Daftar Manfaat Menjemur Murai Batu Secara Rutin

Burung Murai Batu adalah salah jenis burung kicau dengan peminat paling banyak di Indonesia. memiliki skill kicau juara, burung murai batu membutuhkan perawatan dan pelatihan yang tidak sederhana. Penjemuran adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam hal ini dan harus secara rutin dilakukan. Manfaat menjemur murai batu ini pun sangatlah banyak bagi burung tersebut.

Terkait dengan proses penjemuran, waktu terbaiknya adalah di bawah jam 10 pagi dengan durasi yang tidak terlalu lama. Jika proses penjemuran dilakukan dalam waktu yang lama, murai batu justru akan mengalami penurunan kesehatan dan stamina. Kembali lagi ke manfaatnya, berikut daftar manfaat menjemur murai batu yang perlu Anda ketahui.

Membuat Burung Lebih Gacor

Proses penjemuran membantu murai batu menjadi lebih gacor dalam bersuara. Hal ini dikarenakan proses penjemuran memiliki manfaat penting dalam menambah stamina dan kesehatan bagi burung tersebut.

manfaat menjemur murai batu

Dengan menerapkan tahap penjemuran sesuai dengan waktu yang tepat dapat membantu burung menjaga pita suaranya. Pita suara milik burung murai batu memang sangat penting untuk dijaga mengingat perannya sebagai salah satu burung kicau terbaik.

Memperkuat Kekebalan Tubuh Burung

Kekebalan tubuh burung murai batu tidak hanya bisa dijaga dengan rutin memberi asupan vitamin dan lain-lain, namun juga dengan rutin menjemurnya. Penjemuran secara rutin selama kurang lebih 10 menit saja sudah membantu memperkuat sistem pertahanan kekebalan tubuh pada burung murai batu.

Burung murai batu cukup rentan sakit jika dijemur dalam waktu yang lama. Jika Anda ingin membuat murai batu peliharaan Anda lebih tahan terhadap penyakit, berikan vitamin sebagai penunjang dan lakukan penjemuran secara rutin sebelum jam 10 pagi.

Memberantas Virus-virus dalam Tubuh Murai Batu

Manfaat menjemur murai batu yang selanjutnya adalah memberantas virus-virus yang bersemayam dalam tubuh burung tersebut. Sinar matahari pagi dapat membuat virus dalam tubuh burung murai batu melemah dan mati. Untuk itu, penting bagi burung murai batu memjalani proses penjemuran selepas mandi pagi.

Menghindarkan Burung Murai Batu dari Pengemukan

Burung juga bisa mengalami keadaan dimana berat badannya diatas rata-rata atau gemuk. Jika berat badan burung berada diatas rata-rata, bukan tidak mungkin jika kesehatan burung akan terganggu. Akibatnya, murai batu pun tidak bisa tumbuh sebagaimana mestinya.

Untuk mencegah atau menghindari kondisi kegemukan pada burung murai batu, Anda bisa melakukan penjemuran secara rutin setiap harinya selepas murai batu dimandikan. Meski terlihat sederhana namun cara ini dinilai efektif membuat burung murai batu terhindar dari kegemukan.

Obat Alami bagi Burung Murai Batu

Sinar matahari pagi juga bisa menjadi obat alami bagi burung murai batu. Faktanya, tidak semua orang yang memelihara burung murai batu tahu apakah burung tersebut sehat-sehat saja atau tidak. Untuk itu, proses penjemuran diperlukan agar penyakit yang ada dalam tubuh burung tersebut bisa mati karena terkena sinar matahari pagi.

Selain dapat memperkuat kekebalan tubuh, manfaat menjemur murai batu yang juga tidak kalah bagusnya adalah sebagai obat alami bagi burung tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir burung tersebut akan mengalami masalah kesehatan lagi.

Demikianlah daftar dampak positif dari melakukan penjemuran pada burung murai batu. Perlu diketahui bahwa waktu terbaik untuk menjemurnya adalah di bawah jam 10 pagi dengan waktu berkisar 10 menit saja. Meski demikian, jangan menjemur dalam waktu berjam-jam karena dapat menyebabkan dampak negatif pada burung murai batu tersebut.