Menentukan Katuranggan Cendet untuk lomba

Menentukan Katuranggan Cendet untuk lomba – Banyak versi dalam penentuan burung Cendet bisa bertarung secara optimal karena burung Cendet tergolong jenis burung yang mudah dipelihara apalagi burung dirawat sejak masih trotol.

Menentukan Katuranggan Cendet untuk lomba
Katuranggan Cendet yang bagus

Namun jika salah perawatan, burung yang digadang gadang sebagai bahan burung lapangan (lomba) bisa sirna karena terlalu jinak dan manja kepada sang perawat / pemilik. Hal ini bisa disebabkan burung terlalu sering digoda dan jarang dikerodong.

Katuranggan setiap burung cendet itu pasti berbeda sehingga untuk menentukan burung Cendet berkualitas pun mempunyai cara yang berbeda. Oleh karena itu anda harus tahu ciri ciri Katuranggan Cendet yang bagus untuk dibuat lomba.

Berikut Menentukan Katuranggan Cendet untuk lomba :

  1. Warna kepala hitam pekat hingga pundak menyerupai blangkon.
  2. Bulu dada dominan warna putih dan bentuk sayap panjang melebihi tubuhnya.
  3. Ukuran kepala yang besar dan bulat serta selaras dengan ukuran tubuhnya yang menandakan memiliki otak yang bagus bisa meniru banyak variasi burung lain.
  4. Bentuk mata Cendet yang cenderung melotot lebar dan terlihat ganas yang menandakan memiliki mental fighter.
  5. Pangkal paruh tebal dan panjang yang mempengaruhi volume suara ketika berkicau.
  6. Kaki yang kuat bisa dilihat dari daya cengkramnya yang kuat di tangkringan. Cengkraman yang kuat berpengaruh ketika burung ditarungkan bisa tampil nagen nancap di tangkringan.

Katuranggan diatas banyak dijumpai dari burung Cendet hasil tangkapan dari Pulau Madura namun tak jarang pula burung Cendet yang berasal dari seputaran Jawa Timur memiliki kualitas tak kalah berkualitas.

Selain 6 poin diatas, faktor yang bisa mempengaruhi kualitas burung Cendet adalah perawatan. Perawatan yang bagus menjadi faktor utama menciptakan burung Cendet berkualitas.

Semoga tips Menentukan Katuranggan Cendet untuk lomba bisa membantu anda dalam memilih burung Cendet yang berkualitas.