Tips Perawatan Lovebird Anakan Secara Umum

Dalam merawat anakan burung lovebird ternyata terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan atau dalam arti lain tidak sembarangan. Perawatan yang baik dan benar pastinya akan menjadikan anakan burung lovebird dapat tumbuh dengan baik. Lantas bagaimana cara dan tips perawatan lovebird anakan yang baik dan benar?. Berikut ini terdapat penjelasannya yang dapat Anda lakukan.

tips perawatan burung lovebird anakan

Menyiapkan Kandang

Jika anda ingin merawat anakan burung lovebird maka pastikan anda mengambil anakan tersebut dari induk pada usia sekitar 14 sampai 15 hari. Hal ini dikarenakan anakan yang telah berusia sekitar 2 minggu lebih diharapkan bisa melihat setelah kelopak matanya terbuka. Maka hal pertama yang Anda persiapkan adalah menyiapkan kandang buatan.

Dalam menyiapkan kandang buatan ini Anda bisa menentukan ukuran tergantung dari jumlah anakan burung lovebird yang akan dirawat. Anda bisa membuat ukuran kandang buatan dengan ukuran 60 x 40 cm dengan ketinggian sekitar 25 sampai 30 cm. Pastikan juga bahan yang Anda gunakan untuk membuat kandang adalah kayu terbaik tidak mudah lapuk ataupun rusak.

Setelah kandang berhasil dibuat maka anda bisa menambahkan serbuk kayu di dalamnya sebagai alas tidur dari anakan burung lovebird. Kemudian Anda juga bisa memasang lampu di atas kandang dengan watt yang kecil sehingga tidak membuat anakan burung lovebird kepanasan. Pastikan anda menutup kandang tersebut dengan memberikan sejumlah ventilasi udara yang cukup untuk bernafas.

Pemberian Pakan

Tips perawatan lovebird anakan yang selanjutnya adalah pemberian pakan secara rutin. Jika Anda masih bingung akan pemberian pakan, bisa membeli di beberapa toko terdekat tentang makanan untuk bayi. Anda dapat memilih makanan yang digunakan untuk bayi dan nantinya bisa digunakan untuk memberi makan pada anakan burung lovebird.

Anda bisa memilih makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap seperti halnya adanya protein, lemak, mineral, vitamin dan juga zat besi. Dalam proses pemberian pakan anakan burung lovebird, Anda bisa memberikannya setiap 4 sampai 5 jam setiap hari. Pastikan anakan burung lovebird yang anda miliki tidak sampai kelaparan atau anda telah memberikan makan.

Selain itu Anda juga bisa mengganti varian rasa untuk makanan anakan lovebird di setiap bulannya. Hal ini juga akan membuat pertumbuhan serta kecerdasan dari burung lovebird dapat maksimal. Selain pemberian pakan Anda juga harus memberikan minuman. Minuman ini dapat diberikan dengan cara memberikan air dalam wadah sendok dan diberikan secara manual agar pencernaan teratur.

Kebersihan Kandang

Tips perawatan lovebird anakan yang selanjutnya adalah tahap kebersihan kandang. Kebersihan menjadi salah satu hal yang baik dan memiliki manfaat jika dapat dilakukan. Seperti halnya pada kebersihan kandang dari burung lovebird. Jika anda telah memberikan makan langsung di sarang atau kandang, pastinya terdapat beberapa makanan yang jatuh ke serbuk kayu.

Jika hal ini terus terjadi dan tidak Anda bersihkan maka, serbuk kayu tersebut akan busuk. Selain itu jika serbuk kayu yang busuk tersebut dalam jumlah yang besar maka dapat menimbulkan bakteri serta kuman yang timbul. Selain itu kotoran dari anakan burung lovebird juga wajib Anda bersihkan, yang pastinya akan berjajar pada serbuk kayu yang terdapat di dalam kandang.

Sebaiknya anda melakukan perawatan pembersihan ini secara rutin setiap 1 minggu atau 2 minggu sekali. Dengan begitu kebersihan dari kandang dapat terjamin dan tidak menimbulkan banyak bakteri yang membuat burung lovebird terserang penyakit. Anda juga wajib memastikan bahwa suhu pada kandang yang telah berikan cahaya lampu tetap hangat.

Kehangatan yang dipancarkan oleh sinar lampu serta pemberian pakan secara teratur akan mempercepat pertumbuhan dari anakan lovebird. Jika anakan lovebird telah berusia sekitar 3 sampai 4 Minggu maka anda bisa melihat pertumbuhan warna dari bulu-bulu burung lovebird. Anda bisa membuat ruangan pada kandang tersebut tergantung dari warna dari anakan burung lovebird.

Dan itulah beberapa cara atau tips perawatan lovebird anakan yang dapat anda lakukan di rumah. Pastikan beberapa hal di atas tadi wajib Anda ketahui dan lakukan sehingga pertumbuhan serta perkembangan dari anakan lovebird dapat maksimal.