Cucak Ijo terlalu jinak? Begini solusinya

Rajakicau.com – Cucak Ijo menjadi salah satu burung yang paling banyak diminati kicaumania. Suaranya yang merdu, gaya tarung ngentrok dan njegrik menjadi ciri khas burung ini. Cucak Ijo terlalu jinak membutuhkan Perawatan Cucak Ijo yang tepat agar burung gacor kembali.

Cucak Ijo terlalu jinak menjadi salah satu permasalahan yang sering dijumpai. Bukannya berkicau, saking jinaknya burung cucak ijo malah ngeleper jika didekati seolah minta makan. Kondisi burung seperti ini pastinya sangat tidak mungkin untuk dibuat lomba. Hal ini dikarenakan fighter cucak ijo hilang dan Cucak Ijo cenderung gembung di lapangan.

Penyebab Cucak Ijo terlalu jinak

Cucak Ijo terlalu jinak
Burung Cucak Ijo
  1. Birahi berlebihan (Over Birahi)
  2. Burung Jarang dijemur
  3. Pemilik sering menggoda dengan tangan atau siulan

Cara Mengatasi Cucak Ijo Terlalu Jinak

Ganti settingan pakan

Jika sebelumnya pemberian pakan harian berupa buah pisang, maka selama terapi ganti dengan buah pepaya. Selain pakan buah, kurangi juga porsi EF Jangkrik dan tidakan menu ulat hongkong selama terapi.

Pengumbaran secara rutin

Jika dirumah memiliki kandang umbaran maka sempatkan untuk mengumbar minimal seminggu sekali. Durasi pengumbaran cukup 1 – 2 jam saja. Untuk burung kondisi over birahi bisa diterapi umbaran setiap sore hingga birahi stabil.

Gantang di tempat yang tinggi

Jika sebelumnya digantang ditempat yang rendah dan banyak lalu lalang manusia, maka untuk terapi gantang di tempat yang tinggi perlu dicoba. Gantangan yang lebih tinggi akan membuat burung lebih gesit dan giras.

Penjemuran yang cukup

Jarang dijemur menjadi salah satu penyebab cucak ijo sangat jinak. Penjemuran rutin 2 – 3 jam bisa membuat cucak ijo lebih giras. Usahakan jemur ditempat yang tinggi dan jauh dari keramaian.

Mandi Rutin

Selain untuk kebersihan, mandi juga sangat diperlukan untuk menstabilkan birahi burung. Mandi di keramba sangat dianjurkan agar bisa leluasa membersihkan bulu bulunya. Jika burung tidak mau mandi keramba bisa mencoba Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Di Keramba. Hindari memandikan burung dengan cara di semprot.

Full Kerodong

Pemberian full kerodong diharapkan agar burung jarang melihat manusia. Full kerodong dilakukan setelah proses mandi dan penjemuran. Berinteraksi dengan burung Cucak Ijo hanya ketika memberi pakan saja.

Hindari menggoda burung

Sama seperti ketika merawat burung cendet manja. Selama masa terapi kurangi interaksi dengan burung termasuk menggoda burung dengan tangan atau siulan. Interaksi hanya dilakukan ketika merawat burung saja (Kasih pakan, mandi dan bersihkan sangkar).

Tinggalkan komentar