Gejala Flu Pada Cucak Ijo

Rajakicau.com – Hewan khususnya burung merupakan makhluk hidup yang bisa terserang penyakit sama seperti manusia. Berikut ini Gejala Flu Pada Cucak Ijo harus di waspadai.

Jenis hewan yang renta untuk terserang flu adalah burung cucak ijo. Penyakit flu ini datang diiringi dengan munculnya gejala-gajala tertentu pada burung. Sebagai pemilik Anda harus mengetahui dan memahamai gejala tersebut.

Burung cucak ijo memiliki ciri khas suara lantang dan gaya ngentrok jambul. Pada musim pancaroba burung cucak ijo juga rentan terserang penyakit, seperti pilek atau flu. Namun, terkadang tidak semua pemilik memahami gejala-gejala yang timbul dan membiarkannya tanpa berusaha mengobati. Berikut ini adalah beberapa gejala flu pada burung cucak ijo yang harus Anda ketahui.

Gejala Flu Pada Cucak Ijo

Gejala Flu Pada Cucak Ijo

Sering Bersin-Bersin Dan Batuk

Gejala awal yang sering terjadi saat cucak ijo terserang penyakit flu yaitu menjadi lebih sering bersin dan batuk. Jika sudah seperti ini berarti cucak ijo peliharaan Anda sudah pasti akan terserang flu. Sehingga, Anda harus segera ambil tindakan supaya tidak memperparah kondisi burung cucak ijo yang dipelihara.

Nafas Mengalami Kemacetan

Setelah sering batuk dan bersin burung cucak ijo biasanya akan mengalami masalah pada sistem pernapasannya. Hal ini kemudian akan menyebabkan cucak ijo mengalami sesak nafas. Gejala tersebut sudah menunjukkan bahwa burung peliharaan Anda sudah pasti terserang penyakit flu.

Mata Nampak Sayu Dan Berair

Gejala flu pada cucak ijo yang akan terjadi selanjutnya yaitu pada kondisi fisik burung. Bagian fisik dari cucak ijopun juga mulai melemah, salah satu tandanya adalah matanya menjadi nampak sayu dan mengeluarkan air. Jika hal ini sudah terjadi, Anda tidak bisa hanya diam saja tanpa mengambil tindakan. Anda harus segera memisahkan cucak ijo dengan burung lain yang nampak sehat.

Pada Lubang Hidung Mengeluarkan Lendir

Jika burung Anda sudah terserang flu perhatikan bagian hidungnya juga, sebab pasti akan lebih sering mengeluarkan lendir. Keluarnya lendir ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang, yaitu sekitar 4-7 hari. Oleh karena itu, Anda harus meletakkannya pada tempat yang tenang dan jauh dari burung lain, supaya dapat benar-benar istirahat terlebih dahulu hingga sembuh total.

Nafsu Makan Menurun

Burung cucak ijo juga akan sangat sulit diberi makan apabila sedang terserang penyakit flu, sebab nafsu makannya berkurang. Namun, hal ini tak boleh dibiarkan karena akan memperparah kondisi burung. Anda harus tetap rutin memberinya makan, supaya kondisi cucak ijo tidak semakin buruk. Berikan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan dari burung cucak ijo.

Nampak Lemas, Lesu, Dan Menggigil

Gejala flu yang bisa dialami oleh burung cucak ijo adalah fisiknya menjadi lemas, lesu, bahkan sampai menggigil. Hal tersebut dikarenakan nafsu makannya yang menurun, sehingga tubuhnya kurang energi. Jangan lupa untuk memberikan obat khsusus burung yang terkena flu untuk mengurangi gejala-gejala ini.

Beberapa gejala di atas sangat perlu untuk diketahui dan pelajari jika Anda merupakan salah satu orang yang suka memelihara burung. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, Anda bisa dengan cepat untuk mengambil tindakan mengatasi flu yang menyerang cucak ijo dan memisahkannya dari burung lainnya.

Baca Juga: Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang Benar

Hal ini bertujuan supaya virus yang terdapat pada cucak ijo yang sedang terserang flu tidak menyebar atau menular ke burung lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu panik dan bingung atas tindakan yang harus dilakukan saat ada gejala flu pada cucak ijo.