Cara Mengatasi Murai Batu Stress (AMPUH)

Rajakicau.com – Burung murai batu stress harus diatasi dengan baik agar tidak salah kaprah. Ada baiknya mengenali ciri burung batu murai stress yang dapat dikenali terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara mengatasi murai batu stress?

Tujuannya supaya proses penanganan bisa tepat dan cepat dilakukan. Sebelum membahas seputar cara mengatasi murai batu stress, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Cara Mengatasi Murai Batu Stress Dengan Mudah

Cara Mengatassi Murai Batu Stress
Cara Mengatassi Murai Batu Stress

Murai batu stress umumnya menampilkan sisi perubahan yang sangat mudah dikenali. Yang dulunya sudah jinak kemudian berubah menjadi liar atau lebih menakutkan. Atau pemberian voor mulai ditolak padahal sebelumnya, murai batu suka makan voor. Nah, jika murai batu Anda mulai mengalami hal seperti ini, berikut cara mudah untuk mengatasinya.

Berikan Vitamin Yang Tepat

Cara mengatasi burung murai batu yang stress adalah pemberian vitamin setelah dimandikan. Adapun jenis vitamin yang paling tepat untuk diberikan adalah vitamin yang bisa menambah daya tahan tubuh burung tadi. Wajar karena biasanya murai batu stress kehilangan daya tahan yang akhirnya membuatnya sakit dan mati.

Selain vitamin, tambahkan juga Ef seperti belalang, jangkring atau sebagainya. Murai batu yang stress tetap harus dimandikan supaya kondisi tubuhnya tetap fresh dan fit.  Terlebih saat stress, biasanya burung akan sering dikerondong. Jadi pastikan burung murai batu tetap berada dalam kondisi yang segar.

Berikan Makanan Berupa New Nutrisi Orbird

Cara mengatasi murai batu stress yang paling tepat lainnya adalah memberikan new nutrisi orbird. Apa itu? Ini adalah obat khusus atau nutrisi khusus yang diberikan kepada burung saat stress. Kandungan yang ada di dalamnya bagus untuk mencegah dan mengatasi guncangan alami sang burung yang tengah stress.

Hanya saja Anda juga harus memberikannya secara tepat agar tidak membuat burung terbebani. Berikan pakan ini setiap pagi hari saja. Anda bisa menambahkan atau mencampurkannya ke minuman burung. Anda bisa mendapatkannya melalui toko pakan burung yang ada di daerah sekitar. Pilih yang paling cocok dengan murai batu milik Anda.

Berikan Obat Anti Stress Untuk Burung

Selain menggunakan new nutrisi orbird, Anda juga bisa memberikan obat anti stress yang ada di pasaran. Contohnya adalah fit D2K. Obat stress ini memang sangat jarang dipakai, kecuali jika murai batumu sudah benar-benar stress berat sehingga membutuhkan perangsang. Jika Anda yang ingin membelinya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemilik kios burung yang menjual pakan obat ini.

Meskipun harganya tidak terlalu mahal, tetap saja obat ini sangat cocok untuk burung murai batu yang tengah stress. Namun perlu diingat bahwa dosisinya sangat tinggi jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja. jika burung sudah tidak lagi stress, Anda bisa menghentikan pemberian obat stress ini. Anda bisa menambahkannya ke air minum burung muria batu.

Periksa Kondisi Kandang

Salah satu penyebab kenapa murai batu stress adalah kondisi kandang yang sudah berubah dari yang sebelumnya. Sebelum memberikan pakan atau berbagai obat stress yang sudah disebutkan tadi, Anda harus memperhatikan apakah ada yang salah dengan kandang burung murai batu yang dimiliki. Jika ada yang salah, kemungkinan penyebab burung Anda stress adalah kandangnya.

Anda yang mengganti tangkringan kandang sangkar burung, mungkin saja ada yang salah dari tempatnya bertengger. Yang akhirnya membuat burung tidak nyaman dan akhirnya stress karena tidak bisa melakukan aktifitas yang biasanya dilakukan.

Selain itu, perhatikan juga di mana murai batu Anda letakkan. Jika biasanya terkena polusi, debu atau asap akan membuat burung mulai menjadi galak.

Dari sini, Anda bisa memindahkan lokasi sangkar burung tersebut. Anda juga harus meletakkan burung dalam kondisi yang tenang. Jangan sampai meletakkannya di tempat yang bising, seperti di dekat jalan raya atau sebagainya. Karena hal seperti ini bisa membuat murai batu akan mengalami stress.

Baca Juga: Cara Mengatasi Murai Batu Kurang Fighter dan Emosi

Itu cara mengatasi murai batu stress yang bisa Anda gunakan. Murai batu yang stress memang tidak bagus. Karena jika didiamkan, murai batu akan sakit-sakitan dan akhirnya mati.

Tentu Anda tidak ingin merasakan kehilangan murai batu kesayangan bukan? Cara terbaik agar bisa melakukan penanganan tercepat adalah kenali penyebab burung murai batu stress dan ciri cirinya seperti yang sudah disebutkan di atas.