Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Rajakicau.com – Bagi para pecinta burung cendet pasti sudah mengetahui burung yang satu ini karena mempunyai suara kicauan yang merdu. Tapi untuk merawat burung cendet ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena itulah penulis akan memberikan tips bagi para pembaca tentang cara merawat burung cendet.

Sebenarnya untuk merawat burung cendet tidaklah susah, asal mengetahui cara-cara merawat burung ini. Yang terpenting jika kalian mempunyainya, harus dirawat dengan rajin. Bila burung cendet dirawat dengan baik, hewan ini akan mempunyai suara kicauan yang amat merdu dan cukup banyak diikutkan dalam kontes burung kicau. Berikut ini tips tentang cara merawat burung cendet.

Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor
Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

1. Perhatikan Kebersihan Kandang

Burung cendet memiliki warna bulu yang indah dan sejuk jika dipandang. pastinya bila burung ini mempunyai kandang yang kotor dan tidak terawat, hewan berbulu indah ini juga akan menjadi kotor dan tidak terawat.

Karena itulah pemiliknya harus memperhatikan kebersihan kandang burungnya dengan membersihkan kotorannya secara rutin dan mencuci kandangnya. Tujuannya agar burung cendet yang dimilikinya bisa tetap memiliki bulu yang indah dan enak dipandang.

2. Berikan Makanan Berkualitas Baik

Makanan untuk burung cendet juga tidak bisa sembarangan, agar tetap memiliki suara yang merdu dan tubuh yang sehat, hewan ini harus diberi pakan yang berkualitas terbaik.

Dianjurkan jika anda memiliki burung pendet, berikanlah makanan yang memiliki kandungan karbohidat yang tinggi seperti beras dan makanan yang memiliki kandungan vitamin tinggi seperti sayuran dan buah-buahan agar burung pendet yang dimiliki anda tetap memiliki suara yang merdu dan tubuh yang sehat.

3. Perhatikan Jenis Kelaminnya

Jika anda memiliki niat untuk mengikutkan burung cendet milik anda ke kontes berkicau, disarankan untuk memilih burung cendet yang berjenis kelamin jantan. Dikarenakan burung pendet berkelamin jantan sering memiliki suara kicauan yang merdu dan enak didengar, berbeda dengan betina yang jarang memiliki suara yang bagus.

Ciri-ciri burung pendet berkelamin jantan adalah mempunyai warna bulu yang gelap dan aktif berkicau. berbeda dengan betina yang cenderung pasif untuk berkicau. Namun burung cendet betina lebih memiliki bulu yang lebih indah, jadi terserah pembaca ingin mengikutkan burung cendet untuk kontes berkicau atau keindahan bulu mereka.

4. Jemur Burung cendet Anda Secara Rutin

Agar burung cendet tetap bisa merasakan udara segar dan bebas, anda harus rutin untuk menjamur burung cendet. Disarankan untuk melakukannya pada jam tujuh pagi sampai sembilan pagi. Selain pagi hari, anda juga bisa menjemur burung cendet anda pada sore hari pada jam tiga sampai lima sore tujuannya bisa untuk burung cendet stress.

Selain itu anda tidak bisa menjemurnya pada waktu sembarangan, terutama di siang hari karena akan mempengaruhi pertumbuhan burung cendet yang anda miliki. Untuk tempat berjemurnya, bisa di tempat yang sejuk dan penuh pepohonan. Saat menjemur, pastikan anda mengawasi burung pendet anda agar tidak terbang dan kabur dari pemiliknya.

5. Latih Burung Cendet Anda

Jika sudah melakukan perawatan yang dianjurkan pada langkah-langkah diatas, tugas anda agar mempunyai burung cendet yang bersuara merdu agar bisa diikutkan konter berkicau adalah melatih hewan ini terus menerus secara rutin. Jika kesulitan melatihnya sendiri, anda bisa menyewa orang yang sudah terlatih dalam melatih burung agar mempunyai suara yang merdu dan bervariasi.

6. Pengasingan Burung Cendet

Jika anda memiliki burung lain yang dapat berkicau merdu, sebaiknya burung pendet dijauhkan dari burung itu. Alasannya karena burung cendet memiliki sifat merasa tersaingi bila ada hewan lain yang bisa berkicau merdu sama sepertinya. Dengan mengasingkannya burung cendet akan bertambah rasa percaya dirinya, sehingga akan memiliki suara yang semakin merdua.

7. Memberi Sayur-Sayuran

Seperti yang sudah ditulis diatas, makanan bervitamin sangat cocok untuk pertumbuhan dan kesehatan burung cendet. Berilah sayur-sayuran dan buah-buahan agar hewan ini tetap sehat dan bertumbuh dengan baik.

8. Memberi Jamu

Agar burung cendet semakin bertenaga dan aktif dalam berkicau, berilah jamu khusus. Namun pemberian jamu hanya seminggu sekali untuk membuat burung pendet semakin bersuara merdu. Itulah tadi tips tentang cara merawat burung cendet, semoga berguna untuk anda yang berniat memelihara hewan ini.