Perawatan Cucak Ijo Stress

Rajakicau.com Cucak ijo adalah burung yang memiliki perlakukan khusus, termasuk dalam urusan perawatan cucak ijo stress. Ya, burung pun juga bisa mengalami stress seperti manusia dan berakibat pada penurunan performa kicauannya. Faktor yang menyebabkan stress pada burung cucak ijo juga patut Anda ketahui sebagai pemilik, agar menjadi antisipasi dan kehati-hatian.

Di bawah ini, akan kita bahas secara tuntas mengenai perawatan burung cucak ijo yang stress dan bagaimana langkah menanganginya. Simak ulasan di bawah dan semoga bisa membantu.

Penyebab Burung Cucak Ijo Stress

Begini Langkah Perawatan Cucak Ijo Stress yang Benar
Burung Cucak Ijo

Penurunan Mental

Siapa sangka, dalam keadaan tertekan burung cucak ijo bisa mengalami penurunan mental. Hal ini disebabkan karena ia melihat dan mendengar ada burung sejenis yang memiliki kicauan lebih bagus daripada dirinya.

Kegemukan

Menyenangkan memang jika melihat burung yang kita miliki tampil bugar dan gemuk. Namun, dibalik burung yang gemuk ternyata bisa menyebabkan kegemukan! Waspadi ketika tiba-tiba burung Anda tidak mau berkicau, bisa saja karena kadar lemak dalam tubuhnya sudah tinggi.

Mengalami Pergantian Bulu

Saat burung cucak ijo Anda mengalami masa pergantian bulu, biasanya dia akan jadi pendiam. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan stress. Pergantian bulu pada burunng juga disebut sebagai mabung atau molting.

Peningkatan Birahi

Burung Anda mendadak jadi galak dan agresif? Bisa jadi karena burung tersebut mengalami pentingkatan birahi dan stress. Nah, perawatan cucak ijo stress satu ini perlu Anda ketahui supaya tidak terjadi dalam kurun waktu lama. Pasti juga tidak menyenangkan bagi burung dan Anda sebagai pemilik jika burung terus-terusan berlaku tidak menyenangkan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil yang Mudah dan Cepat

Sakit

Sering terjadi burung yang sakit kemudian menjadi stress. Supaya perawatannya tepat, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyakit yang dialami oleh burung Anda. Apalagi, burung jenis cucak ijo kerap mengalami sakit pernapasan jadi sebaiknya Anda rajin memeriksa keadaan burung agar tidak stress sekaligus tetap sehat.

Cara Perawatan Cucak Ijo Stress

Karantina Burung

Apabila burung cucak ijo Anda stress karena mengalami penurunan mental setelah perlombaan atau sering disandingkan dengan burung sejenis yang memiliki kicauan lebih indah, sebaiknya lakukan karantina atau menjauhkan dari burung lain.

Atur Pakan Burung

Segala sesuatu yang berlebih memang tidak baik, termasuk kegemukan atau obesitas pada burung cucak ijo. Supaya ia tidak stress karena timbunan lemak dalam tubuhnya, sering-sering jemur dan ganti pakan bisa jadi solusi. Makanan Burung Cucak Ijo Mini yang disarankan untuk burung yang mengalami kegemukan adalah timun dan belimbing.

Ganti Sangkar Burung

Mengganti sangkar dengan ukuran yang lebih besar juga bisa dilakukan. Hal ini berguna agar burung lebih leluasa bergerak sehingga bisa menurunkan berat badannya dengan cara lebih alami.

Berikan Vitamin Tambahan

Perawatan cucak ijo stress karena pergantian bulu memang tidak sederhana. Namun, seiring berjalannya waktu dan konsisten memberikan EF dan vitamin, masa mabung akan lebih cepat dilewati.

Memandikan Burung

Peningkatan birahi pada burung cucak ijo tidak hanya ditandai dengan menjadi agresif dan galak, tapi juga seringnya burung menjulurkan lidahnya. Jika sudah begitu, Anda sebaiknya memandikan dua kali sehari dan menjemur selama minimal 2 jam sehari. Juga, dengan pemberian Ef setidaknya bisa membantu menurunkan birahi burung.

Untuk mengobati burung cucak ijo yang stress karena sakit, setidaknya Anda perlu mengetahui apa penyakit yang didera. Dan untuk melakukan pencegahan supaya burung tidak cepat sakit, beri vitamin khusus burung dan jemur antara jam 08:00 – 10:00 setiap paginya.

Baca Juga  Apa Saja Penyebab Lovebird Nyilet? Ini Daftarnya

Terapi

Terapi dengan suara air mengalir juga bisa melarutkan stress pada burung. Perdengarkan setiap hari, maka burung Anda akan jadi lebih tenang. Rekaman suara air mengalir bisa didapatkan dengan cara unduh melalui internet, ya!

Beri makanan yang bervariasi juga bisa membuat burung lebih tenang. Coba Anda beri buah yang selalu berbeda setiap harinya atau Anda bisa memberikan ulat jambu yang terkenal bermanfaat untuk burung.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Tidak hanya manusia yang bisa mengalami stress dan sakit, burung kesayangan Anda yang berjenis cucak ijo pun juga bisa alami hal yang sama. Untuk itu, luangkan waktu Anda setiap hari untuk memperhatikan mereka dan lakukan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal buruk.