Mengenal 3 Manfaat Jangkrik Untuk Burung Murai ! No 3 Mengejutkan

Rajakicau.com – Manfaat Jangkrik Untuk Burung Murai – Murai merupakan salah satu jenis burung yang sedang banyak digandrungi oleh para pecinta burung. Hal tersebut tentu tak terlepas dari kemampuan berkicau yang dimiliiki oleh burung jenis ini. Baca Juga: Permasalahan Ternak Burung Murai Batu (Pahami)

Demi menjaga stamina dan kondisi burung agar suara tetap stabil bahkan lebih baik, banyak orang yang menggunakan jangkrik sebagai salah satu alternatif pilihan. Manfaat jangkrik untuk burung murai sendiri yakni sebagai pemasok atau sumber protein hewani.

Manfaat Jangkrik Untuk Burung Murai dan Kandungannya

1. Memiliki Protein dan Lemak yang Tinggi

Menurut data yang diperoleh dari The Food Insects Newsletter, jangkrik yang masih hidup liar mengandung setidaknya 12,9 g protein, lemak 5,5 g, kalsium 75,8 mg, karbohidrat 5,1 g dan juga at besi sebesar 95 mg. Baca Juga: Ini POLA EKOR MURAI Batu, Medan, Lampung Asli

Kandungan masing-masing bahan tersebut dihitung dari per 100 g jangkrik hidup. Sedangkan jangkrik yang sudah diolah menjadi tepung diketahui mengandung 57,32% protein.

2. Membantu Pertumbuhan Kecerdasan Otak Burung

Selain protein, jangkrik juga memiliki kandungan DHA9 asam amino yang memiliki peran untuk pembentukan sel, GSH atau glutation yang fungsinya sebagai antioksidan , DHA, ARA, Omega 3 dan 6 yang pastinya sangat berguna untuk membantu pertumbuhan kecerdasan otak burung.

Manfaat jangkrik untuk burung murai lainnya yaitu bisa meningkatkan birahi. Hal tersebut berhubungan dengan kandungan hormon testosteron dalam jangkrik itu sendiri.

3. Berguna Untuk Extra Fooding

Selain sebagai sumber protein hewani, pemilihan jangkrik sebagai extra food burung murai ternyata dilandasi oleh harganya yang terjangkau dan pasokannya yang stabil. Meski begitu, para penghobi tentu juga harus tau takaran yang pas untuk pemberian jangkrik ke murai kesayangannya.

Takaran atau jumlah jangkrik yang harus diberikan oleh penghobi kepada burung piaraan sebenarnya berbeda-beda, salah satunya yakni tergantung jenis burung.

Takaran Pemberian Jangkrik Pada Burung Murai

Meski sama-sama termasuk jenis murai, namun terkadang karakteristik dari masing-masing burung berbeda. Itu juga mempengaruhi takaran jangkrik yang harus diberikan. Berikut beberapa referensi jumlah jangkrik yang harus diberikan ke burung murai agar stamina dan kicauannya bisa stabil.

6 Ekor Jangkrik Per Hari

Menurut rekomendasi dari smarmastering.com, penghobi bisa memberikan 6 ekor jangkrik per harinya. Aturan pemberiannya yakni 4 ekor pada pagi hari dan 2 ekor lagi pada sore hari. Perlu diperhatikan, pada saat memberkan jangkrik, jangan sekali-kali memberikannya secara langsung pada burung. Berikan 4 ekor jangkrik tersebut pada cepuk EF. Baca Juga; 6 Persiapan Kandang Murai Batu Ternak

Sebelum diberikan jangkrik, burung bisa diangin-anginkan terlebih dahulu, kemudian dimandikan dan dibersihkan kandang. Jangan lupa untuk mengganti atau menambahkan voer dan juga air minum. Sore harinya, berikan kembali 2 ekor jangkrik.

Jangan lupa berikan di cepuk EF, jangan secara langsung diberikan ke burung. Namun jika murai mengalami over birahi, takaran bisa diganti menjadi 3 ekor di pagi hari dan 2 ekor di sore hari.

10 Ekor Per Hari

Selain 6 ekor jangkrik per hari, takaran yang paling lumrah diberikan yakni 10 ekor jangkrik per hari. Masing-masing diberikan 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi saat sore hari. Sebenarnya setiap murai memiliki karakteristik dan ciri khasnya sendiri.

Sang perawat yang paling mengerti karakteristik dari burung yang dirawatnya. Oleh karena itu, takaran pemberian jangkrik ini sebenarnya juga bisa disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik burung murai.

15 Ekor Per hari

Referensi pemberian 15 ekor jangkrik per hari ini berasal dari Bapak Giyono. Beliau merupakan pemegang juara 1 dan juara 2 di event Valentine Jogja. Jenis murai yang dipeliharanya yakni Murai Batu Black Tail Ancaman. Pak Giyono biasanya memberikana 5 ekor jangkrik di pagi, 5 ekor lagi saat siang hari dan 5 lainnya saat sore hari.

Porsi pemberian jangkrik terkadang ditambah hingga 20 ekor per hari selama 3 hari menjelang lomba. Karena pada dasarnya, murai batu merupakan jenis burung tempur yang memerlukan extra fooding lebih banyak agar kicauannya juga maksimal. Baca Juga: Efek Samping Jangkrik Untuk Kacer Jika Diberikan Terlalu Banyak

Itulah beberapa manfaat jangkrik untuk burung murai serta takaran rekomendasi yang bisa diterapkan pada burung murai kesayangan Anda. Sebagai sumber protein yang bisa menunjang stamina serta performa kicauan burung murai, jangkrik memang merupakan alternatif pilihan terbaik. Karena selain bermanfaat, harganya murah dan ketersediaannya juga terbilang stabil.