Panduan Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi

Panduan Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi – Setiap burung memiliki perlakuan yang berbeda, termasuk dalam merawat burung cucak ijo bakalan yang cukup istimewa dibandingkan dengan burung jenis lain.

Burung cucak ijo bakalan perlu dijinakkan sebelum diarahkan untuk pembentukan kicaunya. Walau begitu, burung cucak ijo memang lebih banyak dipilih oleh pecinta burung karena lebih berpeluang hidup dibandingkan dengan burung pemakan serangga lain.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi

Panduan Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi
Burung Cucak Ijo

Cara Menjinakan Burung Cucak Ijo Bakalan

Saat Anda membeli burung baru, pastikan bahwa burung itu sudah jinak, apalagi jika burung itu jenis cucak ijo bakalan. Hal ini dikarenakan burung yang sudah jinak lebih mudah berkicau daripada burung yang masih liar.

Saat burung itu baru dibeli, pindahkan dalam kandang yang luas dan letakkan dalam lokasi yang berjauhan dengan kandang burung lain alias dalam keadaan sepi. Hal ini bertujuan agar burung beradaptasi dengan lokasi dan sangkar barunya. Burung pun memerlukan waktu untuk memahami dimana letak tempat makan, tempat minum, tenggeran dan pemandangan baru di sekitarnya.

Tutup sangkar dengan tudung dan buka hanya saat akan memberi makan atau membersihkan sangkar. Lakukan dalam beberapa hari atau dalam beberapa minggu sehingga burung sudah merasa nyaman dan aman dengan Anda sebagai pemilik dan mudah dilatih.

Makanan Untuk Burung Cucak Ijo Bakalan

Merawat burung cucak ijo bakalan juga termasuk dalam memberi makan. Sebelumnya, sudah tahu kah Anda apa makanan yang menjadi kesukaan burung cucak ijo bakalan? Burung satu ini termasuk burung pemakan serangga seperti jangkrik. Namun tidak menutup kemungkinan untuk Anda memberi makan jenis lain seperti:

  • Pepaya
  • Kroto
  • Cacing tanah
  • Voer
  • Pisang

Memandikan dan Menjemur Burung Cucak Ijo Bakalan

Tunggu dulu, sebelum Anda memandikan burung cucak ijo bankalan, terlebih dulu untuk mengangin-anginkan dalam beberapa menit supaya burung tidak kaget dengan dinginnya air. Setelah diangin-anginkan, mandikan burung menggunakan semprotan air atau spray dengan tingkat air lembut sampai sedang. Setelah mandi, jemur dengan kurun waktu 30 menit sampai 1 jam.

Memandikan burung cucak ijo bankalan sebaiknya dilakukan 2 kali yaitu pagi dan sore. Dengan rajin mandi, burung akan sehat dan mudah berkicau karena merasa segar.

Membersihkan Sangkar Burung dengan Rajin

Saat Anda merawat burung cucak ijo bakalan, pastikan bahwa Anda juga rajin membersihkan sangkar burungnya dengan rajin. Jangan hanya sebatas disiram dengan air dan membuang kotorannya saja, tapi juga sikat dengan sabun agar sangkar bebas dari kutu, bakteri dan virus. Dengan sangkar yang bersih, burung akan merasa nyaman dan lebih aktif bergerak.

Pemasteran

Untuk menghasilkan burung cucak ijo bakalan yang memiliki kicauan merdu, melakukan pemasteran patut dilakukan dengan segera. Sama dengan jenis burung lainnya, Anda bisa menggunakan mp3 dari suara kicau burung sejenis minimal 2 kali sehari untuk memancing burung Anda turut berkicau.

Walau begitu, umur yang baik untuk melakukan pemasteran bagi burung cucak ijo bakalan adalah saat memasuki umur 1 atau 2 bulan. Semakin sering melakukan pemasteran terhadap burung akan semakin cepat burung belajar berkicau.

Tips Tambahan Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan

  1. Jangan terlalu lama menjemur burung cucak ijo. Ini bisa berimbas pada kicauannya dan menjadikan serak.
  2. Sering-sering beri makan burung cucak ijo Anda dengan kroto. Kroto berperan sebagai penambah stamina dan meningkatkan daya tahan burung.
  3. Memberikan madu pada burung akan bermanfaat. Selain berguna untuk menjaga stamina, madu juga bisa menyembuhkan gangguan pernapasan burung. Campurkan pada air minum atau mengoleskan pada pisang kapok.
  4. Rajin beri makan burung cucak ijo bankalan Anda dengan jangkrik. Jangkrik berguna sebagai makanan tambahan dan berikan saat selesai mandi sore antara 3 sampai 5 ekor.
  5. Berikan vitamin atau suplemen yang bisa didapat di pasar burung untuk mencegah stress minimal seminggu 2 kali.

Baca Juga: Harga Burung Cucak Rante 

Sangat penting untuk menjaga mental burung agar tidak stress. Burung cucak ijo bakalan pada dasarnya adalah jenis burung yang sensitif sehingga perawatan dan perlakukannya perlu dilakukan sebaik mungkin. Dan dengan ulasan Panduan Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi   di atas, semoga bisa menambah pengetahuan Anda dalam perawatan burung kesayangan.