INI ! Daftar Harga Burung Sirtu Terbaru 2022 PEMULA WAJIB TAU

Rajakicau.com – Burung sirtu terbilang burung yang populer dikalangan pecinta burung kicau, memiliki suara unik yang terdengar sepertu “cipoooww” maka burung ini juga dikenal sebagai nama burung cipoh, harga burung sirtu sendiri bervariasi tergantung kualitasnya.

Burung sirtu banyak dijadikan peliharaan karena sangat menghibur, hal ini dipengaruhi oleh kicauannya yang merdu, tubuhnya yang mungil dan terkesang lucu.

Warna burung sirtu sangatlah menarik memiliki warna hijau lumut, dengan kombinasi hitam yang terletak pada sayapnya, disertai dengan corak-corak putih. Baca Juga: Harga Burung Kacer

Jika melihat dari segi penampilan, ciri fisiknya menyerupai burung pleci namun sedikit lebih besar ukuran tubuhnya.

Cara Memilih Burung Sirtu Berkualitas

Jika kamu ingin memelihara burung sirtu, maka harus tahu nih ciri-ciri fisik burung sirtu yang berkualitas, sehingga tidak tertipu.

Burung sirtu yang bagus memiliki gerak yang aktif, tidak terdapat cacat, tubuhnya ideal, dan pertumbuhan fisik yang baik. Dengan tubuh yang proporsional juga dapat memberi pengaruh kemampuan burung dalam berkicau.

Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan dan Betina

Untuk membedakan jantan dan betina burung sirtu perlu diperhatikan, karena jenis kelamin burung juga mempengaruhi suara kicauan.

Burung sirtu jantan memiliki kicauan yang lebih variatif, lantang, dan panjang, apabila dibandingan dengan sirtu betina. Maka kamu perlu tahu nih perbedaannya.

Sirtu Jantan

Perbedaan sirtu jantan dan sirtu betina dapat dilihat dari warna bulunya, dimana bulu pada sirtu jantan memiliki warna yang kontras dan cerah, berbanding terbalik dengan sirtu betina yang memiliki warna hijau pudar.

Baca Juga  Daftar Harga Burung Macaw Anakan dan Dewasa Semua Jenis 2022

Ketika bertengger, burung sirtu jantan memiliki posisi yang tegap, bidang, dan tegas, berbeda dengan betina burung sirtu yang ketika bertengger posisinya tidak tegap.

Sirtu Betina

Melihat pada bagian bulu ekor, pejantan burung sirtu memiliki bulu ekor yang rapat, sedangan untuk betina bulu ekornya cenderung melebar.

Cara Merawat Burung Sirtu

Agar burung sirtu/cipoh rajin berkicau maka perlu dilakukan latihan dan perawatan, perawatan yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Pemasteran Burung Sirtu

hal ini dilakukan ketika pertama kali mendapatkan burung sirtu, burung yang baru didapatkan tentu akan mengalami masa adaptasi, dan biasanya akan malas berbunyi, maka dilakukan pemancingan dengan suara mp3.

Melakukan Pemandian dan Pengembunan

Jangan lupa untuk menjemur, memandikan burung sirtu dipagi hari sebelum matahari muncul, hal ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung, sehingga burung akan berkicau lantang.

Pemberian asupan makanan berkualitas

Tidak lupa pula untuk memberikan pakan yang bernutrisi dan juga multivitamin agar gizi yang dibutuhkan oleh burung dapat terpenuhi. Tidak lupa pula untuk memberikan extra fooding seperti ulat kandang, atau kroto.

Harga Burung Sirtu Terbaru Di Pasar

Burung sirtu memiliki harga yang cukup stabil dipasaran, untuk burung sirtu anakan saya harganya dapat mencapai 200 ribu rupiah, apalagi jika anakan tersebut merupakan keturunan dari sirtu jawara. 

Sedangan untuk harga burung sirtu ombyokan/bahan biasanya murah karena belum berkicau secara sempurna, maka perlu dilatih dan dilakukan perawatan ekstra.

Berikut ini list harga burung sirtu terbaru yang bisa dijadikan referensi.

Jenis Burung Sirtu Harga
Burung Sirtu Jadi/Gacor Rp 150.0000 – Rp 370.000
Burung Sirtu Tangkapan Hutan Rp 40.000
Burung Sirtu Lolohan Jantan Rp 200.000
Burung Sirtu Liar Ngevoer Rp 70.000 – 130.000
Burung Sirtu Betina Rp 150.000
Sepasang Burung Sirtu Gacor Rp 300.000
Burung Sirtu Bahan/Bakalan Rp 75.000
Baca Juga  Daftar Harga Burung Cucak Keling Bakalan 2022

Itulah ulasan singkat mengenai burung sirtu dan harganya, harga yang tercantum tersebut bukanlah harga tetap, tentunya terkadang terdapat faktor lain yang menjadikan harga burung berbeda, seperti wilayah, kualitas, hingga jenis kelamin.

Perlu dipahami harga yang dicantumkan bukanlah harga mutlak, karena dapat berubah kapan saja, jadi dengan patokan harga tersebut semoga bisa dijadikan referensi dalam membeli sirtu/cipoh. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar