Makanan Burung Kepodang

Rajakicau.com – Burung kepodang merupakan burung yang banyak dipelihara oleh para kicau mania, lalu apasih makanan burung kepodang ini, yuk simak ulasan berikut.

Burung kepodang merupakan jenis burung kicau dengan bulu yang cantik dan suaranya yang merdu membuat banyak orang tertarik memeliharanya.

Makanan Burung Kepodang Liar

Burung Kepodang
Burung Kepodang

Makanan alami dihabitat alam bebas burung kepodang adalah buah-buahan manis, serangga-serangga kecil, hingga kepompong.

Penyebaran burung ini hampir diseluruh wilayah Asia Tenggara dan Indonesia adalah salah satunya, di Indonesia burung kepodang dapat ditemukan di wilayah sebaran seperti Sumatera, Bali, Sulawesi, Jawa, hingga Nusa Tenggara.

Burung ini terkenal di daerah Jawa Tengah, dan memiliki mitos tersendiri, dimana mitos yang dikenal adalah bahwa burung kepodang dianggap bisa menyalurkan energi positif bagi ibu yang hamil.

Dalam tradisi mitoni tujuh bulan saat kehamilan, ada ritual dimana ibu hamil yang mengkonsumsi daging burung kepodang, maka anak yang lahir memiliki rupa yang cantik dan tampan. Adapun mitos lain berdasarkan orang sunda, burung kepodang bisa menolak bala.

Dalam merawatnya pakan adalah hal terpenting untuk meningkatkan suara burung dan juga kesehatannya, yuk ketahui mengenai berbagai jenis makanan burung kepodang ini.

Makanan Burung Kepodang Agar Rajin Bunyi

Dihabitat aslinya burung kepodang memakan berbagai jenis buah-buahan segar, lalu apa saja sih variasi makanan bagi pemelihara burung kepodang ini, sebagai berikut.

  1. Buah Segar

Buah-buahan adalah makanan kesukaan kepodang, buah memiliki manfaat yang baik seperti vitamin, mineral dan tentunya dengan hal ini asupan nutrisi dapat terpenuhi.

Baca Juga  Makanan Burung Kemade

Sehingga burung menjadi tetap sehat dan rajin berbunyi, kepodang sendiri senang dengan buah-buahan manis seperti:

  • Pisang
  • Pepaya
  • Dan Mangga

Pemberiannya bisa dilakukan setiap hari atau bisa juga dilakukan secara selang seling, misalkan dihari senin hingga rabu diberikan pepaya, kemudian kamis hingga jumat bisa diberikan mangga, lalu sabtu minggu bisa memberikan buah pisang.

Dengan variasi ini diharapkan burung kepodang tidak bosan dalam menyantap pakannya, dan lebih rajin lagi dalam berbunyi.

  1. Serangga

Tidak hanya buah, kepodang juga dapat diberikan pakan berupa serangga, serangga ini diberikan sebagai makanan tambahan (Extra Fooding (EF)) sehingga kebutuhan protein dan nutrisi menjadi seimbang.

Beberapa jenis serangga yang bisa diberikan untuk burung kepodang antara lain seperti:

  • Ulat Bambu
  • Ulat Hongkong
  • Dan Jangkrik

Pemberian jangkrik ini bisa diberikan setiap hari, sebanyak 2 atau 3 ekor saja, namun untuk ulat hongkong atau bambu pemberiannya cukup seminggu satu kali saja.

  1. Voer

Asupan pakan lain yang bisa diberikan adalah voer kasar. Voer menjadi pilihan makanan yang sering diberikan hampir bagi semua burung kicau.

Namun, tidak disarankan jenis voer halus, hal ini karena kandungan mineral dan protein yang terlalu tinggi bagi kepodang.

Jenis voer yang dipilih adalah voer kasar dengan warna hijau rumpu laut yang mempunyai kandungan protein, mineral, dan vitamin yang sedang.

Tips Merawat Burung Kepodang

Banyak para kicau mania yang memelihara burung kepodang karena burung rumahan dengan kicauan yang merdu dan menentramkan.

Dalam perawatan hariannya adalah selalu memperhatikan pakan yang berikan, berikan pakan alami setiap hari berupa buah buahan segar, karena habitat asli dari burung ini adalah pegunungan.

Tidak lupa juga untuk memberikan pakan tambahan minimal setiap 2 kali sehari, kemudian vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan burung.

Baca Juga  Makanan Burung Sogon

Selain itu burung juga perlu dimandikan, karena burung kepodang adalah burung yang menyukai kebersihan.

Baca Juga: Makanan Burung Hantu

Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan kandang, kandang perlu dibersihkan, sehingga terhindar dari virus dan bakteri yang bisa membuat burung sakit. Itulah informasi seputar makanan burung kepodang, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar