Penyebab Murai Batu Sering Mengangkat Kaki

Burung murai batu memerlukan perawatan yang baik karena burung ini juga sama halnya dengan burung peliharaan lainnya yang tidak lepas dari serangan penyakit. Burung Murai Batu bisa mengalami gangguan kesehatan, berkurangnya nafsu makan, dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering diderita burung ini adalah masalah kaki. Ketika kaki terdapat masalah biasanya burung murai batu sering mengangkat kaki ketika berdiri.

Penyebab Murai Batu Sering Mengangkat Kaki
Murai Batu Sering Mengangkat Kaki

Permasalahan pada bagian kaki bisa diderita oleh semua berbagai jenis burung termasuk murai batu. Kondisi ini merupakan kondisi yang cukup gawat, sehingga harus diberi penanganan yang tepat. Jika burung murai batu hanya mengangkat kaki dengan durasi yang pendek tidak begitu masalah. Namun jika sudah sering mengangkat kaki dalam durasi yang panjang maka sudah termasuk  masalah yang serius.

Permasalahan Pada Kaki Burung Murai Batu

Masalah yang sering tejadi pada kaki burung murai batu adalah pembengkakan pada bagian pembuluh darahnya. Pembuluh darah yang bengkak bisa menjadi masalah yang cukup serius yang bisa mengganggu kesehatan dan juga kelangsungan hidup dari burung murai batu. Anda secepatnya memberikan perawatan khusus agar burung segera sembuh.

Kondisi kaki terluka juga bisa membuat burung murai batu sering mengangkat kaki. Dalam kondisi kaki terluka, burung murai batu tidak akan menggunakan kaki untuk berdiri atau mencengkeram tenggeran karena tentunya terasa sakit. Mereka lebih suka mengangkat kakinya dan menyembunyikannya di antara bulu-bulunya. Aktivitas tersebut merupakan penyembuhan secara alami.

Kaki bubulan atau bumble foot juga bisa membuat burung murai batu sering mengangkat kaki bagian sebelah. Gejala ini biasanya terlihat bengkak dan mengeluarkan nanah. Kaki bubulan atau bumble foot awalnya berupa jerawat kecil berwarna merah muda. Jerawat tersebut biasanya terletak pada telapak kaki, dan juga sela-sela jari. Lama kelamaan jerawat tersebut membesar dan mengakibatkan pembengkakan.

Semua permasalahan kaki pada burung murai batu tersebut harus Anda kenali sehingga bisa segera memberikan penanganan secara cepat dan tepat. Selain itu Anda harus melakukan pencegahan terhadap berbagai permasalahan yang bisa terjadi pada burung murai batu supaya pemeliharaan yang dilakukan bisa berhasil dengan baik.

Penanganan Pada Burung Murau Batu yang Sering Mengangkat Kaki

Apabila burung murai batu kesayangan anda sering mengangkat kaki maka Anda harus segera melakukan penanganan yang tepat. Salah satunya dengan cara memberikan salep khusus pada bagian kaki yang terkena penyakit. Caranya, Anda harus menangkap burung murai batu, kemudian dipegang dengan lembut atau tidak kasar, setelah itu oleskan salep khusus pada bagian kaki yang terkena dampak secara merata.

Apabila Anda melihat kaki burung murai batu dalam keadaan kaku atau kram, maka bisa diatasi dengan membalutkan kapas atau kain yang sudah dibasuhi dengan air hangat pada bagian kaki yang kaku atau kram tersebut. Apabila terdapat luka maka bersihkan dahulu dengan cairan antiseptik atau obat merah untuk mencegah terjadinya infeksi.

Karena burung murai batu masih dalam tahap pengobatan maka Anda harus menempatkannya pada  tempat khusus. Usahakan tempatnya tenang agar tidak terjadi gangguan dari faktor-faktor eksternal sehingga masa pemulihan bisa berlangsung lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa memberikan suplemen burung agar kesehatan dan kebutuhan gizi burung murai batu tetap terjaga selama tahap pemulihan.

Pencegahan Pada Penyakit Kaki Burung Murai Batu

Untuk menghindari penyakit kaki pada burung murai batu, Anda harus melakukan berbagai pencegahan. Anda harus rajin membersihkan kandang atau sangkar burung dan juga semua yang ada di dalam sangkar burung termasuk tenggerannya. Apabila kuku burung terlalu panjang maka harus segera dipotong. Anda harus memotong dengan sangat hati hati supaya kaki burung tidak bertambah luka.

Anda juga harus memperhatikan besar kecilnya tenggeran burung. Usahakan tenggerannya sesuai dengan cengkeraman burung murai batu agar mereka merasa nyaman ketika bertengger. Tenggeran yang tidak sesuai bisa membuat kaki burung murai batu terluka bahkan bisa terkena infeksi. Selanjutnya, berikan suplemen-suplemen burung untuk menjaga agar kondisi burung murai batu tetap fit dan kebal terhadap penyakit.

Itulah beberapa penyebab mengapa burung murai batu sering mengangkat kakinya. Dengan mengenali penyebab-penyebab tersebut anda bisa melakukan pengobatan dengan cepat dan tepat. Jangan lupa untuk melakukan pencegahan agar permasalahan tersebut tidak terulang lagi.