Daftar Trik Menjadikan Lovebird Konslet

Rajakicau.com – Masih berusaha menjadikan lovebird konslet? Sebenarnya megusahakan hal tersebut tidaklah sulit. Hanya saja, Anda harus melakukan beberapa perawatan rutin, sehingga hasilnya pun bisa maksimal. Dalam hal ini, memang ada beberapa trik menjadikan lovebird konslet dalam perawatannya yang bisa harus Anda lakukan dengan baik dengan rincian daftar sebagai berikut.

Daftar Trik Menjadikan Lovebird Konslet

Memandikannya Secara Rutin

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam menstabilkan birahi dari burung ini adalah dengan cara memandikannya. Cara memandikannya pun cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan air ke tubuh lovebird secara perlahan dan lembut hingga tubuhnya basah kuyup.

trik menjadikan lovebird konslet

Proses memandikan lovebird ini juga tidak hanya untuk membersihkannya dari kotoran, namun juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun, serta menjadikannya lebih tahan terhadap stess. Anda disarankan untuk memandikan lovebird pada pagi hari sekitaf pukul 7 sampai 8 pagi.

Menjemur Lovebird

Trik selanjutnya untuk menjadikan lovebird konslet adalah dengan menjemurnya. Penjemuran ini sendiri yang paling bagus hanya dilakukan sebentar saja namun teratur. Pada daerah dingin rentang waktu penjemurannya sekitar 1 jam, namun untuk daerah panas Anda dapat menjemur lovebird dengan kisaran waktu 20 hingga 30 menit saja.

Dalam proses penjemuran ini usahakan untuk memisahkan antara lovebird satu dengan lainnya pada kandang yang berbeda. Jika dia kurang stabil, maka Anda juga bisa hanya dengan memandikan serta mengangin-anginkan burung lovebird ini saja.

Perawatan dan Penyemprotan Kandang

Kandang merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk lovebird. Anda perlu membuatnya senyaman mungkin dalam proses perawatan lovebird agar kualitasnya semakin baik. Sebaiknya, lakukanlah proses penyemprotan kandang ini secara berkala.

Maksud penyemprotan berkala ini adalah untuk membersihkannya dari kotoran. Tidak hanya itu, penyemprotan ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi risiko dari penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri terhadap lovebird itu sendiri.

Krobong Kandang Lovebird

Trik menjadikan lovebird konslet selanjutnya adalaha mengerobong kandangnya. Cara yang satu ini diperuntukkan khusus bagi lovebird betina fighter. Lovebird berina fighter akan sangat disarankan untuk dikerodong ketika sudah selesai diangin-anginkan setelah mandi.

Dengan mendatangkan Untulan

Apa itu untulan? Untulan merupakan seekor burung pendamping atau jodoh dari burung lovebird kesayangan Anda.  Biasanya menjadikan lovebird konslet ini bisa dengan mendatangkan untulan. Tapi semua itu kembali lagi dilihat dari karakter masing-masing lovebird yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Ada lovebird yang ketika dikawinkan dengan pejantan maka akan semakin konslet. Namun, ada juga yang karakternya sebaliknya, jadi mendatangkan untulan tidak begitu berefek untukknya.

Ketika akan melakukan pelombaan, Anda bisa mengambil pasangan atau untulan dari kandang. Hal semacam ini juga bisa Anda lakukan jauh sebelum proses tersebut berlangsung.

Meski demikian, dalam hal ini, sebelum perlombaan dimulai, ada baiknya Anda menstabilkan terlebih dahulu birahi lovebird. Caranya adalah dengan menyemprotkan embun atau dengan membasahi tangkringan si lovebird ini.

Makanan Extra Fooding

Dalam pemberian makanan yang berfungsi sebagai extra fooding, Anda bisa menyesuaikannya dengan keseharian lovebird. Akan lebih juga memilih pakan extra fooding yang terbaik dan berkualitas. Baca Juga: Ini Beberapa Makanan Dari Tanaman Hijau Untuk Lovebird

Jenis pakan terbaik ini ada beberapa referensinya, dimana diantaranya adalah milet, jagung manis, biji oats, dan sejenisnya. Namun demikian, dalam pemberian pastikan Anda sudah menyesuaikan takaran yang dibutuhkan.

Demikian beberapa ulasan mengenai trik menjadikan lovebird konslet yang bisa Anda terapkan. Dalam penerapannya, pastikan juga disertai dengan perawatan harian yang baik, rutin, dan sehat untuk si burung kesayangan.