Daftar Solusi Masalah Burung Cendet Cacingan

Cacingan, terjadi tidak hanya pada manusia, tapi juga bisa terjadi pada burung. Ya benar, jika makanan yang Anda berikan tidak sehat, cenderung sebarang, mereka bisa mengidap penyakit ini. Burung cendet cacingan sebenarnya tidak sulit penanganannya, asalkan Anda mau bersabar dan mengikuti langkah-langkah pengobatan yang benar.

Daftar Solusi Masalah Burung Cendet Cacingan

Cacing adalah hewan parasit yang jika masuk ke dalam burung Anda akan membuat perasaan tidak nyaman dan sakit. Jika sebagai pemilik burung tidak menyadari kehadiran cacing, akan berbahaya dalam jangka waktu panjang.

Membersihkan Sangkar dengan Rajin dan Teliti

Sangkar sebagai rumah utama burung cendet sebaiknya selalu dalam keadaan bersih dan dicuci dengan teratur. Bayangkan saja, kita sebagai manusia pasti pun rasanya tidak nyaman jika tinggal dalam rumah yang kumuh dan penuh kotoran, begitu juga dengan burung.

Membersihkan sangkar tidak hanya perihal menyingkirkan kotorannya saja, tapi juga mencuci dengan bersih sampai ke sela-sela terkecil. Ganti tempat makan dan minum yang diganti setidaknya seminggu sekali. Kemudian juga perlu menjemur sangkar setelah dicuci dalam sinar matahari untuk membunuh kuman-kuman.

Memberikan Air Minum Matang pada Burung

Cacing bisa datang darimana saja, termasuk dari air minum yang Anda berikan. Jika Anda tidak mau burung cendet Anda terkena cacingan, sebaiknya memberikan air minum yang matang atau yang sudah dimasak terlebih dahulu, jangan langsung air dari keran yang jelas kotor dan tidak higienis.

Lebih baik lagi, Anda memberikan air minum burung Anda dari air galon. Memang memerlukan ongkos yang sedikit lebih besar, tapi ini jadi jauh lebih aman.

Memberikan Obat Alami

Obat Alami untuk burung cendet cacingan bisa berupa apa saja, seperti wortel, kulit mangga, kelapa, kerokot, daun pepaya, dan masih banyak lagi lainnya. Jika memberi daun pepaya atau jenis daun lain, sebaiknya direbus lebih dulu, tapi jika pemberian seperti kulit mangga, bisa diberikan secara langsung tanpa perlu direbus.

Menggunakan Combatrin

Ya, Anda tidak salah baca. Combatrin memang obat cacing untuk manusia tapi juga bisa digunakan untuk burung yang cacingan. Cara pemberian obat cacing jenis ini kepada burung adalah dengan memotongnya jadi sebesar biji beras selama tiga hari ke burung candet. Cara ini sudah terbukti dan banyak dilakukan oleh bird lovers lainnya.

Obat Cacing Khusus Burung

Tidak ada salahnya membawa burung ke dokter hewan untuk dapatkan perawatan yang layak. Nantinya, Anda akan dibekali obat yang bisa menyembuhkan cacingannya. Atau, Anda bisa membeli obat cacing khusus burung yang ada di toko pakan burung maupun di pasar hewan. Anda hanya perlu ikuti dosis yang dianjurkan sesuai dengan yang tertera pada kemasan obat.

Gejala Burung Cendet Cacingan

Jika Anda belum yakin bahwa apakah burung cendet Anda benar cacingan atau tidak, coba lakukan pengamatan lebih dekat kepada burung kesayangan Anda tersebut. Biasanya burung yang cacingan memag tampak sehat, tapi bukan berarti Anda bisa tenang-tenang saja.

Namun perlu diwaspadai saat burung mulai meninggalkan nafsu makan mereka, jika biasanya mereka bisa menghabiskan satu buah pisang dalam waktu satu hari, kemudian satu pisang bahkan nyaris tidak mereka makan, ini bisa jadi gejala awal. Kemudian, mereka yang terkena cacingan biasanya akan lemas, menjadi ngantuk bahkan ketika siang hari, dan sering mengembangkan bulu-bulunya.

Jika sampai gejala ini Anda belum juga menyadari, cacingan akan menjadi parah dan membuat mereka memuntahkan makanan yang mereka makan sebelumnya. Nah, apalagi sampai burung menjadi kurus, ini tanda bahwa sudah ada cacing dalam tubuhnya dalam jangka waktu lama.

Biasanya, jenis cacing yang ada pada burung cendet yaitu cacing rambut yang juga bisa menyebabkan diare pada burung, cacing ampela yang biasa ditandai dengan kotorannya terdapat lender dan bisa menyebabkan kematian mendadak, ada juga jenis cacing gelang yang biasanya menyerang burung muda dan membuat mereka stress.

Kunci mengobati burung cendet cacingan ini adalah menjaga kebersihan secara menyeluruh baik makanan, minum, dan sangkarnya. Juga perlu adanya perhatian supaya tidak kecolongan dan menyebabkan burung Anda mati mendadak. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan memberikan info lebih lanjut mengenai penyakit cacingan pada burung.