Makanan Burung Hantu

Rajakicau.com – Burung hantu adalah jenis burung yang bersahabat dengan petani, hal ini karena makanan utama dari burung ini adalah tikus, burung emprit, hingga burung puyuh.

Burung hantu memiliki ukuran tubuh yang besar jika dibandingkan dengan jenis burung hantu lainnya, ukuran tubuhnya yang besar dapat memakan 2-3 ekor tikus dalam semalam, namun sebenarnya burung ini dapat membunuh tikus lebih dari jumlah yang dikonsumsi.

Hal ini karena burung hantu memiliki insting berburu yang tinggi, cekatan, dan sigap dalam mengejar dan menerkam tikus yang ada di daratan.

Untuk yang belum tahu, sebenarnya makanan burung hantu ini tidak hanya burung emprit, puyuh, atau tikus saja, ada banyak jenis makanan yang bisa dimakannya, yuk ketahui.

 Makanan Burung Hantu Tyto Alba

Makanan Burung Hantu Tyto Alba
Makanan Burung Hantu Tyto Alba

Tidak hanya memakan tikus biasa, tyto alba juga memakan anakan tikus putih, dan berbagai jenis daging-dagingan lainnya, mari simak ulasan berikut.

Tikus

Tikus menjadi mangsa utama bagi burung tyto alba ini, bahkan burung hantu yang satu ini sering digunakan oleh petani sebagai pengendali hama tikus.

Tupai

Tidak hanya tikus, hewan pengerat lain yang menjadi mangsa utama dari burung tyto alba adalah tupai.

Burung Burung Kecil 

Burung tyto alba juga memakan beberapa burung kecil sebagai pakan alternatif ketika tidak menjumpai tikus.

Anak Ayam Terkadang burung tyto alba juga memangsa jenis unggas seperti anakan ayam.

Makanan Burung Hantu Celepuk

Makanan Burung Hantu Celepuk
Makanan Burung Hantu Celepuk

Dalam pemeliharaan, burung ini bisa diberikan makanan berupa daging-dagingan seperti:

Daging Sapi

Daging sapi bisa diberikan pada tyto alba, namun tidak bisa terlalu sering karena memiliki lemak tinggi.

Daging Ayam Mati

 Tidak hanya anak ayam, daging ayam mati juga bisa diberikan pada burung tyto alba ini, jenis daging ayam cocok untuk burung tyto alba karena memiliki kadar lemak yang rendah dan juga penuh vitamin.

Daging Segar

Pilihan terbaik adalah dengan memberikan daging segar pada burung tyto alba. Seperti daging kelinci, tikus putih, marmut, atau merpati.

Vitamin

 Untuk mengimbangi nutrisi yang dibutuhkan oleh burung, asupan vitamin perlu diberikan agar burung tetap sehat.

Otot Ayam

 Jenis pakan ini biasanya digunakan ketika dalam kondisi darurat jika pakan utama benar benar tidak ada.

Cara Pemberian Makanan

Dalam pemberian makanan untuk burung hantu tyto alba dan celepuk maka terdapat tiga cara yang bisa digunakan, yaitu:

  • Memberikan secara langsung
  • Memanggil nama burung (jika burung sudah jinak)
  • Melatih burung memangsa dengan skill alami berburunya.

Dalam pemberiannya takaran yang diberikan adalah 2 kali dalam sehari diwaktu pagi dan malam hari atau sore hari dan malam hari.

Waktu pemberian makan bisa dilakukan pada pagi hari ketika jam 8 sekalian menjemur burung, penjemuran dilakukan 30 menit saja, dan maksimal adalah pukul 09.00.

Di waktu sore, burung bisa diberikan pakan pada pukul 5 sore atau 6 sore. Dan untuk malam hari burung bisa diberikan makanan bisa bebas pukul berapapun, karena burung hantu adalah hewan nocturnal yang lebih aktif di malam hari.

Jumlah pemberian makanan jika menggunakan burung emprit atau puyuh adalah sekitar 8 hingga 10 ekor dalam sekali makan. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makanan, karena hal ini dapat menyebabkan obesitas pada burung, yang mana dapat menurunkan aktivitas burung sehingga menjadi malas. Baca Juga: Makanan Burung Kedasih Liar,Anakan, Dewasa

Itulah berbagai jenis pilihan makanan burung hantu tyto alba dan celepuk yang bisa diberikan, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar