Cara Terapi Mandi Hujan Cendet dan Manfaatnya

Rajakicau.com – Cendet adalah satu dari banyak spesies burung petarung yang ada di Indonesia. Burung cendet ini mempunyai mental yang kuat hidup di alam. Untuk meningkatkan mental burung ini, salah satu caranya adalah dengan melakukan terapi mandi hujan cendet.

Terapi ini mampu membuat burung cendet sangat survive di alam bebas. Berikut adalah ulasan cara dan manfaat dari terapi mandi hujan burung ini. Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Cara Terapi Mandi Hujan Cendet

Cara Terapi Mandi Hujan Cendet
Cara Terapi Mandi Hujan Cendet

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memulai terapi ini adalah dengan membiarkan burung cendet dalam sangkar di bawah guyuran air hujan yang sangat dingin. Namun, dalam penempatanya perlu dihindari untuk meletakkan sangkar burung candet di tanah.

Burung cendet dibiarkan dalam posisi ini agar dengan sendirinya bisa membilas bulunya, misalnya dengan mengkibas-kibaskan badannya. Melakukan terapi mandi hujan pada burung candet ini bisa dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

terapi mandi hujan cendet

Praktik terapi mandi hujan ini tidak membiarkan burung terlalu basah kuyup akibat guyuran air hujan. Apabila hujan yang mengguyur deras, maka terapi ini bisa dipercepat agar burung tidak basah kuyup. Selain itu, burung bisa diberikan suplai makanan hidup seperti ulat hungkong, kroto, atau jangkrik setelah selesai melakukan terapi ini. Tentunya agar badan burung lebih hangat tidak merasa kedinginan lagi.

Manfaat Terapi

Setelah melakukan terapi pada candet, tentunya ada manfaat yang diperoleh. Lalu, apa saja manfaat menerapkan terapi mandi hujan candet? Simak ulasanya di bawah ini.

Menstabilkan Birahi Cendet

Manfaat pertama yang bisa dipetik dari terapi ini adalah menstabilkan birahi candet. Dengan kata lain, lewat guyuran air hujan birahi candet sebagai jiwa petarung akan meningkat. Disamping itu, burung candet bisa menjadi semakin kuat dalam menjaga wilayah tempatnya berada. Selain itu, candet ini tidak akan kalah dari burung petarung lain apabila kondisi birahinya sudah stabil.

Menjadikan Burung Cendet Lebih Segar

Seperti mandi pada umumnya, terapi yang satu ini juga berguna untuk menjadikan candet lebih segar. Jadi tidak hanya pemiliknya saja memerlukan mandi, tapi burung candet ini juga perlu untuk membersihkan bulu-bulunya dari kotoran yang terbawa oleh udara. Terutama, setelah beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, kesegaran ini akan membuat bulu candet terlihat bagus saat dipandang mata.

Maka dari itu, burung candet harus sering-sering mandi. Hal ini untuk menyegarkannya sekaligus menjaga kesehatan burung candet ini karena kebersihannya lebih terjamin. Walaupun dimandikan dengan air hujan saja, hasilnya cukup bagus untuk burung yang satu ini. Sebab air hujan memiliki kandungan berjuta manfaat yang menguntungkan mahkluk bumi, tidak terkecuali bagi burung candet ini.

Semakin Rajin Berkicau

Manfaat dari terapi mandi hujan yang diberikan pada burung candet yang berikutnya adalah bisa menjadikannya lebih sering mengoceh. Tentu saja candet ini terkenal dengan ocehannya yang khas, namun tidak jarang jika mentalnya masih terpuruk burung ini akan kicauan merdunya..

Dengan terapi inilah, salah satu canya agar mental burung candet untuk memicu lebih sering berkicau. Hal ini akan menjadikan pita suara burung candet lebih rileks untuk mengeluarkan suara-suara khasnya.

Menjinakkan Cendet

Satu lagi manfaat dari terapi mandi hujan ini adalah untuk menjinakkan candet. Hal ini penting karena candet yang baru saja ditangkap dari alam bebas cenderung mempunyai tempramen yang keras. Sebab itu, perlu dilakukan penjinakkan agar bisa beradaptasi dengan kehidupan barunya.

Selain menjinakkan candet baru ditemukan, terapi ini juga berguna untuk burung yang masih giras. Sehingga, burung ini akan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru tanpa melukai penghuni lain.

Sudah paham bukan mengenai terapi mandi hujan cendet? Ulasan di atas pasti akan membuat Anda para pecinta burung tidak akan bingung lagi dengan terapi ini, sehingga bisa mempraktikkan di rumah.