merawat burung murai batu dengan baik dan benar, sehingga burung tersebut akan terhidar dari berbagai penyakit. apalagi jika Anda yang memiliki burung murai batu yang digunakan untuk perlombaan.

Baca Juga  Penyebab Burung Murai Batu Serak Yang Penting Dikenali