Kesalahan dalam perawatan love bird yang harus diketahui

Kesalahan dalam perawatan love bird yang harus diketahui – Perawatan love bird sesungguhnya tidak terlalu susah apabila Anda mengetahui caranya. Mengingat burung satu ini masih menjadi favorit pecinta burung untuk dipelihara. Akan tetapi untuk memeliharanya diperlukan sedikit pengetahuan agar tidak keliru. Bahkan, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemilik burung tersebut. Nah, Berikut uraian lebih lanjutnya beserta cara merawatnya dengan baik dan benar.

Menggunakan Sangkar Dan Tangkringan Kurang Kuat

Sangkar merupakan bagian yang harus dipunyai ketika ingin memelihara burung. Fungsi dari sangkar ini yaitu memberikan rumah untuk burung. Tempat ini juga berguna untuk membuat burung agar tidak mudah lepas. Anda bisa memberikan sejumlah makanan dan minuman di sangkar ini.

Kesalahan dalam perawatan love bird yang harus diketahui
Burung Love Bird

Berbicara seputar sangkar, untuk burung lovebird ini sebaiknya perhatikan beberapa hal dalam pemilihan sangkar. Karena burung ini memiliki paruh yang cukup kuat. Selain itu, ia juga mempunyai kemampuan  untuk memecah biji-bijian yang keras. Maka dari itu menggunakan sangkar yang kuat tentu sangat diperlukan.

Jika hal ini tidak diperhatikan maka kemungkinan besar sangkar akan mudah rusak dan burung bisa kabur. Gunakan juga tangkringan yang terbuat dari bahan yang keras. Sehingga burung tidak mudah menggigitinya. Jika kesulitan mencarinya maka bisa langsung mencarinya di toko-toko yang menjual sangkar yang kuat untuk burung peliharaan.

Memelihara Burung Ini Sendirian

Untuk burung lovebird ini diperlukan teman untuk memeliharanya. Karena burung ini termasuk golongan yang mudah stress apabila tidak mempunyai teman di sangkar. Hal ini pun juga berpengaruh pada performanya. Ketika burung ini jarang berbunyi dan bersifat agresif mungkin penyebabnya adalah tidak punya teman. Maka setidaknya Anda memelihara dua buah lovebird untuk memelihara kesehatannya.

Mengapa demikian? Karena burung ini bisa dikatakan burung sosial dimana ia tidak bisa hidup sendirian. Apabila sendiri, maka jangan heran jika burung ini jarang berbunyi dan gacor. Setidaknya memelihara lebih dari satu ekor akan membuat keduanya saling berkolaborasi dengan bunyinya yang indah. Karena burung ini sering digunakan untuk lomba pada jenis burung, maka hal ini perlu untuk diperhatikan.

Memandikan Burung Di Waktu Yang Kurang Tepat

Salah satu bentuk perawatan lovebird adalah dengan memandikannya. Untuk melakukannya diperlukan kiat-kiat agar tidak keliru dan berakibat fatal. Untuk burung satu ini, salah satu kiatnya adalah jangan memandikan burung ketika sedang ganti bulu atau mabung. Hal ini justru akan memperlambat perontokan bulu-bulunya.

Anda bisa memandikan burung ini ketika semua bulunya sudah rontok. Selain itu, mandikan juga ketika bulu-bulu jarum sudah mulai bermunculan. Hal-hal tersebut barangkali dapat menjadi beberapa kiat untuk memandikan burung lovebird.

Pemberian Makanan Yang Kurang Bergizi

Ketika memutuskan memelihara burung peliharaan, maka memberinya makanan wajib Anda lakukan. Karena jika tidak maka kemungkinan besar burung akan tumbuh tidak sehat dan mati. Makanan menjadi salah satu sarana bagi burung untuk tumbuh dan berkembang serta memperoleh stamina. Maka dari itu, memberi makanan dalam kadar yang cukup dan bergizi penting untuk diperhatikan.

Memperhatikan takaran yang juga perlu dilakukan. Seringkali para pemelihara burung ini yang tidak mengetahui hal ini membuat performa burung menjadi turun. Maka dari itu perhatikan takaran yang pas untuk memberinya makan. Memberinya makanan tambahan seperti kuaci, kangkung dalam porsi yang cukup akan membuat burung menjadi lebih sehat dan kuat.

Mengapa memperhatikan makanannya penting? Karena hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan maupun performa burung. Misalnya jika burung diberikan makanan yang berlebihan maka obesitas sangat mungkin terjadi. Jika obesitas ini menimpa burung Anda maka ia akan malas untuk berbunyi dan berkembang biak. Maka dari itu gunakan takaran yang pas dan cukup ketika memberinya asupan makanan.

Jika perlu kontrol selalu makanan tambahan yang diberikan. Anda bisa memberinya biji-bijian yang bagus serta berkualitas untuk burung. Selalu berikan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin untuk burung lovebird ini.

Memberikan Susu Pada Burung Sebagai Minumannya

Dalam perawatan lovebird memperhatikan dengan baik minuman yang diberikan pada burungnya sangat perlu dilakukan. Kesalahan yang sering terjadi yaitu memberikan susu pada burung. Memberikan susu pada burung ini sangat perlu untuk dihindari. Karena hal ini bisa mengganggu kesehatan burung