7 Perawatan Cucak Ijo Harian Yang Penting Diterapkan

Rajakicau.com – Tak bisa dipungkiri, memelihara burung kicau memang menjadi hobi bagi sebagian orang. Salah satu jenis yang banyak dipelihara peternak yaitu cucak ijo. Cucak ijo memang memilki suara yang merdu serta warna tubuh yang bagus. Lau bagaimana perawatan cucak Ijo harian yang penting diterapkan?

Nah, agar cucak ijo ini memilki kualitas unggul dan tidak gampang sakit, maka perlu dilakukan perawatan yang baik. Pada daasarnya perawatan harian pada cucak hijau ini hampir sama dengan jenis burung kicau lainya.

Perawatan Cucak Ijo Harianperawatan cucak ijo harian

Namun, yang menjadi kunci keberhasilan perawatanya yaitu dilakukan dengan rutin dan konsisten. Berikut perawatan harian pada cucak hijau. Simak ya!

Mengangin-Anginkan dan Memandikan Cucak Ijo

Waktu yang tepat untuk melakukan perawatan ini yaitu pada pukul 07.00. Setelah itu, pada pukul 07.30 Anda bisa memandikan burung tersebut. Ingat, burung cucak ijo ini perlu teratur dimandikan, terlebih bagi burung yang malas mandi sendiri.

Manfaat dari memandikan burung ini yaitu agar membuatnya lebih segar dan tak gampang terkena penyakit. Namun, untuk memandikan burung tersebut lakukan sebentar saja agar ia tidak terlalu kedingingan.

Membersihkan Kandang Harian, Mencukupi Kebutuhann Voer dan Air

Perawatan cucak ijo harian yang juga penting sekali untuk dilakukan secara rutin yaitu membersihkan kandangnya. Pembersihan kandang ini sangat perlu dilakukan utamanya agar cucak ijo lebih nyaman. Kondisi kandang yang tidak bersih bisa saja mengakibatkan burung menjadi stress.

 

Nah, jika kandang cucak hijau ini sudah dibersihkan, maka jangan lupa untuk melakukan penggantian atau penambahan Voer. Jangan lupa juga untuk memberikan air minum yang cukup ataupun menyediakan buah segar untuk menambah nutrisinya.

Pemberian Pakan Berupa Jangkrik

Perawatan rutin yang dapat dilakukan selanjutnya agar membuat cucak ijo ini lebih sehat dan memilki suara merdu yaitu pemberian pakan. Untuk pemberian pakan, pada pagi hari baiknya diberikan jangkrik.

Takaran jangkrik untuk cucak ijo tersebut bisa Anda letakkan pada cepuk EF sebanyak 3 ekor. Pemberian jangkrik pada cucak ijo bisa menjadi pilihan yang baik terutama agar bulunya tidak mudah rontok.

Selain pada pagi hari, pemberian jangkrik ini juga perlu dilakukan pada sore hari. Misalnya yaitu dengan memberikan 2 ekor jangkrik pada cepuk EF.

Menjemur Burung

Menjemur burung juga menjadi salah satu perawatan rutin yang perlu dilakukan pada cucak ijo. Terlebih yaitu jika burung selesai dimandikan. Agar burung lebih lincah dan tidak kedinginan, maka perlu dijemur secara rutin pula.

Adapun durasi untuk menjemur burung cucak ijo ini dapat dilakukan selama 1-2 jam per hari misalnya saja yaitu mulai dari pukul 08.00-10.00. Menjemur burung ini juga perlu dilakukan agar burung lebih gesit dalam bergerak.

Usahan Burung Jauh dari Burung Sejenis dan Hewan Pengganggu Lain

Jika Anda ingin berhasil dalam merawat cucak ijo, maka ada baiknya pada saat penjemuran ataupun pada letak kandangnya, burung ini tidak melihat burung jenis lainnya. Selain hewan sejenis, pastikan juga bahwa burung tidak melihat hewan pengganggu lain misalnya saja kucing, tikus yang besar, maupun ayam.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena pada saat melihat hewan lainya, cucak ijo akan merasa ketakutan atau merasa keberadaanya terancam. Keadaan ini tentu bisa membuat burung menjadi tidak gacor dan bahkan stress.

Memperbanyak Pemberian Buah-Buahan

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat stamina dan kicau burung cucak ijo ini berkualitas yaitu pemberian makanan burung cucak ijo. Selain pakan tambahan EF maupun vitamin, ada baiknya Anda juga meberikan pakan berupa buah-buahan. Buah-buahan tersebut misalnya seperti pepaya, pisang, pir, jeruk, apel merah dan lainya.

Buah dinilai baik untuk diberikan pada cucak ijo karena mengandung banyak vitamin, utamanya vitamin C. Buah juga diketahui akan sangat berperan dalam sistem metabolisme cucak ijo sehingga membuat staminana lebih baik.

Melakukan Pemasteran

Perawatan cucak ijo harian berikutnya yang juga perlu sekali dilakukan yaitu melakukan pemasteran. Pemasteran ini ada baiknya dilakukan pada saat cucak ijo dikerodong. Ini bisa dilakukan pada siang hari atau pada saat malam hari hingga pagi hari.

Melakukan pemasteran ini bisa menjadi salah satu perawatan yang penting dalam pemeliharaan cucak ijo. Utamanya pada saat burung berada pada masa mabung, sehingga membuatnya banyak diam dan mendengar. Agar hasilnya lebih optimal, maka lakukan pemasteran dengan menyesuaikan karakter dan tipe suara burung Anda dengan suara burung master.