Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil yang Mudah dan Cepat

Pasti Anda sudah tidak asing dengan namanya burung kacer. Burung ini sejenis unggas fighter yang banyak diminati karena volume suaranya yang lantang. Karena kebiasaannya tersebut seringkali membuat burung gacor ini mengalami kondisi lemah berupa volume suara yang mengecil. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara mengatasi kacer volume kecilyang bisa Anda terapkan.

Fenomena volume suara kacer yang kecil juga bisa terjadi karena faktor genetik, tapi ada juga yang penyebabnya karena pola hidup yang tidak baik. Berikut ini sedikit tips yang bisa Anda terapkan sendiri untuk mengatasi volume suara kacer yang mengecil tidak seperti kondisi normalnya

Memberikan EF

Cara pertama supaya volume suara kacer kembali normal adalah dengan memberinya EF. EF sendiri merupakan sejenis nutrisi tambahan untuk burung yang memiliki manfaat khusus untuk melancarkan sistem pernafasannya baik dada atau paru-paru. Bentuk EF untuk kacer ada bermacam-macam, bisa berupa jangkrik, kroto atau ulat hongkong.

Cara Mengatasi Kacer Volume Kecil yang Mudah Dan Cepat

Memberikan Voer

Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kacer yang suaranya lemah adalah dengan pemberian voer. Voer sendiri adalah makanan tambahan pengganti karbohidrat, lemak dan protein dengan kandungan serat kasar baik untuk perkembangannya. Biasanya voer dijual dalam bentuk makanan burung dan dikemas secara instan yang tersedia di toko-toko hewan. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih veor yang bagus

Memberikan Multivitamin

Pemilik kacer juga bisa menggunakan makanan alternatif berupa multivitamin untuk mengatasi volumenya yang kecil. Multivitamin ini juga berfungsi sebagai suplemen tambahan untuk meningkatkan performa kacer. Bentuk multivitamin untuk kacer biasanya mirip seperti cairan tambahan makanan. Supaya hasil yang diinginkan lebih maksimal, multivitamin bisa diberikan 2 atau 3 kali dalam satu minggu.

Memberikan Multimineral

Cara mengatasi kacer volume kecil berikutnya adalah dengan memberinya multimineral. Kandungan mineral dibutuhkan burung kacer untuk menambah daya tahan tubuhnya, sehingga organ dan jaringan dalam tubuhnya cepat tumbuh dan berkembang. Pemberian multimineral pada kacer yang dianjurkan adalah dua sampai tiga kali seminggu dengan bentuk Ca dan P.

Membiasakan Pelatihan Pada Kandang Umbaran

Metode yang paling ampuh untuk meningkatkan volume kacer adalah membiasakannya berlatih di kandang umbaran. Penerapan metode satu ini sangat ampuh untuk meningkatkan kekuatan fisiknya dalam bersaing dengan burung lainnya. Kebanyakan kacer yang suaranya kecil memiliki mental yang lemah, maka dari itu pelatihan di kandang umbaran ini perlu.

Pelatihan rutin di kandang umbaran ini secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kekuatan nafas kacer, sehingga membuat suaranya lebih kuat. Kandang umbaran akan menstimulus kacer untuk bergerak aktif sepanjang hari.

Menjaga Kebersihan Kandang dan Tubuh Kacer

Cara selanjutnya dengan menjaga kebersihan kandang dan tubuh kacer. Tips berikutnya ini mungkin umum, tapi memang ampuh dalam segi medis. Kacer yang hidup di tempat tercemar kondisi mentalnya akan terpengaruh dan berimbas pada volume suaranya yang mengecil. Pembersihan kacer dan tempat tinggalnya bisa Anda lakukan 2 atau 3 kali seminggu tidak perlu sering-sering.

Memakai Metode gurah

Pasti Anda pernah mendengar istilah gurah, istilah tersebut biasanya berguna untuk menyelesaikan masalah tenggorokan manusia dengan metode herbal. Metode gurah ini juga bisa Anda aplikasikan pada burung kacer agar suaranya makin merdu dan kembali normal. Penerapan metode gurah sebagai alternatif penyembuhan ini bisaAnda ikonsultasikan kepada ahlinya supaya tidak salah langkah.

Rutin Menjemur

Pemilik burung biasanya melakukan penjemuran rutin sebagai cara mengatasi kacer volume kecil. Penjemuran rutin ini bisa Anda lakukan di antara pukul 7 dan 11 pagi. Metode ini bisa Anda terapkan setiap hari dengan durasi sekitar 15 menit.