Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Rajakicau.com – Burung Cendet secara alami merupakan burung predator. Sama halnya seperti predator lainnya, sifat galak atau agresif suatu saat pasti akan kembali muncul meski sudah dipelihara sejak kecil atau anakan. Lalu bagaimana cara mengatasi burung cendet galak?

Perawat burung Cendet pasti pernah dipatuk dan dicengkram. Dengan paruhnya yang super tajam bisa membuat tangan berdarah darah. Butuh Tips manjur mengatasi burung Cendet Galak agar permasalahan tersebut tidak berlarut larut.

Terdapat 3 faktor yang membuat burung cendet menjadi galak :

  1. Dalam kondisi lapar.
  2. Burung Cendet Stres.
  3. Mengalami over birahi.

Baca Juga: Cara Jitu mengatasi burung cendet manja

Tergantung faktor penyebabnya, penanganannya pun berbeda – beda. Namun pada umumnya cara penanganannya hampir sama. Berikut Tips manjur mengatasi burung Cendet Galak :

Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Cara Mengatasi Burung Cendet Galak
Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Memandikan secara rutin

Memandikan secara rutin hingga basah kuyup dipercaya bisa mengatasi cendet galak. Mandi malam secara rutin juga bagus untuk menstabilkan birahi burung cendet. Manfaat Mandi Sauna Untuk Cendet

Yang perlu diperhatikan sebelum memandikan burung Cendet adalah ketika mengambil cepuk pakan di dalam sangkar. Berikan 1 ekor jangkrik sebelum mengambil cepuk. Ketika burung Cendet sibuk makan jangkrik barulah kita bisa ambil cepuk pakannya dengan aman tanpa takut dipatuk.

Jauhkan dari burung kecil

Insting membunuh kerap kali muncul ketika melihat calon mangsa. Maksud hati ingin memaster burung Cendet dengan menempel burung kecil. Namun jika posisi sangkar burung cendet tidak terkerodong maka proses pemasteran tidak berjalan semestinya, yang ada burung cendet bertingkah agresif seolah olah ingin keluar sangkar dan memangsa burung kecil yang jadi masteran.

Teknik Pemberian Extra Fooding

Teknik pemberian pakan yang salah menjadi salah satu faktor penyebab burung cendet galak. Pemberian pakan jangkrik menggunakan tangan secara langsung juga memicu burung menjadi galak. Sebaiknya pemberian pakan jangkrik dalam kondisi sudah mati. Taruh jangkrik dicepuk pakan dan usahakan burung cendet tidak mengetahui cepuk berisi jangkrik. Tutup cepuk dengan tangan agar burung cendet tidak agresif.

Pemberian EF jangkrik jangan terlalu banyak. Cukup pagi 2 ekor dan sore 2 ekor. Pemberian EF secara berlebihan juga tidak bagus karena burung cendet bisa mengalami over birahi

Satu pemikiran pada “Cara Mengatasi Burung Cendet Galak”

Tinggalkan komentar