Update Daftar Harga Burung Pentet Terbaru 2022

Rajakicau.com – Memiliki burung kicau adalah salah satu hobi yang dapat memberikan ketenangan suasana dengan suara kicauan burung yang merdu, salah satu burung kicau yang bisa dipelihara adalah burung pentet, yuk ketahui harga burung pentet ini.

Burung pentet atau dikenal dengan nama lain yaitu burung cendet adalah burung yang mahir dalam menangkap mangsanya, memiliki karakter yang unik dan suara kicauan yang merdu serta khas.

Baca Juga: Makanan Burung Cendet Sehari-hari

Burung cendet merupakan burung asli Indonesia dan memiliki banyak jenis, yang merupakan burung pemangsa dan banyak disukai oleh para pecinta burung.

Jenis Burung Pentet

Di Indonesia setidaknya ada 4 jenis burung cendet atau pentet yang dikenal dan banyak dipelihara, yuk ketahui jenis-jenis burung cendet ini.

Pentet Biasa

Pentet Biasa
Pentet Biasa

Yang pertama adalah jenis pentet biasa, postur tubuhnya tidak terlalu besar, suaranya nyaring, jenis ini terlihat lebih pendiam, dan senang berpindah-pindah tempat dalam bertengger.

Karena termasuk hewan karnivora, burung pentet terbilang kuat, sehingga perlu kehatian-hatian dalam merawat burung ini, harga dari burung pentet biasa tergolong murah, mulai dari kisaran puluhan ribu rupiah.

Pentet Matahari

Pentet Matahari
Pentet Matahari

Pentet matahari memiliki paruh yang kuat dan tajam. Perbedaan dari pentet lainnya adalah variasi dalam berkicau.

Cendet/Pentet matahari memiliki suara kicauan yang terbilang monoton, meskipun demikian suara burung pentet matahari adalah yang paling merdu.

Jika dipelihara dengan baik dan benar, cendet matahari dapat dilatih dengan pemasteran agar dapat memiliki kicauan yang berbeda dan bervariasi. Selain itu pentet matahari juga memiliki nyali bertarung yang besar.

Baca Juga  Daftar Harga Burung Sanger Terbaru 2022

Pentet Kembang

Pentet kembang sering dibilang serupa dengan cucak matahari, padahal keduanya adalah spesies yang berbeda. Karena cukup sulit untuk didapatkan, pentet kembang dibanderol dengan harga yang berkisar diangka ratusan ribu rupiah.

Memiliki warna coklat tua yang berpadu dengan kuning dan hitam, dan ditambah warna putih pada bagian bawah tubuhnya. Namun dengan populasinya yang terus berkurang membuat burung pentet matahari, maka memeliharanya pun dibatasi bahkan saat ini sudah dilarang.

Pentet Macan

Kemudian ada pentet macan, diberi nama macan karena pola yang ada pada tubuhnya bercorak garis-garis seperti pada corak tubuh macan.

Pentet yang satu ini bukanlah endemik Indonesia, melainkan dari Siberia, maka jika memeliharanya membutuhkan perawatan yang ekstra.

Cara Merawat Burung Pentet

Dalam merawat burung pentet terbilang mudah sebenarnya, namun karena sifatnya yang agresif dan liar maka perlu teknik khusus dalam perawatannya, berikut ini adalah panduan merawat burung pentet:

  • Pastikan pakan yang diberikan adalah pakan berkualitas, memiliki kandungan nutrisi dan protein yang cukup bagi burung.
  • Memandikan burung pentet perlu dilakukan, lakukan secara rutin, tidak lupa juga untuk menjemur burung pada pukul 7-9 pagi agar burung merasa segar.
  • Pelihara burung pentet jantan, karena burung jantan memiliki suara yang lantang dan bervariasi jika dibandingkan dengan pentet betina.
  • Perhatikan kebersihan kandang, kandang yang kotor dapat membuat burung stress yang akhirnya burung malas untuk berkicau.

Harga Burung Pentet

Untuk kamu yang ingin memelihara burung pentet, maka perlu tahu harganya, harga burung pentet dimulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu, berikut ini list harganya.

No  Jenis Burung Tipe Kisaran Harga (Rp)
1. Pendet Madura  Bakalan Rp 80.000
2. Pendet Madura  Gacor Rp 300.000
3. Pendet Biasa Bakalan Rp 35.000 – Rp 75.000
4. Pendet Jawa Barat Gacor Rp 240.000 
5. Pendet Jawa    Rp 120.000
6. Pendet Kembang   Rp 150.000
7. Pendet Gacor    Rp 310.000
8. Pendet Anakan Biasa Rp 35.000 – Rp 75.000
9. Pendet Matahari    Rp 55.000 – Rp 150.000 
10. Pendet Macan   Rp 155.000
11. Pendet Raja    Rp 325.000
12. Pendet Jawa Timur  Bakalan Rp 70.000 – Rp 170.000
13. Pendet Albino    Rp 1.200.000
Baca Juga  Harga Burung Manyar

Baca Juga: Harga Burung Cucak Rante

Itulah hal-hal seputar burung pentet dan harganya, semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar