Manfaat Mandi Sauna Untuk Cendet

Rajakicau.com – Burung cendet atau pentet adalah jenis hewan pemakan belalang, kumbang, tonggeret, dan serangga. Burung cendet memiliki tubuh yang agak besar dengan warna hitam, coklat, dan putih.

Cendet merupakan burung sangat menyukai cuaca panas. Saat ini sering dijumpai perawatan yang populer berupa mandi sauna untuk cendet. Manfaat mandi sauna untuk cendet akan terlihat apabila dilakukan dengan baik dan benar.

Manfaat Mandi Sauna Untuk Cendet

Mandi sauna adalah proses penjemuran burung cendet yang dilakukan dalam kerondong. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penjemuran dilakukan secara bertahap. Ada batasan tertentu untuk menghindari kematian pada burung cendet. Berikut adalah manfaat mandi sauna untuk burung cendet.

Membuat Burung Cendet Lebih Gacor

Selain pemberian makanan burung cendet melakukan terapi mandi sauna pada cendet bisa membuat burung menjadi lebih gacor. Apabila setelah perawatan burung belum gacor, maka cobalah mendekatkannya dengan cendet lain.

Membantu Burung Cendet Lebih Stabil Pada Saat Di Lapangan

Sering dijumpai orang yang melakukan terapi mandi sauna pada cendet untuk persiapan lomba di lapangan. Hal ini karena mandi sauna pada burung cendet bisa membuatnya lebih stabil saat berada di lapangan. Mandi sauna menyebabkan burung cendet lebih sehat, bekerja dengan baik, serta tidak banyak gerak.

Membantu Mengatasi Cendet Macet Mabung

Kondisi burung yang sudah melewati molting atau terlepasnya beberapa helai bulu halusnya disebut macet mabung. Hal ini biasanya disebabkan oleh kualitas gizi atau nutrisi selama menjalani proses mabung. Mandi sauna bisa membuat pori-pori burung terbuka, sehingga bulu menjadi mudah rontok. Ini akan merangsang pertumbuhan bulu yang baru.

Melonggarkan Tenggorokan Burung Cendet

Manfaat mandi sauna untuk cendet selanjutnya adalah bisa untuk melonggarkan tenggorokan. Mandi sauna bisa membuat volume suara cendet meningkat dan lebih maksimal.

Membuat Kicauan Burung Cendet Lebih Panjang Lagi

Mandi sauna pada burung cendet bisa membuat tubuhnya menjadi lebih sehat dan prima. Burung cendet yang melakukan terapi mandi sauna bisa memiliki durasi kicauan lebih panjang saat di lapangan.

Mandi sauna sangat mudah dilakukan untuk meningkatkan kesehatan pada burung cendet. Mandi  sauna dilakukan dengan menjemur cendet saat di dalam kerondong. Burung bisa dimandikan terlebih dahulu dengan cara menyemprotkan air. Biasanya ada para pecinta burung yang tidak memandikan terlebih dahulu dan langsung menjemurnya.

Aturan Mandi Sauna Untuk Burung

Penyemprotan pada kerodong dilakukan dengan setelan embun secara merata sampai agak basah, lalu semprot lagi saat kering dan dijemur di bawah terik matahari. Waktu yang ideal untuk proses penjemuran ini dilakukan antara pukul 10.00-12.00. Pada tahap awal Anda bisa membuka resleting kerodong untuk mencegah terjadinya kematian cendet karena terlalu kepanasan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, durasi mandi sauna tidak boleh terlalu lama dan dilakukan secara bertahap. Mandi sauna bisa dilakukan selama setengah jam selama dua hari. Setelah dua hari, durasi mandi sauna bisa ditambah menjadi 1 jam. Dalam proses mandi sauna, pastikan persediaan air minum masih ada dan voer bisa diambil.

Perlu Anda ketahui sebenarnya terapi mandi sauna ini tidak hanya dilakukan pada cendet saja, tetapi juga bisa pada semua jenis burung berkicau lainnya, seperti kacer pori, cucak ijo, dan murai batu. Mandi sauna memiliki fungsi utama membantu mempercepat perontokan bulu pada proses mabung. Seiring berjalannya waktu juga bisa membuat burung candet lebih gacor.

Itulah beberapa manfaat mandi sauna untuk candet yang bisa diterapkan. Mandi sauna bisa dilakukan dengan mudah serta mendapat hasil yang maksimal, jika dilakukan dengan baik dan benar.