Tips Persiapan Lomba Murai Batu Dengan Perawatan Tepat

Jika burung murai batu Anda akan menjalani tahapan lomba maka terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Tanpa perawatan khusus serta settingan yang tepat burung murai batu Anda tidak akan memiliki hasil yang maksimal saat lomba. Dan inilah beberapa peralatan yang tepat serta tips persiapan lomba murai batu yang bisa anda lakukan.

persiapan murai batu lomba

Menjadikan Murai Batu Rileks

Tips persiapan lomba murai batu dengan perawatan yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah membuat burung murai batu dalam kondisi rileks. Dalam hal ini Anda bisa mengatur jadwal antara persiapan dengan lomba yang akan diikuti. Paling tidak Anda harus menyiapkan sekitar 3 sampai 4 jam sebelum perlombaan dimulai dan menyiapkan burung dalam keadaan siap.

Langkah pertama adalah Anda hanya perlu membuat burung murai batu menjadi rileks. Dalam hal ini burung murai batu bisa diangin-anginkan terlebih dahulu. Pastikan kondisi sekitar saat burung diangin-anginkan stabil atau tidak ramai sehingga membuat burung rileks. Proses ini bisa Anda lakukan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu perawatan selanjutnya adalah memandikan burung murai batu.

Untuk menjaga kesegaran serta kesehatan burung saat akan mengikuti lomba adalah memandikan burung tersebut. Dalam hal ini Anda tidak perlu lama-lama untuk memandikan burung murai batu hanya cukup sekitar 10 sampai 15 menit sampai tubuh dari burung kering. Usahakan dalam pemandian ini Anda lakukan di bawah sinar matahari yang cukup sehingga burung tidak merasa kedinginan.

Selain Anda memandikan burung, pastikan juga kandang dari burung tersebut bersih. Setelah itu Anda bisa melakukan pemberian pakan tambahan kepada burung murai batu yang akan mengikuti lomba. Anda bisa mengganti pakan dan minum yang ada pada kandang dengan makanan yang baru. Selain itu Anda juga bisa menambahkan makanan tambahan seperti halnya vitamin suplemen, kroto dan jangkrik.

Menjemur Murai Batu

Setelah Anda memberikan tambahan pakan kepada burung murai batu, langkah persiapan lomba murai batu dengan perawatan yang benar selanjutnya adalah proses menjemur. Setelah Anda memberikan pakan dan juga memandikan burung murai batu selanjutnya adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Namun pastikan burung murai batu tidak kepanasan akan sinar matahari tersebut.

Dalam hal ini Anda tidak perlu menjemur burung murai batu terlalu lama yang penting burung telah mendapat perawatan dan dijemur kurang lebih selama 1 sampai 2 jam. Anda juga perlu mengetahui bahwa dalam proses menjemur ini pastikan tidak lebih dari jam 10 pagi. Karena jika telah mencapai waktu tersebut maka kondisi dari udara akan panas dan membuat burung kepanasan.

Setelah itu Anda bisa melakukan tahapan untuk menutup atau burung murai batu di kerodong. Hal ini untuk menjaga kestabilan dari burung dan agar burung tetap fokus dalam keadaan fit sebelum dilombakan. Pastikan juga saat burung murai batu di kerodong tempatkan pada tempat yang menjanjikan atau tidak ramai dengan kondisi sekitar rumah.

Hal ini tentunya akan mengganggu kondisi dari burung murai batu Jika lingkungan di sekitar Anda ramai dan membuat burung tidak bisa rileks. Selain itu jika burung murai batu sudah dikerodong Anda juga bisa memberikan masteran kepada burung. Masteran ini biasanya digunakan setelah burung melewati tahap pemandian dan dikerodong.

Pemasteran Dan Adaptasi Lingkungan

Anda perlu memberikan masteran kepada burung murai batu yang telah di kerodong. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan masteran melalui handphone ataupun beberapa media lainnya. Namun usahakan suara dari masteran tersebut tidak begitu keras atau sewajarnya saja sehingga burung dapat fokus dengan masteran yang Anda berikan.

Setelah itu sebelum Anda berangkat untuk mengikuti lomba, hal yang perlu dilakukan adalah pemberian pakan EF yang berupa jangkrik maupun kroto. Anda dapat memberikan ini sebelum burung murai diperlombakan. Setelah itu burung murai batu juga bisa mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan lomba yang telah diselenggarakan.

Namun pastikan dalam hal ini tutup kerodong tidak dibuka agar membuat burung murai batu tetap fokus dan tidak panik melihat kondisi sekitar. Dan itulah beberapa hal mengenai tips persiapan lomba murai batu dengan perawatan yang tepat. Pastikan pastikan semua hal di atas dilakukan Jika menginginkan hasil terbaik saat perlombaan burung murai batu.