Cara Melatih Burung Bakalan Makan Voer

Berbagai keluhan dilontarkan kicaumania dalam memelihara burung bakalan yang sulit untuk berkicau. Permasalahan umum yang sering dikeluhkan adalah burung susah untuk berkicau. Jangankan burung berkicau, didekati pemiliknya saja kelabakan menabrak jeruji sangkar. Susahnya melatih burung bakalan makan voer juga sering dikeluhkan karena jika gagal bisa berujung kematian.

Membeli burung kicau bakalan / muda hutan memang relatif lebih murah dan butuh kesabaran ekstra. Butuh proses panjang menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya untuk membuatnya gacor. Membeli burung bakalan berarti pemilik sudah paham akan konsekuensinya.

Cara Melatih Burung Bakalan Makan Voer

Tahap awal dalam pemeliharaan burung bakalan yaitu membiasakan makan voer. Kenapa burung harus makan voer? Karena kandungan vitamin dan mineral voer sangat bagus buat kesehatan burung. Pemberian pakan voer ke burung bakalan tidak mudah dan butuh kesabaran.

Berikut cara melatih burung bakalan makan voer yang bisa di terapkan :

  1. Dihari pertama berikan pakan sesuai di habitatnya biarkan burung adaptasi dulu.
  2. Dihari kedua, campurkan voer halus dengan Extra Food (kroto / ulat kandang). Tahap ini membutuhkan waktu 2 – 3 hari.
  3. Selama proses poin kedua, pantau terus kotoran burung. Jika kotoran kering dan warnanya sudah seperti warna voer maka proses ini bisa dikatakan berhasil.
  4. Tahap berikutnya, pisahkan voer dan Extra Food di 2 cepuk. Perbanyak porsi voer dibanding porsi Extra Food.
  5. Poin keempat biasanya membutuhkan waktu 1 – 3 hari tergantung kondisi burung. Kurangi porsi extra food secara bertahap sampai burung benar benar mau makan voer.

Selama proses melatih burung bakalan makan voer, sangkar harus dalam posisi dikerodong agar burung merasa lebih nyaman. Selain extra food kroto dan ulat hongkong, pemberian jangkrik juga wajib diberikan setiap hari. Pemberian pakan jangkrik cukup 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor di sore hari.

Jika tahapan tata cara diatas diterapkan dengan disiplin burung bakalan bisa bertahan lebih lama. Karena kebutuhan nutrisinya sudah tercukupi dari voer yang dimakannya. Tahapan selanjutnya adalah menjinakkan burung bakalan yang akan kita ulas di artikel cara cepat menjinakkan burung bakalan.