7 Makanan Burung Puter Agar Rajin Bunyi

Rajakicau.com – Burung puter merupakan jenis burung yang banyak dipelihara, selain makanan burung puter yang mudah di dapatkan, burung ini juga memiliki sifat yang kalem dan jinak.

Burung puter memiliki nama latin Streptopelia Risoria, suaranya merdu dan indah, selain itu burung ini memiliki bulu yang indah dimana terdapat warna cokelat dan putih, dan warna hitam pada bagian lehernya.

Cara Merawat Burung Puter

Makanan Burung Puter Putih
Makanan Burung Puter Putih

Agar burung puter sehat dan berkicau, maka dibutuhkan perawatan yang baik, berikut ini cara merawat burung puter:

  • Jauhkan kandang burung dari hewan yang menganggu seperti kucing atau anjing.
  • Tempatkan kandang di sekitar area yang banyak orang berlalu lalang, hal ini agar burung tidak takut terhadap orang.
  • Jemur burung pada jam 7 hingga 9 pagi.
  • Jangan lupa untuk memberikan vitamin.
  • Semprot burung dengan air 3 kali dalam seminggu.
  • Berikan pakan yang berkualitas.

Terdapat berbagai jenis pakan yang bisa diberikan, yuk ketahui makanan dari burung puter ini. 

Pilihan Makanan Burung Puter Agar Rajin Bunyi

Makanan merupakan kebutuhan wajib, pemberian pakan yang benar dan sesuai akan mempercepat pertumbuhan burung.

Selain itu makanan juga menjadi salah satu faktor burung menjadi gacor, maka kamu harus tahu apa saja makanan burung puter agar burung sehat dan gacor.

Biji Bijian

Burung puter menyukai pakan berjenis biji-bijian seperti jagung, beras merah, kacang hijau, dan biji-bijian lainnya.

Biji-bijian dibutuhkan oleh burung puter untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar burung memiliki kesehatan yang baik.

  • Jagung: Jagung memiliki kandungan protein dan karbohidrat untuk kebutuhan burung. Berikan jagung dengan cara dihaluskan, bisa juga dengan mencampurnya dengan milet putih.
  • Beras Merah: Jika burung puter tampak kurang bergairah dan lemas, maka beras merah yang dihaluskan dan ditambah dengan milet putih bisa menjadi solusinya. Selain itu beras merah juga bisa digunakan untuk meningkatkan birahi burung, baik burung jantan ataupun betina.
  • Kacang Hijau: Kacang hijau memiliki kandungan vitamin yang tinggi, kacang hijau membantu burung untuk menghasilkan suara yang gacor.

Selain itu, Milet juga salah satu makanan berupa biji-bijian yang bisa diberikan untuk burung ini. Milet dipercaya memiliki manfaat untuk memperindah bulu burung sehingga menghasilkan bulu yang mengkilap dan halus.

Makanan Burung Puter Racikan

Selain biji-bijian, bisa juga dengan memberikan makanan racikan sendiri, makanan racikan ini terdiri dari jagung yang ditumbuk menjadi halus dan ditambah dengan milet putih, kacang hijau, dan beras merah.

Jika burung puter masih anakan maka pemberian pakan racikan bisa ditambah dengan voer ayam. Sehingga anakan burung dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dan sehat serta menghasilkan suara yang bagus.

Grit Sebagai Pelancar Proses Pencernaan Makanan

Berbeda dengan burung kenari yang bisa nyisil, burung puter adalah jenis burung yang tidak bisa “nyisil” atau memisahkan kulit ari luar dan bijinya.

Burung puter langsung memakan dan menelan biji-bijian, maka untuk membantu proses pencernaan makanan, diperlukan grit.

Grit berfungsi untuk membantu proses pencernaan burung, banyak pemilik burung puter yang menggunakan pasir laut, pasir gunung, hingga batu bata merah untuk dijadikan sebagai grit bagi burung puter. Baca Juga: Makanan Burung Cendrawasih

Selain pemberian pakan yang bernutrisi dan grit, burung puter juga membutuhkan vitamin dan tambahan obat cacing agar burung terhindar dari penyakit cacingan. Itulah berbagai jenis pakan yang bisa diberikan untuk burung puter, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar