Tips Memilih Vitamin Untuk Burung Kicau

Tak bisa dipungkiri bahwa burung kicau masih menjadi  peliharaan favorit bagi kebanyakan kaum pria.  Pasalnya selain suranya yang merdu, burung kicau juga bisa berharga tinggi jika memilki kualitas baik. Namun untuk merawat burung kicau bukanlah hal mudah, terutama dalam pemberian nutrisi dan vitamin yang baik. Lalu, apa saja tips memilih vitamin untuk burung kicau?

Perlu diketahui jika memenuhi kebutuhan vitamin ini sangat penting sekali untuk burung kicau. Melalui vaitamin kesehatan burung akan terjaga, sekaligus dapat menambah rangsangan agar membuatnya lebih lincah bergerak. Berikut adalah beberapa tips memilih vitamin burung kicau.

Mengetahui Pengelompokan Vitamin

Tips memilih vitamin untuk burung kicau pertama yaitu tentu saja Anda hasus mengetahui jenis-jenis vitamin yang baik bagi hewan peliharaan tersebut. Jika Anda belum tahu betul jenis atau pengelompokan vitamin tersebut bisa jadi malah akan memberikan masalah nantinya.

Tips Memilih Vitamin Untuk Burung Kicau

Perlu diketahui bahwa vitamin yang dibutuhkan oleh burung kicau ada 2 kelompok, yaitu jenis larut dalam lemak dan air. Beberapa jenis vitamin yang larut dalam lemak tersebut yaitu A, D, E,  dan K. Sedangkan vitamin yang larut dalam air diantaranya yaitu B1, B2, B3, B5, B6 dan B12  atau B Complex, Vitamin C, dan Folic Acid.

Pemberian vitamin yang larut dalam lemak tersebut pada burung sebaiknya di berikan secara sewajarnya saja atau tidak terlalu berlebihan. Sebab jenis vitamin ini akan mengendap bersama lemak. Endapan tersebut baru akan hilang jika terbakar menjadi energi burung kicau. Pemberian vitamin yang larut dalam lemak tersebut perlu di lakukan dengan hati-hati.

Beda lagi jika Anda memberikan vitamin yang larut dalam air. Jika pemberian vitamin ini berlebih, resikonya akan kecil. Hal tersebut karena vitamin ini akan larut besama urine burung kicau. Meskipun begitu pemberian vitamin yang larut dalam air secara berlebihan juga tak diajurkan. Misalnya saja yaitu pemberian Vitamin B Complex berlebihan bisa menyebabkan masalah, seperti bulu rontok atau burung menjadi mabung.

Memilih Vitamin Dengan Gizi Seimbang

Jika di atas sudah membahas mengenai pengelompokan jenis vitamin yang baik untuk burung kicau, maka memilih nutrisi ini dengan kandungan gizi seimbang perlu sekali di perhatikan. Hal ini dilakukan agar suara kicau burung semakin merdu. Pemberian vitamin dengan gizi seimbang ini juga dibutuhkan agar bulu burung semakin indah serta geraknya menjadi lincah.

Pemberian vitamin dengan kandungan seimbang ini juga memilki peran besar agar burung mempunyai kualitas yang baik. Perlu diketahui vitamin yang diperlukan oleh burung kicau tersebut diantaranya yaitu mengandung vitamin A, E, B1, B2, B12,  ataupun royalljelly.

Kandungan vitamin tersebut  diketahui tidak hanya dapat membuat suara burung lebih gacor, namun juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatanya. Jadi, ketika Anda sudah memilih jenis vitamin yang baik tak perlu khawatir lagi mengenai kesehatan ataupun kualitas suara burung kicau.

Memilih Vitamin Dari Bahan Alami Atau Herbal

Saat  akan memberikan vitamin pada burung, tentu Anda akan bertanya-tanya jenis apakah yang akan digunakan atau bisa mendapatkanya dimana. Memang mencari vitamin yang baik untuk burung kicau seringkali tidak mudah. Namun tips memilih vitamin untuk burung kicau tersebut ada baiknya dengan memilih dari bahan alami atau herbal.

Vitamin dari bahan alami ini lebih baik kulaitasnya karena tidak ada campuran zat kimia yang malah membahayakan kesehatan burung itu sendiri. Mencari vitamin dengan kandungan alami ini sebenarnya tidak sulit. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin A burung kicau, Anda bisa mendapatkanya dari bijian dan kacang hijau atau sayuran.

Kandungan vitamin B1 dapat diperoleh dari sumber makanan seperti dan jagung, dan kacang-kacangan berwarna hijau. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin E burung kicau bisa didapatkan dengan memberi biji-bijian. Jika Anda membeli vitamin alami atau herbal ini untuk burung pastikan pemenuh kebutuhan nutrisi tersebut aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ada satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan saat akan membeli vitamin, yaitu dengan menghubungi pihak terpercaya. Hal ini harus dilakukan agar Anda mendapatkan vitamin burung kicau yang asli dan aman untuk dikonsumsi oleh peliharaan.