Pilihan Ramuan Untuk Lovebird Untuk Menambah Stamina

Banyak sekali keunggulan lovebird sehingga membuatnya menjadi menarik. Salah satunya yaitu kicauannya yang merdu, sehingga menarik untuk didengar ataupun dilombakan. Telah banyak ditemukan ajang perlombaan lovebird, maka dari itu staminanya harus tetap dijaga menggunakan ramuan. Lalu, apa saja ramuan untuk lovebird? Berikut adalah daftarnya.

pilihan ramuan untuk burung lovebird

Ramuan Daun Mengkudu Dengan Jahe

Ramuan tradisonal untuk lovebird, yaitu campuran mengkudu dengan jahe sangat mudah untuk dibuat. Selain alat dan bahan-bahannya yang mudah ditemukan, harganya juga terjangkau. Keunggulan lain pada ramuan daun mengkudu dengan jahe adalah proses pembuatannya mudah. Proses pembuatan ini tidak mengurangi kandungan nutrisi yang dimanfaatkan dari mengkudu maupun jahe.

Mengonsumsi jahe akan membuat tubuh terasa hangat dan menjadikan stamina menjadi meningkat, hal ini berlaku juga untuk lovebird. Jahe memiliki banyak kandungan yang dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh lovebird agar tetap baik. Penyebabnya adalah jahe memiliki kandungan gingerol yang dominan kadar nutrisinya.

Keunggulan tanaman mengkudu memang banyak sekali manfaatnya. Tak hanya daun, buahnya pun dapat dimanfaatkan sebagai ramuan penambaha stamina. Mengkudu memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk melawan radikal bebas pada lingkungan tempat tingal lovebird. Kandungan nutrisi dalam tumbuhan mengkudu antara lain adalah antrakuinon, alkaloid, saponin, dan flavanoid.

Kandungan tersebut umumnya sangat baik dalam melawan bakteri yang mungkin akan menjangkit lovebird. Jadi, ramuan ini sangat bagus untuk dijadikan tameng bagi kesehatan lovebird. Khasiat lain yang dapat diperoleh dari ramuan ini antara lain adalah melancarkan pencernaan, sebagai anti inflamasi dan antioksidan yang baik, serta meningkatkan kicauan burung lovebird.

Ramuan Jahe Dengan Kunyit Dan Kencur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan jahe sangat membantu dalam melawan penyakit yang mungkin dapat menjangkit lovebird. Dengan sedikit ditambahi toga jenis kunyit dan kencur, dapat menjadi ramuan untuk lovebird yang tepat dalam menjaga staminanya.

Kandungan jahe sangat mendukung dalam menambah stamina. Hal ini karena jahe banyak mengandung gingerol yang dinilai cukup kuat untuk melawan penyakit. Selain itu, jahe juga mengandung magnesium, vitamin C, B6, fosfor, tembaga, besi, dan kalsium. Kandungan tersebut tentu sangat diperlukan dalam menambah stamina lovebird agar tidak mudah sakit.

Toga jenis kunyit dan kencur juga memiliki segudang manfaat dalam menambah stamina burung lovebird. Kunyit sendiri didominasi dengan kandungan curcumin, yaitu zat yang memberi warna kuning pada tanaman ini. Selain memberikan warna, curcumin dinilai sangat ampuh mencegah berbagai penyakit. Hal ini karena curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki efek anti peradangan yang cukup kuat.

Sama halnya dengan kunyit, kandungan kencur juga dapat membantu melindungi lovebird dari penyakit. Kencur banyak mengandung metanol yang dinilai mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Perpaduan toga dalam ramuan ini akan membantu menjaga lovebird agar tetap sehat.

Ramuan Campuran Daun Binahong dengan Apel Merah

Campuran daun binahong dengan apel merah dapat menjadi pilihan untuk dijadikan ramuan untuk lovebird. Kedua bahan ini memiliki banyak sekali manfaat terutama sebagai bahan antioksidan. Daun binahong memiliki kandungan polifenol, alkaloid, dan saponin.Bahan selanjutnya, yaitu apel mengandung banyak sekali vitamin C, A, dan B kompleks yang cukup melimpah untuk meningkatkan stamina lovebird.

Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari memasukkan kulit apel dalam ramuan karena zat lilin yang terkandung di dalamnya dikhawatirkan berbahaya. Dua bahan tersebut dapat diberikan ke lovebird secara utuh, namun bila diberikan berupa ramuan dapat membuat lovebird mudah mengonsumsinya dalam satu waktu.