5 Cara membuat Burung Love Bird Konslet

Rajakicau.com Love Bird Konslet menjadi fenomena belakang ini, ada yang pro maupun ada juga yang kontra. Namun dibalik pro kontra tersebut Love bird konslet tetap menjadi idaman bagi para kicaumania. Bahkan dibeberapa gantangan sudah menyediakan kelas tersendiri bagi burung Love Bird yang ngekek sambil merem dengan durasi yang super panjang.

Cara Membuat Burung Love Bird Konslet

5 cara membuat Burung Love Bird Konslet
5 cara membuat Burung Love Bird Konslet

Perawatan Harian Love Bird

Perawatan yang konsisten merupakan kunci utama dalam mencetak Love Bird konslet, ini dimaksudkan agar Love Bird cepat beradaptasi dengan pola rawatan yang diberikan sang majikan. Perawatan yang konsisten juga bisa menjaga mood Love Bird agar bisa ngekek panjang. Baca Juga: Daftar Trik Menjadikan Lovebird Konslet

Perawatan harian dimulai dengan proses pengembunan yang bisa dilakukuan pada pukul 03.00 – 06.00 dimana kandungan oksigen diudara bisa membuat Love Bird memiliki nafas panjang yang bisa mendukung performa burung dilapangan. Pengembunan bisa dilakukan ketika cuaca cerah agar burung tidak drop.

Selanjutnya proses pemandian burung Love Bird. Memandikan Love Bird hendaknya dilakukan pada kisaran pukul 06.00 – 07.00 saat terik matahari masih dalam kondisi hangat. Proses pemandian bisa disesuaikan dengan kebiasaan burung baik disemprot halus maupun diberikan cepuk berisi air didalam sangkar.

Setelah dimandikan jangan langsung menjemur ditempat yang panas, letakkan burung Love Bird ditempat yang teduh sambil diberikan extra food kesukaannya. Beri kesempatan Love Bird untuk merapikan bulu bulunya yang masih basah sembari ngekek tipis tipis merem melek.

Baca Juga  Menentukan Katuranggan Cendet untuk lomba

1 Jam kemudian jemur burung Love Bird ditempat yang panas selama 1 s/d 2 jam sesuai kondisi birahi Love Bird. Proses penjemuran dimaksudkan untuk membunuh bakteri bakteri yang menempel pada burung maupun pada sangkar sekaligus untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung Love Bird. Jika burung masih muda, penjemuran cukup 30 menit saja mengingat Love Bird muda memiliki tingkat birahi yang sangat tinggi. Selanjutnya full kerodong hingga sore hari dan usahakan letakkan ditempat yang jauh dari Love Bird lainnya.

Sore hari buka kerodong dan kembali di angin anginkan. Malam hari kisaran pukul 19.00 – 21.00 kembali mandikan burung. Angin anginkan kembali sampai bulu Love Bird benar benar kering lalu kerodong kembali hingga pagi hari.

Pemberian Makanan Harian

Asupan nutrisi yang dikonsumsi Love Bird juga sangat penting untuk menunjang performanya dilapangan. Perlu perhatian khusus untuk mengamati makanan kesukaan Love Bird. Berikan makanan apa yang Love Bird suka dengan takaran yang secukupnya,

Banyak pakan kemasan Love Bird yang dijual di pasaran yang belum tentu cocok buat Love Bird kita dan bahkan membuat over birahi yang tentunya membuat performanya dilapangan menurun.

Milet yang menjadi makanan pokok untuk pakan lovebird konslet masih belum cukup memenuhi kebutuhan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Tambahkan Extra Food (EF) buah buahan dan sayuran seperti jagung, kangkung dan buah Apel yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

Namun perlu diingat pemberian EF yang terlalu berlebihan juga tidak bagus buat Love Bird karena bisa mengakibatkan over birahi.

Memilih Anakan Berkualitas

Selain dari pola rawatan harian, Love Bird konslet juga bisa dicetak dengan membeli anakan yang berkualitas dari indukan yang berkualitas juga tentunya. Dengan memilih anakan dari indukan yang berkualitas diharapkan gen unggul dari indukannya.

Baca Juga  Ini 5 Penyebab Murai Batu Tidak Bertelur! No 3 Sering Diabaikan

Berburu anakan / bahan Love Bird yang berkualitas selain dari datang langsung ke peternak juga bisa dengan membeli ombyokan di pasar burung. Harga yang ditawarkan pasti lebih murah daripada membeli langsung dari peternak ternama yang memiliki indukan berkualitas. Diperlukan keahlian khusus, kejelian dan kesabaran dalam memilih Love Bird yang berjumlah ratusan bahkan ribuan di pasar burung.

Sebagai contoh Love Bird Kusumo, Love Bird yang menjadi legenda bagi kicaumania ini siapa sangka awalnya dibeli Om Sigit WMP dari Pasar Wedi Klaten dengan harga 850 ribu. Tergolong murah karena pada saat itu harga Love Bird Josan kisaran 800 ribu – 1 juta. Dengan bakat yang dimilikinya Love Bird Kusumo menjadi Love Bird pelopor dengan karakter konslet. Ratusan kali juara dan bahkan Om Sigit sendiri sampai lupa berapa total prestasi yang diukir Love Bird yang konon pernah ditawar hingga 2 Milyar lebih.

Kontrol Birahi dan Extra Food

Over birahi menjadi momok bagi pecinta burung, tidak hanya Love Bird burung kicauan pun jika mengalami over birahi bisa mengurangi performa burung. Burung lebih cenderung menyerang (agresif) jika ada burung lain hingga lupa ngekek.

Kurang birahi juga kurang bagus, burung cenderung diam dan hanya melihat ketika melihat burung lainnya. Sebagai pemilik / majikan kita harus bisa mengontrol birahi burung di posisi yang ideal.

Kontrol birahi bisa dilakukan dengan settingan koloni di kandang besar dengan banyak burung Love Bird maupun settingan untulan dengan menggabungkan pasangannya dalam satu sangkar.

Adaptasi lingkungan lomba, pemberian extra food menjelang lomba juga menjadi salah satu kunci sukses burung Love Bird juara.

Menu extra fooding juga perlu untuk dikontrol, berikan batasan dan kalau perlu cabut EF dikala Love Bird sudah dalam posisi kencang. Mandikan burung untuk menurunkan birahi burung dan jauhkan dari burung sejenis.

Baca Juga  Cara Merawat Murai Batu Agar Ekor Cepat Panjang

Menggunakan Doping

Sebagai kicaumania, cara ini sangat tidak dianjurkan karena dengan dosis yang tidak tepat bisa mengakibatkan kematian Love Bird.

Banyak produk produk dipasaran yang menjual doping maupun pakan yang bisa membuat Love Bird konslet dengan kandungan bahan kimia. Pilih doping yang berbahan herbal yang terbuat dari bahan bahan alami.

Cara ini memang bisa mendongkrak performa burung Love Bird dilapangan namun cara ini bisa dibilang kurang natural karena kandungan bahan bahan yang terkandung di dalam doping bisa berbahaya buat Love Bird jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Sebagai pemilik kita harus bijak dalam merawat burung kesayangan kita dirumah tanpa harus berambisi menjadi juara dengan mengorbankan burung kesayangan kita. Rawat dengan penuh kasih sayang yang tulus niscaya burung Love Bird kesayangan anda akan membalas dengan prestasi.

Demikianlah 5 cara membuat Burung Love Bird Konslet. Semoga bermanfaat bagi anda.