Ini 5 Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Murai Batu! No 3 Sering Diabaikan

Rajakicau.com – Bagi pecinta murai khususnya pasti sudah tau karakteristik dari burung murai batu. Memelihara burung harus pintar menyesuaikan sifat yang dimiliki oleh setiap burung. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai burung yang tidak boleh dekat dengan murai batu untuk menambah pengetahuan. Baca Juga: Ini 5 Penyebab Murai Batu Tidak Bertelur! No 3 Sering Diabaikan

Jenis Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Murai Batu

Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Murai Batu
Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Murai Batu

Burung mempunyai sifat dan keunikan masing-masing.  murai batu pun juga demikian. Seekor Kenari dikenal dengan keindahan suaranya yang terdengar merdu. Nah, bukan tanpa alasan kehadiran burung lain di sekitar murai batu terkadang juga akan mempengaruhi keadaan seekor murai batu.

1. Lovebird

Burung Lovebird terdiri dari berbagai jenis. Siapa sangka jika burung yang satu ini sangat disarankan untuk tidak hidup satu sangkar dengan burung murai batui. Tentu pembaca bertanya-tanya mengapa Lovebird ini tidak boleh berdekatan dengan murai batu si pemilik suara merdu.

Lovebird memiliki tipe suara yang keras. Hal ini membuat suara merdu yang indah dan halus dari seekor murai batu yang berdurasi panjang akan rusak. Rusak dalam arti irama yang dihasilkan akan menjadi tidak beraturan karena tertimpa oleh durasi pendek dari Lovebird.

2. Cendet

Bagaimana dengan burung Cendet? Si predator yang satu ini diusahakan tidak ditempatkan berdekatan apalagi satu sangkar dengan murai batu. Burung Cendet ini masuk dalam golongan burung yang tidak boleh dekat dengan murai.

Penempatan yang tidak tepat dapat pula mempengaruhi kondisi psikis si burung. Dalam hal ini kondisi psikis burung murai akan sangat berbahaya jika didekatkan dengan si predator. Burung Cendet ini juga memiliki nama lain burung Pentet.

3. Murai Batu Paud

Walaupun sama-sama jenis murai, tentu pemilik burung murai harus bijak dalam memilih teman bagi murai kesayangannya. Sebagai contoh burung murai batu Gacor tidak boleh didekatkan dengan burung murai Paud. Sesuai dengan namanya burung murai Paud memiliki tingkah yang gesit.

Burung murai batu Paud ini sebaiknya diletakkan di kandang yang terpisah dan juga ditempatkan dengan jarak yang agak berjauhan dengan burung murai batu Gacor. Alasannya adalah tingkah dan polah gesit dari burung murai Paud akan mudah membangkitkan gairah si burung murai Gacor.

4. Pleci

Burung yang mempunyai suara merdu yang merupakan golongan burung yang tidak boleh dekat dengan murai selanjutnya adalah burung Pleci. Lalu tahukah mengapa burung Pleci yang mempunyai suara merdu ini justru tidak boleh satu rumah atap dengan murai?

Pleci merupakan burung yang juga memiliki suara yang sangat merdu. Tak selamanya sesama jenis burung yang bersuara merdu ini dapat saling dipadukan. Bukannya menghasilkan suara yang merdu justru burung Pleci dapat meningkatkan gairah si burung murai..

5. Burung Kacer

Jenis selanjutnya yang sebaiknya tidak dipelihara satu atap dengan  murai batu adalah  Kacer. Burung Kacer juga memiliki keunikan tersendiri yang jika didekatkan dengan Kenari maka si murai batu dapat mengalami mental yang down.

Kicauan Kacer yang keras ini tidak cocok jika dipadukan dengan suara merdu murai batu. Oleh karena itu, burung Kacer dan murai tidak dapat disatukan atau didekatkan karena akan merusak performa suara dari  murai batu. Baca Juga: 3 Burung yang Tidak Boleh Dekat Dengan Kenari ! No 2 Kamu Punya

Itulah jenis burung yang tidak boleh dekat dengan murai batu dari segi performa suara yang masing-masing dimiliki oleh setiap burung. Penempatan yang tepat juga mempengaruhi psikologis dari murai batu. Nah, buat para pecinta burung pastikan burung murai di peliharaan dengan aman.

 

Tinggalkan komentar