7 Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai dan Bunyi

Rajakicau.com –  Burung kenari adalah burung yang memiliki kicauan yang bagus serta memiliki harga jual yang tinggi, oleh karena itu saat ini banyak sekali yang memeliharanya. Untuk merawat burung kenari juga tidak begitu rumit, hanya saja di waktu tertentu yang rumit seperti saat mabung, lalu apa saja perawatan kenari mabung agar cepat selesai?

Mabung memang suatu hal yang wajar bagi burung kenari, bukan hanya burung kenari saja namun sebagian burung kicau juga mengalami mabung, bagi pemula yang belum tau mabung itu apa si? berikut jawaban nya. Baca Juga: Tips Agar Kenari Cepat Gacor

Pengertian Mabung pada Burung

Mabung adalah terjadinya rontok pada bulu tua burung digantikan dengan bulu burung yang baru, siklus mabung sendiri dialami oleh burung biasanya dalam waktu tahunan ada yang lebih cepat.

Tentu saja setiap burung memiliki waktu mabung sendiri sendiri, nah jadi anda jangan khawatir apalagi pemula nih yang kaget pada saat melihat kenari mabung. Tenang saja karena hal wajar, lalu biasanya umur berapa sih kenari bisa mengalami proses mabung? cek berikut ini.

Umur Berapa Kenari Mabung Pertama?

Banyak pemula yang bertanya umur berapa kenari mabung pertama? burung kenari mabung pertama kali yaitu pada usia 3-4 bulanan, proses ini biasanya untuk memperbarui atau transisi dari bulu anak ke bulu dewasa tentunya dengan kondisi bulu burung yang lebih bagus.

Untuk proses mabung kenari periode yang kedua yaitu berlangsung 1 sampai 2 bulan saja selanjutnya bulu akan lengkap dan bagus seperti pada saat semula.

Pada saat mabung terakhir atau kektiga biasanya nanti burung kenari berusia sekitar 2 sampai 3 tahunan apabila masih hidup atau jarak setelah 7-8 bulan dari mabung kedua. Lalu apa saja ciri ciri burung kenari akan mabung?

Ciri Ciri Burung Kenari Akan mabung

Mabung pada burung kenari adalah hal yang wajar, bagi pemula yang belum mengerti bisa jadi panik dan khawatir kenapa burung kenari bisa ronto bulunya.

Padahal proses tersebut adalah proses mabung, nah sebagai pengetahuan berikut kami bagian ciri ciri burung kenari yang akan mabung agar bisa diantisipasi.

  • Ciri ciri yang paling kelihatan yaitu sudah jelas bulu kenari rontok sedikit demi sedikit.
  • Selanjutnya burung kenari biasanya akan malas bunyi atau berkicau jadi lebih banyak diam.
  • Untuk bulunya kelihatan kusut tidak seperti biasanya.
  • Pada bagian tubuh burung kenari terlihat bulu muda yang muncul sedikit demi sedikit.

Itu adalah ciri ciri burung kenari mabung yang wajib diantisipasi tentunya agar pemula tidak panik pada saat kenari kesayangan nya hendak mabung. Lalu apa saja perawatan kenari mabung agar cepat selesai?

Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai dan Cepat Bunyi

Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas
Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas

Untu perawatan kenari mabung tidak boleh asal-asalan karena perlu treatment tertentu atau perawatan tertentu agar kenari dapat mabung dengan tuntas dan tentu saja dapat bunyi lagi.

Karena apabila proses mabung kenari tidak tuntas akan macet bunyi dan bahkan mengurangi performa pada kemudian hari. BErikkut perawatan nya:

1. Tempatkan di Tempat Tenang

Agar proses mabung kenari berhasil anda harus siapkan tempat yang tenang dan sepi agar burung kenari tidak bising oleh berbagai aktivitas manusia dan gangguan dari hewan lain. Apabila ditempatkan di tempat yang ramai dan bising nantinya kenari bisa terganggu proses mabung nya.

2. Pengkrodongan Kenari

Tips yang kedua yaitu anda harus  tetap mengkrodongkan kenari bagaimanapun juga, hal ini agar suhu di dalam sangkar atau kandang kenari tetap terjaga dan stabil agar bulu kenari dapat rontok dengan tuntas dan tanpa sisa.

3. Pemberian Pakan Kenari Mabung

Pada saat kenari mabung tentunya butuh vitamin dan pakan yang menunjang agar proses mabung bisa dilewati dengan cepat dan tuntas.

Pemberian pakan menjadi hal yang sangat penting, anda bisa berikan pakan seperti kuning telur, kecambang, apel, sayuran dan vitamin yang lainnya. Juga tidak lupa berikan extra fooding tambahan seperti kroto dan telur puyuh.

4. Tidak Boleh Dijemur dan Dimandikan

Untuk tips perawatan kenari mabung yang terakhir yaitu kalian tidak boleh menjemur dan juga tidak boleh memandikan kenari.

Mengapa tidak boleh? karena bisa menjadi hambatan pada saat kenari mabung dan bulu bulunya alhasil tidak rontok dengan tuntas dan maksimal.

Nah itu saja perawatan kenari mabung, pastikan anda tidak termakan oleh mitos mitos yang lainnya ya gacor mania lebih baik sesuai pengalaman anda saja.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar