Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Di Keramba

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Di Keramba – Anda punya masalah cucak ijo tidak mau mandi di keramba? Mandi memang menjadi aktivitas penting burung, termasuk cucak ijo. Pasalnya dengan mandi, tubuh dan pikiran burung bisa segar. Mandi juga membantu untuk merontokkan berbagai kutu dan juga memperkuat bulu burung. Sehingga tidak heran tampilan dan kesehatan burung lebih terjaga dengan mandi. Metode burung juga sangat beragam.

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Di Keramba
Burung Cucak Ijo

Biasanya yang sering kita temui Anda bisa memandikannya dengan menyemprot dari luar sangkar, memandikannya dengan memegang cucak ijo dan sebagainya. Cucak ijo yang giras bisa dimandikan dengan dipegang karena membantu untuk menjinakkannya. Sayangnya, ada banyak kasus, burung cucak ijo tidak mau mandi, khususnya di keramba. Jika cucak ijomu mengalami masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut

Mengontrol Birahi Pada Cucak Ijo

Umumnya, burung tidak mau mandi di keramba karena birahi burung yang tidak bisa dikontrol dengan baik. birahi burung yang tinggi cenderung membuatnya tidak mau berurusan dengan air. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan perawatan sendiri. Salah satunya dengan memberikan kontrol pakan EF.

Untuk mengontrol birahi, khususnya yang belum terlalu tinggi, Anda bisa menggunakan beberapa jenis pakan yang tepat, contohnya memberi EF jangkrik. Namun jika birahi sudah sangat tinggi, Anda bisa mengganti EF-nya dengan ulat bambu. Pasalnya jenis pakan tersebut menurunkan birahi burung dengan sangat baik.

Keramba Mandi Yang Tidak Nyaman

Keramba mandi burung cucak ijo terbaik adalah yang ukurannya besar sehingga membuat burung bisa mandi dengan baik dan bebas. Jadi jika cucak ijo tidak lagi mau mandi, kemungkinan ada yang salah dengan keramba mandinya. Anda bisa mengganti keramba dengan yang lebih besar jika ukuran keramba kecil. Keramba yang besar membuat cucak ijo lebih nyaman.

Baca Juga  Porsi Kroto Untuk Murai Batu (Penting)

Anda juga bisa melihat bagaimana kondisi keramba mandi tersebut, apakah bersih atau tidak. Jika kotor, usahakan membersihkannya terlebih dahulu. Pasalnya cucak ijo tidak mau mandi juga disebabkan karena keadaan keramba itu sendiri.

Dengan Menggunakan Sedikit Rangsangan

Jika burung cucak ijo tidak ingin mandi di keramba, hanya diam saja dan tidak mandi pada akhirnya, hal yang bisa dilakukan bukan mengeluarkannya. Namun coba saja dengan sedikit pancingan atau sedikit rangsangan. Rangsangan yang dimaksud adalah dengan menyemprotkan burung tersebut dengan sprayer sehingga burung terpancing dan mau mandi di keramba karena sudah terlanjur basah.

Cara ini bisa disebut yang paling ampuh karena setiap burung mempunyai keinginan. Contohnya, setelah burung sudah basah, ia akan melanjutkannya saja karena sudah kepalang tanggung. Metode ini bisa terus dicoba hingga burung mau mandi sendiri di keramba lain harinya.

Memakai Batu Kerikil

Umumnya, banyak burung yang takut jika melihat air yang dalam karena dirinya takut tenggelam. Hal seperti ini juga bisa dialami oleh burung cucak ijo yang baru pertama kali melihat isi keramba yang luas dengan air yang begitu dalam jika dilihat dari warnanya saja. Inilah yang membuat burung cucak ijo kemungkinan besar tidak mau mandi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil kerikil yang tidak kotor dan meletakkannya di keramba sehingga dasarnya terlihat. Dengan begitu, burung tidak akan lagi takut untuk turun dan mandi. Bukan hanya kerikil saja, Anda bisa menambahkan media lain. Namun sebelum itu, pastikan media tersebut bersih dan tidak ada campuran bahan kimia berbahaya.

Gunakan Trik Tangkringan Lengkung

Melatih agar cucak ijo bisa mandi di keramba memang banyak triknya, contohnya menggunakan tangkringan lengkung di kandang keramba tersebut. Cara ini bisa disebut yang paling ampuh karena perlahan tangkringan yang telah disiapkan akan menuntun cucak ijo untuk menyentuh air di tengah tangkringan. Usahakan bagian tengah tangkringan sudah menyentuh air supaya burung terkena air dan ingin mandi di keramba tersebut.

Baca Juga  Gejala Flu Pada Cucak Ijo

Untuk mengatasi cucak ijo tidak mau mandi di keramba memang ada banyak cara. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dan keinginan cucak ijo yang Anda miliki. Yang paling penting, Anda harus sabar dan jika di langkah pertama tidak membuahkan hasil. Terus ulangi hingga burung cucak ijo mulai terbiasa mandi di keramba.