Makanan Burung Cendrawasih

Rajakicau.com – Burung cendrawasih dikenal dengan julukan ” Bird of Paradise” atau burung dari surga, hal ini karena keindahan dan pesonanya yang di ibaratkan burung turun dari surga. Lalu apa makanan burung cendrawasih ini?

Burung ini memiliki ciri bulu yang panjang dengan warna dan corak yang indah, burung cendrawasih jantan memiliki bulu ekor yang panjang dibandingkan betinanya.

Karakteristik Burung Cendrawasih

Makanan Burung Cendrawasih
Makanan Burung Cendrawasih

Selain itu warna burung pejantan juga lebih bervariasi daripada betinanya. Berikut ini ciri-ciri burung cendrawasih:

  • Memiliki panjang tubuh yang bervariasi, bergantung pada jenisnya, ukuran yang paling kecil adalah spesies cendrawasih raja dengan panjang tubuh 15 cm dan berat 50 gram, sedangkan yang terbesar adalah cendrawasih paruh hitam dengan panjang 110 cm dengan berat 430 gram.
  • Memiliki bentuk paruh yang runcing dan tebal, paruh burung dipakai untuk memecah buah dan memotong serangga serangga kecil.
  • Bentuk kaki burung ini adalah bertipe petengger dengan jari-jari kaki panjang dan bertelapak datar. Dengan bentuk kaki tersebut burung cendrawasih mudah untuk bertengger pada cabang-cabang pohon.

Sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu klasifikasi taksonomi dari burung cendrawasih, sebagai berikut.

KerajaanAnimalia
FamilyParadisaeidae
GenusAstrapia, Cicinnnurus, Drepanornis, Epimachus, Lophorina, Lycocorax, Paradisaea, Manucodia, Paradigalla, Paradisaea, Parotia, Pteridophora, Semioptera, Seleucidis
KelasAves
FilumChordata
OrdoPasseriformes

Cendrawasih terdiri dari 14 genus dan memiliki sekitar 43 spesies, habitat burung ini adalah hutan dataran rendah dan pegunungan di wilayah Indonesia bagian timur.

Terutama di wilayah Pulau Papua, secara umum burung ini hidup di daerah yang memiliki ketinggi 1400 – 1800 Meter diatas permukaan air laut.

Burung cendrawasih sangat menyukai area hutan yang masih lebat dan asing ditambah dengan berbagai jenis tumbuhan yang merambat diarea hutan. Baca Juga: Makanan Burung Kemade

Cendrawasih sangat suka bertengger di cabang pohon, mencari makan dengan cara berpindah dari cabang pohon satu ke cabang pohon lainnya.

Dihabitat asli burung cendrawasih, mereka memakan berbagai jenis biji-bijian, serangga, hingga ulat.

Yuk ketahui selengkapnya mengenai makanan burung cendrawasih ini.

 Makanan Burung Cendrawasih

Berikut ini merupakan makanan yang sering dimakan oleh cendrawasih di habitatnya.

Burung cendrawasih memakan buah-buahan yang ada di alam liar, diantaranya adalah buah berikut:

Pepaya

Di habitat alam, cendrawasih biasa mencari makanannya yang ada di daerah rendah, pepaya adalah salah satu makanannya, cendrawasih tidak segan untuk mematuk klit pepaya dan memakan daging buahnya. 

Kelengkeng

Kelengkeng juga menjadi makanan yang disukai cendrawasih karena memiliki rasa yang manis, ditambah buahnya yang lembut membuatnya mudah untuk dimakan.

Mahoni

Dikenal rasa pahitnya dan jarang disukai oleh manusia, namun biji mahoni ini begitu di sukai oleh burung cendrawasih.

Matoa

Dengan wilayah yang memiliki buah matoa melimpah, membuat buah matoa menjadi makanan burung cendrawasih.

Matoa juga mengandung banyak air, sehingga menjadi sumber air agar burung terhidrasi dengan baik.

Pala

Cendrawasih juga tidak segan untuk melahap buah pala yang ada di habitatnya, buah pala memiliki tekstur yang hampir mirip dengan pepaya dan matoa, sehingga membuat cendrawasih menyukainya.

Rambutan

Rambutan juga begitu digemari oleh burung cendrawasih, memiliki kadar air yang tinggi, memiliki vitamin c yang tinggi, sehingga menjadi asupan nutrisi untuk burung.

Serangga

Selain buah-buahan, burung cendrawasih juga memakan serangga, ada beberapa serangga yang menjadi mangsa cendrawasih, seperti laba-laba hingga siput.

Cendrawasih juga memakan belalang, belalang memiliki kandungan protein yang tinggi, dan ini bisa mencukupi kebutuhan akan kalsium, fosfor, zat besi yang dibutuhkan oleh burung. Itulah berbagai jenis makanan burung cendrawasih. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar