Cara Mengatasi Cucak Ijo Gembung

Rajakicau.com – Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada burung cucak ijo, salah satunya adalah gembung. Gembung ini merupakan masalah perilaku yang seringkali menyerang burung cucak ijo. Bagaimana Cara Mengatasi Cucak Ijo Gembung?

Gembung yang terjadi pada cucak ijo terjadi karena berbagai faktor. Untuk cara mengatasi cucak ijo gembung ini juga bermacam-macam, tergantung pada faktor penyebabnya. Cucak Ijo harga mahal jika perawatannya kurang tepat maka performanya juga kurang maksimal jika mengalami gembung.

Baca Juga: Makanan Burung Cucak Ijo

Cara Mengatasi Cucak Ijo Gembung

Gembung yang terjadi pada burung cucak ijo biasanya penggembungan dari bulu burung yang membuat tubuhnya tampak membesar, khususnya pada bagian dada. Tidak hanya itu, burung tersebut juga menjadi tidak mau berkicau. Berikut adalah cara mengatasi gembung pada cucak ijo yang wajib Anda ketahui.

1. Dengan Menurunkan Birahi Burung Cucak Ijo

Permasalahan yang sering muncul dan dialami oleh burung cucak ijo adalah birahinya yang tinggi dan sulit dikontrol. Untuk menurunkan birahi pada burung cucak ijo, cukup dengan memberikan pakan EF penurun birahi.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Gembung

Selain itu, Anda bisa mengatasi over birahi pada burung cucak ijo dengan memberikan waktu penjemuran hanya berkisar 15 hingga 30 menit saja. Tidak hanya itu, waktu memandikan burung cucak ijo ini juga disarankan harus ditambah, yaitu sekitar 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Cara lain untuk menurunkan birahi burung cucak ijo bisa dengan pemandian menggunakan air es setelah proses pengembunan dilakukan. Tempatkan juga burung pada kandang umbaran agar birahinya cepat turun.

2. Dengan Mencukupi Asupan Vitamin dan Mineral Burung Cucak Ijo

Cara mengatasi cucak ijo gembung selanjutnya adalah dengan mencukupi asupan vitamin dan juga mineralnya. Pada umumnya, burung cucak ijo yang gembung ini disebabkan karena sedang sakit atau kondisi drop.

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin burung cucak ijo, bisa didapatkan dari pemberian buah-buahan segar. Selain itu bisa dengan memberikan BirdVit yang mengandung vitamin khusus untuk burung cucak ijo.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memberikan asupan mineral tambahan seperti birdmineral. Kemudian jangan lupa juga untuk memberikan air bersih secara rutin, terlebih jika burung sedang sakit.

3. Dengan Pemberian Obat

Cara mengatasi gembung pada cucak ijo juga bisa dilakukan dengan pemberian obat. Obat yang sudah terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan dari gembung ini adalah Eboot Vit dan Super N.

Pemberian obat setidaknya harus dibarengi dengan pemberian pakan yang seimbang, sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan dari burung cucak ijo yang sedang gembung.

4. Dengan Membersihkan Kandang Secara Berkala

Kandang merupakan rumah dari burung yang Anda pelihara. Apabila  kandang tersebut dalam keadaan kotor, pasti akan menjadi sarang bakteri dan juga virus. Adanya bakteri dan juga virus inilah yang menyebabkan burung menjadi terserang penyakit serta sulit untuk pulih dengan cepat ketika sedang gembung.

5. Pemilihan Tempat yang Nyaman

Tidak hanya harus dibersihkan secara rutin, kandang burung cucak ijo ini juga harus diletakkan ditempat yang nyaman. Hindari lokasi dengan udara dingin, karena bisa membuat burung menjadi gembung. Selain dapat menimbulkan gembung, udara dingin juga dapat membuat burung cucak ijo menjadi malas berkicau, ngeriwik, dan masih banyak lainnya.

Cara mengatasi cucak ijo gembungkarena salahnya penempatan yaitu dengan meletakkan kandangnya pada suhu ruangan yang tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi. Disarankan untuk meletakkan kandangnya pada suhu kamar.

6. Dengan Mengisolasi Burung Cucak Ijo Sakit di Kandang Khusus

Cara terakhir untuk mengatasi gembung pada burung cucak ijo adalah dengan mengisolasi burung sakit di kandang khusus dan tidak dicampurkan dengan burung lainnya. Dengan begitu, burung lain tidak akan tertular oleh virus yang menyebabkan burung cucak ijo jatuh sakit.