30 Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung Agar stamina Terjaga

Rajakicau.com – Sayuran sebagai makanan burung yang memiliki kandungan vitamin dan mineral. Sayuran yang diberikan harus bersih dan masih segar, cara menyajikannya bisa juga dengan dipotong halus sehingga burung akan mudah mematuk makannya. Adapun jenis sayuran untuk pakan burung meliputi, wortel, daun sawi, mentimun, cabai merah dan lain sebagainya. Baca Juga: Pakan Buah Untuk Burung Kacer Agar Lebih Sehat

Sayur yang diberikan untuk burung sebaiknya jangan terlalu lama di dalam wadah pakan karena akan berdampak munculnya jamur dan mengundang lalat karena bau tidak sedap. Selain itu, sayur berguna untuk mencegah timbulnya asam urat pada burung karena seringnya konsumsi biji-bijian. Mari simak selengkapnya!

Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung

sayuran untuk burung

Wortel

Bukan hanya kelinci saja yang membutuhkan wortel, namun burung kicau juga membutuhkan sayuran akan vitamin A. Sayuran wortel bermanfaat untuk penglihatan terhadap pigmen warna. Cara penyajiannya dengan merebus wortel kemudian setelah dingin baru diparut lalu berikan pada burung.

Daun Sawi

Daun sawi berkhasiat karena nutrisi pada kandungan sayuran ini yang dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan pada burung. Dengan mengkonsumsi daun sawi maka daya tahan tubuh akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Bahkan daun sawi juga berguna untuk merangsang agar burung rajin berbunyi dan dapat menstabilkan birahi.

Mentimun

Mentimun merupakan salah satu sayuran untuk pakan burung yang dapat membantu pengurangan lemak, sehingga burung yang dimiliki tidak mengalami obesitas. Cara pemberiannya sangat mudah, Anda hanya perlu menggantungkannya dalam sanggar dengan pengait buah, namun pastikan mentimun yang telah dipotong terlebih dulu.

Cabai Merah

Cabai sebagai bahan penambah rasa pedas, namun burung tidak akan merasakan pedas maupun panas karena tidak memiliki indera perasa di lidahnya. Sayuran yang satu ini dapat disajikan dengan bagian luar atau kulitnya saja dan bisa juga dalam bentuk sayuran utuh.

Gambas atau Oyong

Sayuran gambas dapat diberikan pada burung Ciblek, jika burung tersebut yang tadinya gacor tetapi berubah macet bunyi maka perlu memberikan sayuran ini supaya lebih rajin untuk berkicau.

Jagung Muda

Jagung muda dapat berkhasiat untuk memperbaiki bulu burung yang tampak kusam. Anda bisa menggantungkan jagung muda pada sangkar dinding kandang. Akan lebih cocok jika jangung muda diberikan pada burung ciblek.

Daun Mengkudu

Daun ini banyak dicari untuk menyembuhkan penyakit. Di sisi lain, daun mengkudu juga digemari oleh burung kenari untuk membersihkan kuman-kuman yang telah menempel di saluran pernapasan dan dapat membersihkan kotoran. Karena dapat memperlancar saluran pernapasan maka suara yang dihasilkan akan semakin tajam. Namun pemberiannya ketika dibutuhkan saja.

Sayur Selada

Sayuran yang kaya kandungan anti oksidan secara alami dapat mencegah penyakit maupun radikal bebas. Sayur selada bermanfaat untuk meningkatkan asupan udara yang segar dan dapat merubah penampilan bulu pada burung Kenari menjadi lebih indah dan cerah. Sayuran ini dapat dikonsumsikan setiap hari karena tidak memiliki efek samping.

Selain sayuran, buah-buahan juga bisa diberikan untuk burung seperti buah pepaya, pisang dan kelapa. Namun Anda harus lebih rajin membersihkannya, karena buah yang telah matang dan lembek lebih rentan busuk.

Perawatan yang terbaik selain sayuran untuk pakan burung ialah dengan merawat burung supaya tetap sehat dengan memberikan makanan yang cukup dan berkualitas.

Dengan memberikan pakan yang bervariasi dapat membuat burung merasa nyaman dan betah bahkan tidak stres. Akan tetapi tetaplah harus mengetahui kandungan makanan apa saja yang akan diberikan untuk burung Anda.

Usahakan jangan sekalipun memberi makanan pada burung yang tidak disukai, meskipun makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang banyak. Karena burung tentu tak akan menyantap makanan yang tidak disukainya. Misalnya memberikan Jangkrik untuk burung Kenari maka secara reflek Kenari akan menolaknya.

Menjaga burung tetap sehat tidak perlu memberikan obat-obatan, yang terpenting adalah memberikan pakan secara alami sehingga kondisi burung akan tetap prima. Maka pastikan Anda dapat menstok sayuran setiap harinya agar sayuran yang didapatkan dalam kondisi yang segar. Baca Juga: Manfaat Daun Ginseng Untuk Pakan Burung Murai Batu

Semoga setelah Anda memahami ulasan di atas, dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat. Berilah makanan sehat dan terjamin kualitasnya, dengan begitu burung akan tetap sehat bahkan gacor sesuai yang diharapkan.