Ini Beberapa Makanan Dari Tanaman Hijau Untuk Lovebird

Rajakicau.com – Lovebird merupakan burung yang termasuk pemakan biji-bijian. Akan tetapi, lovebird terkadang juga memakan jenis tanaman hijau atau herbal.

Sudah terbukti bahwa tanaman hijau sangat baik untuk kesehatan lovebird, tapi tidak semua jenis tumbuhan ini baik untuk burung tersebut. Lalu, apa saja jenis tanaman hijau untuk lovebird yang baik untuk burung ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Tanaman Hijau Untuk Lovebird Terbaik

Tanaman Hijau Untuk Lovebird
Tanaman Hijau Untuk Lovebird

Tanaman Kangkung

Anda sudah tidak asing bukan dengan tanaman kangkung? Tanaman yang sering dijumpai di pasar dan sawah tersebut, ternyata sangat baik untuk burung lovebird. Manfaat dari kangkung ini dapat meningkatkan birahi lovebird saat akan diternak dan mengikuti perlombaan. Tapi, keadaan ini tidak akan sampai over birahi karena sifat sejuk dan dingin kangkung.

Sebelum kangkung diberikan, sebaiknya dibersihkan dengan mencuci tanaman ini, lalu diangin-anginkan. Biasanya pecinta burung memberikaan kangkung ke lovebird 1 jam sebelum digantang di lapangan. Selanjutnya, setelah 4 jam kangkung harus diganti dengan yang bsru dan lebih segar. Selain itu, bagian kangkung yang bisa diberikan dan dikonsumsi untuk lovebird adalah daunnya.

Tanaman Daun Mengkudu

Banyak dari pecinta burung yang memanfaatkan buah mengkudu ini sebagai asupan gizi lovebird. Selain buahnya, ternyata daun mengkudu juga baik untuk lovebird. Manfaat dari daun ini di antaranya menjaga stamina burung, menyembuhkan suara serak, membuat lovebird lebih tenang dan nyaman, serta sebagai obat anti alergi.

Ini Beberapa Makanan Dari Tanaman Hijau Untuk Lovebird

Cara untuk memberikan daun mengkudu ke lovebird cukup digantung dalam sangkar. Namun sebelum hal itu dilakukan, cuci daun mengkudu hingga bersih.

Baca Juga  Cara Membuat Burung Branjangan Gacor

Tanaman Daun Binahong

Tanaman binahong merupakan jenis tumbuhan herbal yang bisa Anda temui di pekarangan rumah atau secara liar di pinggir jalan. Perlu diketahui bahwa daun tanaman ini ternyata dapat dijadikan sebagai pendongkrak suara lovebird. Burung yang masih ngriwik bisa diberikan daun binahong ini agar cepat membuka paruh dan menjadi gacor.

Untuk pemberian tanaman binahong ke lovebird, dapat dilakukan dengan cara merebus daunnya untuk diambil airnya. Hasil rebusan daun binahong ini digunakan sebagai air minum pengganti selama masa terapi suara. Jika Anda tidak mau ribet, cukup gantungkan daun binahong di jeruji sangkar burung.

Tanaman Daun Krokot

Tanaman daun krokot ini dapat ditemukan secara di sawah bahkan di tepi jalan. Jenis tanaman hijau untuk lovebird, yaitu daun krokot memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk lovebird. Daun krokot dapat meningkatkan durasi kerja burung di lapangan dan membuatnya bertahan lama. Di samping itu, daun krokot bisa membuat suara kicauan lovebird lebih bening dan keras.

Pemberian makan untuk lovebird berupa daun krokot dalam bentuk tepung atau bubuk. Namun sebelum itu, jemur krokot dibawah terik matahari hingga kering. Kemudian haluskan daun tersebut dengan menggunakan mesin penggiling. Cara lain yang lebih mudah untuk dapat dilakukan yaitu dengan menggantungkan daun krokot di sela-sela sangkar.

Tanaman Daun Peterseli Atau Parsley

Pernah mendengar daun peterseli atau parsley? Memang benar daun ini mirip dengan daun seledri, tapi sedikit berbeda. Lovebird sangat menyukainya, namun jangan diberikan terlalu banyak. melainkan secukupnya saja karena banyak yang menganggap daun ini beracun. Jenis tanaman hijau ini bermanfaat untuk stamina dan produktivitas burung yang proses kawin.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu yang Benar

Selain digunakan untuk pakan, daun peterseli juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan kaki burung yang terluka dan bengkak. Caranya adalah dengan menumbuk daun peterseli atau melumatkannya. Lalu, tempelkan hasil tumbukan pada bagian kaki yang sakit.

Tanaman Rumput Teki

Rumput teki merupakan tanaman yang disukai oleh kelinci, sapi, kambing, atau hewan herbivora lainnya. Ternyata sebagian burung lovebird juga menyukai tanaman ini, sebab bermanfaat untuk membuatnya berkicau lebih panjang. Salah satu jenis burung ini yang suka makan rumput teki adalah Lovebird New Samba. Lovebird ini rajin ngekek panjang setelah makan rumput teki.

Cara pemberian rumput ini sangat mudah, cukup meletakkan sangkar dengan melepaskan temboknya di lapangan dan membiarkan lovebird makan dengan lahapnya. Cara ini cukup mudah dan bisa dicoba oleh para pecinta lovebird. Baca Juga: Obat Snot Pada Lovebird Yang Alami

Demikian beberapa jenis tanaman hijau untuk lovebird dan baik diberikan untuk burung ini. Semua jenis tanaman hijau tersebut dianjurkan tidak diberikan pada hari yang sama, melainkan secara selang-seling.