Cara Memandikan Lovebird (JITU)

Rajakicau.com – Bagi pecinta burung, popularitas lovebird memang belakangan ini sangat booming sekali. Lalu bagaimana cara memandikan lovebird agar sehat dan gacor?

Jenis burung yang satu ini pun juga sangat potensial untuk menjuarai suatu perlombaan. Namun agar membuatnya lebih menarik, Anda perlu melakukan perawatan salah satunya yaitu mengetahui cara memandikan lovebird yang benar. Baca Juga Cara Memandikan Murai Batu

Perawatan yang tepat pada lovebird tersebut tujuan utamanya yaitu agar bisa membuat lovebird gacor dan negekek panjang. Nah, berikut langkah-langkah memandikan lovebird yang benar.

Cara Memandikan Lovebird Biar Ngekek Panjang

Cara Memandikan Lovebird Yang Benar dan Sehat

1. Angin-Anginkan Sebelum Dimandikan

Sebelum Anda melakukan proses memandikan burung, lebih baik jika terlebih dahulu diangin-anginkan. Tujuanya sendiri yaitu agar burung tidak merasa kaget ya saat Anda mandikan. Waktu untuk melakukan penganginan tersebut akan lebih efisien jika Anda lakukan pada pagi hari lebih tepatnya yaitu pada pukul 06.00 atau 07.00 pagi selama kurang lebih 20 menit.

2. Waktu Memandikan Lovebird

Waktu terbaik untuk memandikan lovebird yaitu dilakukan pada pagi hari yaitu sebelum jam 10.00 pagi. Intensitas memandikan lovebird pun sebenarnya cukup Anda lakukan 2 hari sekali saja.

Namun, jika Anda menginginkan stamina burung lebih baik, maka bisa Anda mandikan setiap hari. Sedangkan jika lovebird dirasa sedang pada masa over birahi, bisa juga Anda memandikanya pada malam hari yaitu pada pukul 7-9 malam.

Untuk memandikan lovebird tersebut dapat Anda laukan dengan menggunakan sprayer ataupun keramba. Namun dibandingkan keramba, disemprot menggunakan sprayer merupakan cara yang lebih baik dan lebih efisien ya.

Semprot sprayer juga dinilai lebih mudah dan membuat nyaman burung. Hal tersebut karena Anda hanya tinggal menyemprotkan air ke badan burung dari arah yang disukai, namun lebih disarankan dari atas ke bawah.

3. Memandikan Love Bird Anakan dan Dewasa

Cara memandikan burung lovebird untuk yang masih anakan dan dewasa ternyata juga sedikit berbeda. Memandikan lovebird yang masih anakan ini lebih mudah dan sederhana karena burung masih kurang bergerak.

Jadi, untuk memandikanya langsung saja semprotkan air dengan perlahan ke tubuh burung. Usahakan dari atas ke bawah ya. namun pastikan dahulu bahwa cara Anda memandikan tidak mengenai mata dan hidung burung tersebut karena bisa membuat lovebird sakit.

Sedangkan untuk memandikan burung yang sudah dewasa, caranya lebih rumit lagi sebenarnya. Karena lovebird dewasa sudah banyak bergerak dan pasti akan banyak gerak jika Anda akan mandikan.

Nah, untuk itu cara terbaik untuk memandikanya yaitu dengan semprotan embun. Caranya yaitu semprotkan air pada tubuh lovebird dari atas ke bawah. Setelah itu, hentikan dan tunggu hingga burung tersebut terlihat biasa dengan keadaanya yang basah.

Setelah burung terlihat sudah biasa dan tak banyak gerak, selanjutnya semprotkan lagi air pada lovebird. Namun ingat, saat memandinya jangan terlalu basah kuyup, biasa saja jangan terlau basah. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari ketidaknyamanan pada lovebird.

4. Penjemuran Lovebird

Setelah selesai memandikan lovebird kesayangan Anda tersebut, maka sebaiknya jangan langsung dijemur terlebih dahulu. Karena Anda perlu menunggu agar air pada bulu lovebird berjatuhan. Jadi, bulu-bulu tersebut bisanya akan pecah dan kusam jika Anda langsung menjemurnya.

Nah, jika dirasa air sudah menetes semua, selanjutnya Anda bisa langsung menjemur lovebird tersebut jemur burung setidaknya yaitu selama 2 jam di bawah terik matahari.

Namun,pastikan Anda untuk tidak menjemur burung lebih dari jam 10 pagi. Hal tersebut penting untuk dilakukan karena pada waktu ini sinar matahari sudah kurang sehat lagi bagi lovebird. Jadi, Anda harus pehatikan baik-baik agar lovebird yang dimiliki lebih sehat.

5. Mengkerodongkan Burung

Cara memandikan lovebird selanjutnya yaitu jika Anda sudah memandikan dan juga dirasa cukup menjemur, maka selanjutnya Anda bisa mengkerodong lovebird tersebut dengan kain. Pemberian kerodong tersebut yaitu agar lovebird dapat negekek dengan panjang.

Jadi,ketika lovebird sedang dikerodong tersebut, Anda bisa nih mensiasatinya dengan melakukan pemutaran suara burung lovebird yang ngekeknya panjang agar Ia bisa menirunya. Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu yang Benar

Itulah beberapa cara memandikan lovebird yang benar yang bisa Anda terapkan sendiri dirumah. Cukup mudah sebenarnya memandikan lovebird jika Anda sudah mengetahui tekniknya. Namun ingat, Anda perlu berhati-hati saat memandikan burung ya agar terhindar dari penyakit. Semoga bermanfaat.