Rekomendasi Pakan Buah Untuk Cucak Ijo

Tak bisa dipungkiri, cucak hijau merupakan salah satu jenis burung kicau yang digemari banyak orang untuk dipelihara. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan. Pasalnya burung yang satu ini memang memilki bulu yang cantik dan suaranya pun merdu. Nah, untuk memberikan suara yang merdu tersebut, ternyata memberikan pakan buah untuk cucak ijo bisa jadi pilihan tepat.

Mengapa memperhatikan pakan cucak ijo ini sangat penting? Karena seperti yang kita ketahui, jenis burung ini seringkali menjadi unggulan pada saat diadakan suatu kompetisi. Nah, jika pemberian pakan dan perawatan baik, bisa jadi burung ini akan menag dalam kompetisi bukan? lalu jenis buah apa saja yang baik untuk diberikan pada cucak ijo ini? Simak uraianya berikut!

Tomat

Salah satu jenis buah yang baik untuk diberikan pada burung cucak ijo yaitu tomat. Seperti yang kita ketahui, tomat merupakan buah yang memilki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Namun ternyata, bagi burung cucak ijo pun bisa menjadi pakan yang tepat. Pasalnya tomat ini memilki banyak kandungan didalamnya.

manfaat tomat untuk burung

Sebut saja kandungan yang terdapat didalamnya yaitu vitamin A dan vitamin C. Nah, kedua kandungan vitamin ini sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh maupun pengkihatan dari burung cucak ijo ini. Namun, bukan hanya kandungan vitamin saja, tomat juga mengandung berbagai macam zat-zat lainya.

Misalnya saja yaitu terdapatnya kandungan lycopene. Perlu diketahui, lycopene ini merupakan zat seperti antioksidan yang memilki manfaat baik yaitu dapat menghancurkan radikal bebas dan zat-zat bahaya yang terdapat pada tubuh cucak ijo tersebut. Selain itu, Adanya zat lycopene pada tomat ini jika masuk ketubuh cucak, akan memberikan pencegahan pada kerusakan sel akibat suatu penyakit.

Pemberian pakan atau nutrisi buah tomat ini pada burung cucak ijo pun ternyata juga baik untuk membuat tulang-tulangnya kuat, gerakanya lebih gesit dan kicaunya lebih baik. Kualitas burung dengan kicauan yang baik, tentu saja sangat diharapkan oleh para pemelihara.

Nah, untuk memberikan pakan tomat pada cucak ijo ini sebaiknya di cuci terlebih dahulu. Selain itu, berikan pakan tomat misalnya 1 minggu sekali saja.

Pisang kepok

Pakan buah untuk cucak ijo berikutnya yang juga baik untuk dicoba yaitu pisang kepok. Bahkan pemberian pakan pisang kepok ini baik untuk diberikan setiap hari pada cucak ijo. Pasalnya pisang ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk dikonsumsi. Misalnya saja yaitu 1 mg zat besi, 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, Vitamin A, Vitamin C dan kandungan lainya.

Kandungan-kandungan gizi yang terdapat pada pisang kepok inipun sangat diperlukan sekali oleh burung. Utamanya yaitu agar kicauanya semakin merdu. Selain kandungan gizi, pada pisang kepok ini juga terkandung kalori yang tinggi. Dengan kalori yang tinggi tersebut, maka baik untuk mencukupi kebutuhan energi dari burung ini.

Bukan hanya itu, pada pisang kepok juga terdapat kandungan protein 2,3 persen dan lemak 0,13 persen. Nah, dengan adanya kandungan-kandungan di dalam pisang kepok inilah, cucak ijo bisa memilki tubuh ideal dan tidak mudah terlalu gemuk.

Pepaya

Pakan buah untuk cucak ijo selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi yaitu pepaya. Bahkan, pemberian pepaya sebagi pakan burung ini sangat direkomendasikan. Megapa? Karena dibandingkan jenis buah lainya, pepaya memilki kandungan yang paling menyehatkan.

pakan buah untuk cucak ijo

Bagimana tidak? Pasalnya pepaya ini memililki berbagai kandungan gizi yang baik, misalnya saja seperti betakaroten 276 mikrogram/100 g, betacryptoxanthin 761 mikrogram/100 g, lutein dan lainya. Kandungan gizi tersebut sangat penting bagi pertumbuhan cucak hijau. Salah satunya yaitu sebagai penangkal radikal bebas dan sebagai antioksidan.

Selain kandungan gizi diatas, pada pepaya ternyata juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk penglihatan dan kekuatan tulang cucak ijo. Ini menambah nilai plus pemberian buah tersebut secara rutin bagi cucak ijo.

Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh memberikan pakan cucak ijo ini dengan papaya secara berlebihan. Mengapa? Karena bisa membuatnya lemas. Pemberian pakan papaya yang baik yaitu bisa dilakukan tiga kali dalam dua minggu.