Cara Jitu mengatasi burung cendet manja

Burung cendet merupakan salah satu burung yang memiliki varian suara beraneka ragam. Namun materi suara yang dimiliki akan jarang terdengar jika burung cendet manja atau miyik. Sebagai pemilik tentunya berharap burung kicau yang kita pelihara bisa menyuguhkan kicauan yang merdu. Namun harapan itu akan sirna jika burung cendet yang dipelihara manja. Butuh cara jitu mengatasi burung cendet manja.

Cara Jitu mengatasi burung cendet manja

Biasanya burung cendet yang dipelihara sejak kecil dan terbiasa diloloh akan memiliki sifat manja terhadap orang khususnya kepada perawat. Burung cendet bertingkah manja dengan harapan diberi makan atau cari perhatian pemiliknya.

Meski tiap hari gacor namun ketika mengetahui kehadiran pemilik atau perawatnya burung kembali miyik. Burung cendet yang memilik karakter manja tentunya bisa bikin pemilik jengkel. Alih alih mendengar suara kicauannya, yang ada malah bertingkah tidak karuan seperti salto naik turun tangkringan.

Cara Jitu mengatasi burung cendet manja :

  • Hindari pemberian pakan menggunakan tangan secara langsung atau dengan lidi. Tutup cepuk pakan menggunakan tangan waktu memasukkan cepuk ke dalam sangkar. Pastikan burung tidak terlihat isi pakan baik berupa Extra fooding maupun voer.
  • Jadwalkan pemberian pakan Jangkrik di pada pagi hari dan sore hari. Hindari pemberian pakan diluar jadwal pemberian pakan. Pemberian pakan jangkrik cukup 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari.
  • Mandikan Cendet dipagi hari hingga basah kuyup. Jemur ditempat yang panas dengan durasi 3 – 4 Jam karena Cendet tergolong burung yang suka panas. Mandi malam juga sangat dianjurkan buat burung dengan karakter manja.
  • Setelah dijemur angina anginkan 5 – 10 menit ditempat yang teduh. Segera kerodong dengan menggunakan kerodong yang tebal. Kerodong tebal berfungsi agar aktifitas pemilik di sekitar sangkar tidak terlihat burung cendet.
  • Hindari kebiasaan menggoda burung baik, dengan siulan maupun lambaian tangan. Memang sangat menyenangkan menggoda burung cendet dengan lambaian tangan karena Cendet akan terus berkicau sembari mengikuti lambaian tangan.
  • Pemberian pakan harian ulat kandang juga dipercaya sebagian kicaumania dapat menstabilkan birahi cendet.