Cara Membuat Burung Branjangan Gacor

Rajakicau.com – Diantara sekian banyak burung kicauan yang dipelihara kicaumania, salah satunya adalah burung branjangan yang menjadi favorite untuk dipajang diteras rumah baik branjangan berjenis parva maupun branjangan NTB. Namun masih banyak pemilik yang masih belum paham cara membuat burung Branjangan gacor.

Burung yang memiliki karakter seperti anis merah ini gampang gampang susah untuk dipelihara karena jika salah perawatan maka burung branjangan akan lebih banyak diam daripada berkicau.

Cara Membuat Burung Branjangan gacor

Selain memiliki suara yang bervariasi dan merdu, burung branjangan juga memiliki keunikan dengan mengepakkan sayap sembari terbang ketika berkicau.

Faktor Yang Mempengaruhi

Ada beberapa faktor yang bisa membuat burung branjangan tidak mau gacor maupun ngeriwik. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Lingkungan di sekitar sangkar
  • Makanan yang kurang tepat
  • Bulu branjangan terdapat kutu
  • Kebutuhan mineral atau vitamin tidak terpenuhi
  • Burung mengalami stress

Branjangan yang macet bunyi terkadang juga diakibatkan oleh beberapa faktor yang lain, misalnya drop mental yang diakibatkan sangkarnya terjatuh.

Dengan demikian, Anda harus mengetahui apa yang dapat membuatnya terpancing agar mau bunyi. Tentu saja keberhasilan membuat burung branjangan gacor menjadi tantangan tersendiri pemiliknya.

Cara Membuat Burung Branjangan gacor

Menggantang Sangkar Di Tempat Tinggi

Cara membuat burung branjangan gacor yaitu dengan menggantangkan pada tempat yang agak tinggi. Karena salah satu sifat burung branjangan yaitu suka berada di ketinggian.

Hal itu dilakukan supaya mereka dapat melihat lebih jelas seluruh daerah teritorialnya. Jika sudah merasa nyaman maka burung branjangan akan lebih mudah gacor.

Untuk itu anda bisa mencobanya dengan menggantang sangkarnya pada tempat yang lebih tinggi dibandingkan hari biasanya.

Kurangi jangkrik, tambah ulat hongkong

Selama ini, masih banyak kicaumania yang menilai pemberian ulat hongkong dapat mengakibatkan katarak pada mata burung.

Pemberian ulat hongkong yang berwarna putih (Ulat Hongkong yang ganti kulit) dinilai dapat merangsang branjangan rajin bunyi dan mempercepat kondisi ngeplong.

Ganti serbuk pasir / batu bata secara berkala

Cara membuat burung gacor yakni dengan secara teratur mengganti bubuk pasir. Selain bisa membuat burung gacor, mengganti pasir secara teratur juga dapat membuat burung selalu dalam kondisi sehat.

Ganti bahan lama dengan bahan baru, setidaknya sebulan sekali. Dengan demikian, burung akan merasa nyaman berada didalam sangkar. Perasaan burung yang nyaman akan merangsang burung-burung lebih rajin gacor.

Memancing dengan suara burung kecil

Jika Branjang tidak kunjung berbunyi meski sudah dipelihara cukup, salah satu solusinya yaitu memancing dengan suara burung kecil. Misalnya, seperti pleci, madu, kolibri dll.

Bisa juga menggantang berdekatan dengan burung kecil yang sudah gacor, hal ini dimaksudkan agar burung branjangan terpancing ikut berbunyi.

Penjemuran yang cukup

Burung branjangan adalah jenis burung yang suka panas. Namun menjemur secara berlebihan juga kurang bagus karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Baca Juga: Makanan Burung Branjangan

Jemur 2 sampai 3 jam Antara pukul 07.00 s/d 10.00 WIB dimana sinar matahari masih belum terlalu banyak kandungan ultra violet. Stabilkan suhu tubuhnya di tempat yang teduh