Pakan Burung Murai Batu

Rajakicau.com – Murai Batu merupakan salah satu jenis burung yang sangat indah, burung ini terkenal dengan kicaunya serta penampilannya yang menarik. Berikut rekomendasi pakan burung murai batu terbaik. Baca Juga: Cara Menambah Nafsu Makan Murai Batu

Namun untuk menghasilkan suara yang indah tersebut, Anda harus memberikan pakan yang tepat untuk burung Murai Batu. Pastikan Anda juga  mengetahui pakan burung murai batu yang paling recommended dan menyehatkan pula.

Pakan Burung Murai Batu Agar Cepat Gacor

Daftar Pakan Burung Murai Batu Paling Recommended

Jika Anda melakukan perawatan pada burung Murai Batu, maka tidak menutup kemungkinan burung yang Anda miliki dapat dijual dengan harga yang sangat mahal, apalagi dengan kualitas suara yang sempurna. Maka dari itu Anda harus benar dalam memilih makanan untuk burung ini. Berikut ini adalah daftar makanan burung Murai Batu paling bagus yang bisa Anda berikan pada peliharaan kesayangan.

1. Voer atau Poor

Poor memang sudah menjadi salah satu jenis makanan utama untuk burung kicau termasuk untuk burung Murai Batu. Cara memberikan poor pada burung Murai Batu sangat mudah dan poor sangat mudah didapatkan, hal ini membuat poor menjadi makanan utama untuk burung kicau.

Jika dibandingkan dengan makanan burung Murai Batu yang lain, terutama makanan hewani poor memiliki manfaat yang sangat banyak. Poor lebih tahan lama dan tidak mudah busuk serta sangat mudah didapatkan pada toko-toko burung.

Poor bisa diberikan kepada burung Murai Batu setiap hari tanpa adanya batasan dosis tertentu karena memang poor aman diberikan kepada burung Murai Batu. Namun tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan terkait dengan pemberian poor pada burung Murai Batu, yaitu Anda harus mengetahui poor merk apa yang bagus untuk burung Murai Batu.

2. Jangkrik

Jangkrik merupakan pakan burung murai batu selain poor. Jangkrik adalah makanan umum yang selalu diberikan kepada berbagai jenis burung kicauan. Jangkrik merupakan salah satu makanan alami untuk burung kicau, mulai dari Pleci, Anis Merah, Jalak Suren, dan Murai Batu.

Untuk burung Murai Batu ada 3 macam jangkrik yang dapat diberikan yaitu jangkrik hidup, jangkrik beku dan jangkrik epung kering. Untuk Anda yang biasa memberikan jangkrik kepada burung Murai Batu lebih baik mencopot kaki bagian belakang. Hal ini agar burung Murai Batu tidak tersedak karena tenggorokannya terkena kaki belakang jangkrik yang tajam.

Burung Murai Batu akan lebih mudah dalam mencerna jangkrik jika kaki belakangnya sudah dicopot. Untuk dosis yang diberikan kepada burung Murai Batu, Anda bisa memberikan 3 hingga 4 jangkrik dalam sekali pemberian. Untuk waktu Anda bisa memberikan pagi dan sore hari. Karena jangkrik memiliki manfaat yang baik bagi burung yaitu menjaga stamina agar tetap dalam kondisi prima.

3. Kroto

Makanan ketiga yang bisa Anda berikan kepada burung Murai Batu adalah kroto. Kroto merupakan pakan umum yang dapat diberikan untuk burung Murai Batu. Kroto memiliki kelebihan dibandingkan dengan makanan yang lain yaitu teksturnya yang sangat lembut. Dengan begitu burung Murai Batu akan lebih mudah mencerna kroto dibandingkan dengan jenis makanan lain.

Cara memberi makan Murai Batu dengan kroto adalah dengan menyediakan sebuah cepuk khusus, kemudian Anda harus meletakkan kroto secukupnya pada cepuk. Murai Batu akan memakan kroto tersebut dengan sendirinya. Jangan sampai terlalu banyak meletakkan kroto di cepuk karena jika tidak habis, maka akan membuat kroto menjadi kering dan basi.

4. Ulat Kandang

Kandungan lemak yang cukup tinggi pada ulat kandang membuat ulat kandang menjadi salah satu makanan yang paling bagus untuk burung Murai Batu. Ulat kandang memiliki kandungan lemak yang rendah, hal ini sangat baik untuk burung Murai Batu karena tidak akan membuat burung Murai Batu kegemukan.

Untuk dosis pemberian ulat kandang pada burung Murai Batu, Anda bisa memberikan 1 sendok teh di pagi hari dan di sore hari. Usahakan memperhatikan pemberian sesuai dosis karena ini juga akan berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan burung. Baca Juga “Makanan Burung Gelatik Agar Cepat Gacor”

Beberapa daftar di atas adalah pakan burung murai batu yang paling bagus. Anda bisa memberikan pakan tersebut kepada burung Murai Batu milik Anda. Karena masing-masing jenis pakan mempunyai kelebihan masing-masing, jadi Anda harus menyesuaikan dengan yang Anda inginkan.