Apa Saja Penyebab Lovebird Cabut Bulu? Ini Daftarnya

Rajakicau.com – Lovebird adalah salah satu jenis burung yang memiliki warna bulu menarik dan suara yang indah.  Hal tersebut membuat lovebird menjadi salah satu burung primadona yang sering dipelihara di rumah maupun oleh para peternak burung. Apa Penyebab Lovebird Cabut Bulu?

Lovebird juga merupakan jenis burung yang suka mencabut bulunya sendiri. Disini, pastinya para pemeliharanya harus tahu apa penyebab lovebird cabut bulu. Baca Juga: Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Berikut Bisa Anda Terapkan

Penyebab Lovebird Cabut Bulu

Penyebab Lovebird Cabut Bulu
Penyebab Lovebird Cabut Bulu

Lovebird yang mengalami cabut bulu ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang yang memelihara lovebird harus mengetahui faktor-faktor tersebut. Simak penjelasan dari faktor-faktor yang menyebabkan lovebird cabut bulu berikut ini.

Suhu Udara yang Terlalu Panas

Faktor pertama yang dapat menyebabkan lovebird cabut bulu adalah suhu udara yang terlalu panas. Lovebird yang berada dalam kondisi suhu udara terlalu panas akan mengalami cabut bulu. Anda perlu mengetahui bahwa dalam memelihara lovebird harus di tempat yang sejuk dan terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

Penyebab Lovebird Cabut Bulu

Anda dapat mulai menjemur lovebird yang dipelihara apabila telah muncul bulu-bulu jarumnya. Suhu udara yang dirasakan lovebird harus benar-benar Anda perhatikan. Tidak hanya di suhu udara yang terlalu panas, lovebird juga tidak baik jika berada dalam suhu udara yang terlalu dingin.

Lovebird Mengalami Stress

Ternyata bukan hanya manusia saja yang sering berada dalam keadaan stress, lovebird juga dapat mengalami stress. Lovebird dapat mengalami stress disebabkan karena perawatan yang Anda berikan kurang tepat. Salah satu contoh perawatan yang kurang tepat adalah dari cara memandikannya yang menjadi penyebab lovebird cabut bulu.

Dalam memandikan lovebird, Anda tidak boleh memandikannya hingga menyebabkan bulu-bulunya terlalu basah kuyup. Lovebird biasanya akan merasa tidak nyaman apabila bulu di tubuhnya dalam keadaan terlalu basah. Untuk mengatasi rasa tidak nyamannya tersebut, lovebird pun mencabuti bulu-bulunya.

Overdosis karena Pakannya

Perawatan yang terhadap lovebird memang harus benar-benar Anda perhatikan, seperti halnya dalam memperhatikan pakan yang diberikan pada lovebird. Pemberian pakan yang kurang tepat dosisnya juga dapat menjadi penyebab lovebird cabut bulu. Biasanya lovebird akan cabut bulu apabila mengalami overdosis.

Overdosis yang terjadi pada lovebird disebabkan karena kandungan protein pada pakan yang Anda berikan terlalu tinggi. Tidak hanya kelebihan kandungan protein, kekurangan gizi ternyata juga dapat menyebabkan lovebird cabut bulu. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban Anda sebagai orang yang merawat lovebird untuk memperhatikan kebutuhan pakannya sesuai dosis yang benar.

Over Birahi

Faktor selanjutnya yang dapat menyebabkan lovebird cabut bulu adalah over birahi. Biasanya over birahi akan dialami oleh lovebird dewasa yang usianya sudah 6 bulan lebih. Lovebird yang mengalami over birahi dapat Anda carikan pasangan agar birahinya dapat tersalurkan dengan benar. Lovebird yang mengalami over birahi dan tidak memiliki pasangan akan mengalami cabut bulu.

Kuman dan Kutu yang bersarang di Tubuh Lovebird

Lovebird juga dapat mengalami cabut bulu apabila merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Salah satu hal yang dapat menyebabkan tubuh lovebird tidak nyaman adalah kuman dan kutu. Adanya kuman dan kutu pada tubuh lovebird tentu akan membuatnya merasa gatal. Untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh kuman dan kutu biasanya lovebird akan mencabut bulu-bulu di tubuhnya.

Adanya Penyakit Dalam yang Dialami oleh Lovebird

Penyakit dalam yang dirasakan oleh lovebird tentunya tidak selalu dapat terlihat oleh Anda sebagai pemiliknya. Salah satu ciri yang dapat Anda lihat ketika lovebird mengalami sebuah penyakit dalam adalah mencabut bulu-bulu di tubuhnya. Apabila faktor-faktor penyebab lovebird cabut bulu di atas tidak dialami oleh burung yang Anda pelihara, mungkin lovebird tersebut mengalami penyakit dalam.