Cara Memandikan Burung Cendet Dengan Baik Dan Benar

Rajakicau.com – Bagi sebagian orang, memelihara burung cendet merupakan suatu hobi yang menyenangkan. Jenis burung yang satu ini, memang memiliki suara yang indah selain itu juga bisa memilki harga jual yang tinggi. Selain memelihara, Cara Memandikan Burung Cendet juga sangat perlu diperhatikan.

Cara Memandikan Burung Cendet

Cara Memandikan Burung Cendet Dengan Baik Dan Benar

Jadi, Memandikan burung menjadi keharusan yang perlu untuk dilakukan. Pasalnya dengan mandi, burung bisa lebih nyaman serta suara kicauanya pun menjadi lebih baik. Nah, berikut ini caranya!

Mandikan Di Pagi Hari

Memandikan burung cendet sebenarnya cukup mudah. Namun bagi para pemula, terkadang masih bingung bagaimana langkah memandikanya. Jadi, waktu terbaik untuk memandikan burung ini yaitu dilakukan di pagi hari yaitu sekitar jam 08.00-10.00. Baca Juga: Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya

Pada saat memandikan burung pun, disarankan Anda tidak memberikan makan berupa jangkrik atau lainya terlebih dahulu ya. Jadi, beriklah makan jangkrik setelah dimandikan saja.

Mandikan burung cendet tersebut secara rutin setiap hari agar lebih nyaman. Namun Anda tak perlu memandikan burung hingga 3 kali sehari, mandikan sekali saja agar burung cendet kesayangan Anda lebih sehat.

Turunkan Burung Cendet Dari Gantungan

Sebelum Anda memandikan burung cendet, sebaiknya sangkar burung diturunkan dari gantungan dan letakkan di tanah ya. Saat akan memandikan, ambil makanan dan penampung makanan yang terdapat pada sangkar terlebih dahulu.

Tak lupa juga untuk mengambil penampung kotoran burungnya. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar air untuk mandi burung tidak menyiprati wadah tersebut.

Lakukan Penyemprotan

Cara Memandikan Burung Cendet berikutnya yaitu melakukan proses pemandian yaitu dengan cara penyemprotan. Untuk melakukan penyemprotan tersebut semprot cendet secara halus.

Saat proses penyemprotan ini akan lebih baik jika Anda melakukanya dari atas hinga bulu burung tersebut basah. Namun sebenarnya Anda juga bisa melakukan penyemprotan pada burung dari samping. Idealnya carilah posisi yang ternyaman bagi cendet.

Nah, saat proses pemandian burung tersebut jika burung sudah terlihat nyaman, maka Anda bisa mengatur spreyer atau semprotan menjadi lebih besar lagi. Namun lebih baik tur secara sedang saja ya, agar tidak membuat sakit tubuh burung. Air yang Anda butuhkan untuk memandikan burung tersebut jika burungnya banyak bergerak yaitu bisa 1 botol hingga 2 botol ya.

Memandikan burung yang sehat dan banyak bergerak biasanya menghabiskan 1 botol hingga 2 botol ya. Jadi, jangan terlalu sedikit. Mandikan burung hingga membuatnya terlihat puas.

Diamkan 5 Menit Setelah Penyemprotan

Jika bulu burung tersebut sudah terlihat basah, maka hentikan penyemprotan yang Anda lakukan. Setelah itu, diamkan burung selama kurun wajtu 5 menit. Pada saat itu, maka burung akan mengibaskan air yang terdapat pada tubuhnya.

Nah, pada waktu jeda istirahat 5 menit tersebut bisa Anda manfaatkan nih untuk membersihakan kotoran dari burung, setelah itu semprot lagi burung tersebut. Jadi, ketika Anda menyemprot dan burung tetap kudis berarti burung masih senang dimandikan.

Namun sebaliknya jika pada saat Anda menyemprot dan burung sudah menghindari air, tandanya pemandian burung yang dilakukan pun sudah cukup dan burung pun sudah puas.

Keringkan Sangkar

Jika Anda sudah selesai memandikan burung cendet, jangan lupa untuk membersihkan sangkarnya ya. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar sangkar tetap awet yaitu dengan dikeringkan menggunakan kain lap.

Pada saat proses penyemprotan pun, akan lebih baik jika Anda menggunakan semprotan pompa ya dari pada semprotan manual. Semprotan akan memberikan hasil yang lebih maksimal yaitu bisa dilakukan jarak jauh dan kapasitas tabungnya pun lebih banyak.

Angin-Anginkan Burung

Cara Memandikan Burung Cendet selanjutnya jika proses pemandian selesai, jangan lupa untuk diangin-anginkan ya. tujuanya agar burung tersebut cepat kering sehingga tidak kedinginan. Anda bisa mengangin-anginkan burung tersebut pada teras ataupun dihalaman rumah.

Mengangin-anginkan burung ini juga sangat perlu dilkakukan secara rutin agar burung lebih sehat dan energic. Nah, setelah burung tersebut kering, Anda bisa memberinya makan sesuai selera Anda misalnya yaitu memberikan pakan jangkrik, kroto, ulat maupun belalang.

Itulah cara memandikan burung cendet dengan baik dan benar yang perlu Anda ketahaui. Ingat, Anda perlu rutin dan tak boleh sembarangan ya dalam memandikan burung cendet ini agar lebih sehat. Semoga bermanfaat.