Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kicau

Rajakicau.com – Daun mengkudu atau pace sudah terkenal di kalangan masyarakat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia atau hewan peliharan.

Banyak diketahui bahwa daun mengkudu mengandung banyak antioksidan dan selenium. Antioksidan berperan penting dalam memerangi radikal bebas pada kulit, sehingga manfaat daun mengkudu untuk burung sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kicau

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kicau

Daun mengkudu juga terdapat kandungan lain, seperti xeronine, glikosida, vitamin A, dan terpenoid. Kandungan itulah yang bisa meningkatkan kesehatan burung peliharaan. Burung yang bisa mengonsumsi daun mengkudu seperti burung pleci, kenari, kacer, murai batu, cucak ijo, cendet, dan lovebird. Berikut manfaat dari daun mengkudu untuk burung kicau yang perlu Anda ketahui.

Menyembuhkan Tenggorokan Serak

Suara serak pada burung biasanya disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena infeksi pada tenggorokan akibat salah memberi pakan. Penyakit tenggorokan serak pada burung akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Mampu Meningkatkan Volume Suara

Volume suara yang dihasilkan burung biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Selain itu, faktor perawatan burung pada bagian pemasteran juga mempengaruhi kualitas suara. Hal ini disebakan pada bagian pemasteran burung dilatih untuk membuat suaranya menjadi lebih kencang.

Menjadikan Burung Kicau Cepat Gacor

Burung terkadang hanya gacor pada waktu tertentu yang biasanya disebabkan oleh kondisinya belum fit secara fisik dan belum birahi sepenuhnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan daun mengkudu atau pace sebagai alternatif penyembuhan.

Mengatasi Suara Yang Ngeriwik Agar Cepat Ngeplong

Burung yang hanya ngeriwik biasanya adalah berusia terlalu tua atau muda, terutama hasil tangkapan hutan. Selain itu burung yang griwik umumnya sedang memasuki masa mabung, burung dan kalah saat diadu. Untuk membuatnya cepat ngeplong, Anda bisa mencoba manfaat daun mengkudu untuk burung kicau.

Membuat Suara Burung Semakin Nyarin dan Kian Rajin Berkicau

Beberapa orang beranggapan kicauan burung adalah sebuah nyanyian indah yang bisa menjadi penghibur penontonnya. Ada kalanya burung tidak mau berkicau karena sakit, lapar, atau faktor lingkungan.

Melancarkan Fungsi Pencernaan

Daun mengkudu bisa melancarkan pencernaan burung kesayangan Anda. Hal ini bisa mencegah kegemukan atau obesitas pada burung daan membuatnya lebih lincah. Burung yang mengalami obesitas akan sulit bergerak dan kurang lincah.

Membantu Meningkatkan Kesuburan Indukan

Ketidaksuburan indukan biasanya disebabkan oleh burung mengalami masalah nutrisi, fisik, sosial, lingkungan, dan genetik. Agar hal ini bisa diatasi dan burung peliharaan cepat subur, Anda bisa mencoba memberikan daun mengkudu.

Membuat Telur Burung Lebih Besar

Burung yang mengkonsumsi daun mengkudu akan menghasilkan telur yang lebih besar dibanding dengan tidak mengkonsumsi. Apabila Anda bertujuan untuk menjadi peternak burung kicau, bisa memberinya pakan berupa daun mengkudu guna menambah nutrisi.

Meningkatkan Daya Tetas Telur

Pastinya Anda sering menjumpai telur yang gagal menetas. Hal itu dikarenakan embrio mati di dalam telur sebelum menetas dan teur infertil (gabuk, kosong, atau tidak subur). Dalam hal ini, daun mengkudu ternyata juga bisa membantu meningkatkan kualitas penetetasan telur pada burung kicau.

Menjaga Stamina Burung

Menjaga stamina burung merupakan hal yang sangat penting agar tidak lemah, lesuh, dan burung mudah stress. Daun mengkudu terkenal bisa meningkatkan stamina pada burung kicau yang Anda pelihara.

Mengurangi Stres

Anda pasti pernah menjumpai burung mengalami kondisi atau gejala stres. Kondisi stres pada burung akan terjadi apabila mengalami sesuatu yang mempengaruhi mental dan fisiknya. Selain itu, kondisi stres pada burung juga bisa disebabkan karena perubahan pakan yang dianggap tidak cocok.

Memberi Rasa Tenang Dan Nyaman Pada Burung

Agar burung tidak stres, merasa tenang dan nyaman bisa diberikan daun mengkudu  sebagai alternatif pengobatan. Pemberian daun mengkudu sebagi pakan juga akan membuat burung merasa lebih nyaman.

Mengatasi Burung Yang Kegemukan Atau Obesitas

Kegemukan atau obesitas akan menyebabkan burung kurang aktif dan lemah. Dengan mencoba manfaat daun mengkudu untuk burung kicau bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi murai batu kegemukan.

Mengusir Berbagai Jenis Alergi

Penyakit alergi tidak hanya dialami oleh manusia tetapi hewan peliharaan. Alergi pada burung disebabkan oleh kuman yang masuk pada badan hewan ini. Selain itu, pakan busuk yang dimakan burung juga bisa menyebabkan alergi.