Manfaat Madu Untuk Murai Batu yang Sangat Beragam

Pemberian makanan menjadi hal penting untuk diperhatikan untuk menjaga suara murai batu agar tetep merdu. Salah satu sumber makanan yang baik untuk murai batu adalah madu. Lalu, apa saja manfaat madu untuk murai batu ini? Berikut ini daftar manfaatnya.

Menjaga Stamina Murai Batu

Salah satu manfaat dari madu untuk burung kicau, khususnya murai batu adalah untuk menjaga stamina. Menjaga stamina burung perlu dilakukan agar murai batu tidak mudah lemas. Kondisi lemas tersebut bisa menjadi faktor turunnya kemerduan dari kicauan murai batu.

manfaat madu untuk murai batu

Madu memiliki kandungan gula alami, yaitu glukosa, fluktosa dan sukrosa yang dibutuhkan burung. Gula alami tersebut dapat meningkatkan stamina. Pemberian madu disarankan tidak hanya saat murai batu sakit, namun juga saat kondisi burung sehat.

Mengobati Masalah Pernapasan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki kandungan nutrisi. Ternyata manfaat tersebut tidak hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk murai batu. Madu dipercaya dapat mengobati masalah pernapasan pada burung murai batu.

Masalah pernapasan pada burung terjadi karena berbagai faktor, diantaranya adalah kebersihan sangkar dan cuaca. Masalah pernapasan ini akan mempengaruhi kesehatan dan performa suara murai batu. Maka dari itu, masalah pernapasan pada murai batu harus segera diatasi.

Rahasia Merdu Saat Berlomba

Kontes burung kicau memang cukup digandrungi. Jika ingin performa kicau murai batu Anda lebih merdu, madu bisa menjadi makanan yang tepat. Makanan dari lebah ini memang menjadi rahasia kicauan merdu saat berlomba.

Baca Juga  Tips Perawatan Cucak Ijo Saat Musim Hujan

Pemberian madu pada murai batu dapat dilakukan saat pagi hari sebelum lomba. Madu disini bisa disuntikan pada murai batu yang akan dipamerkan. Suntikan madu ini akan meningkatkan stamina dan kesehatan murai batu, sehingga penampilannya menjadi lebih dahsyat.

Antidepresan

Manfaat madu untuk murai batu selanjutnya adalah sebagai antidepresan. Burung termasuk hewan yang mudah mengalami stress. Apalagi jika perawatan yang diberikan tidak sesuai. Stress pada burung mengakibatkan burung tidak mau berkicau bahkan dapat memicu berbagai penyakit.

Stress pada burung dapat diatasi dengan pemberian madu secara rutin karena madu memiliki sifat sebagai antidepresan. Sifat tersebut dapat meningkatkan kesehatan mental pada murai batu.

Mencegah Berbagai Penyakit

Selain memiliki sifat sebagai antidepresan, madu ternyata memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit pada murai batu. Hal ini dikarenakan madu berperan dalam meningkatkan stamina dan kesehatan burung.

Kondisi stamina yang sehat tentu akan membuat sistem imun menjadi lebih baik.  Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memberikan madu setiap satu kali sehari.

Memelihara Kesehatan Murai Batu

Kesehatan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Masalah kesehatan pada murai batu dapat menyebabkan turunnya stamina dan performa suara murai batu. Selain itu, adanya resiko terserang penyakit menjadi lebih rendah.

Memalihara kesehatan erat kaitannya dengan perawatan yang diberikan. Untuk memelihara kesehatan murai batu, Anda bisa memberikan madu secara rutin dan extra fooding yang tepat. Pemilihan makanan pada murai batu sangat penting diperhatikan, karena makanan merupakan sumber energi.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat madu untuk murai batu lainnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit pada burung. Kandungan nutrisi pada madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan tersebut adalah vitamin c dan asam panthottenate yang dapat mengatasi radang kulit.

Baca Juga  INI 7 Efek Ulat Hongkong Untuk Murai Batu

Selain sebagai penyembuh luka, madu juga bermanfaat mengatasi bulu murai batu yang kasar sehingga bulu akan menjadi lebih indah. Pemberian madu ini bisa dilakukan dengan menyuntikkan madu pada pakan murai batu. Sedangkan salah satu makanan yang disarankan untuk ini adalah jangkrik.