5 Manfaat Madu Untuk Lovebird

Rajakicau.com – Madu merupakan zat alami yang berasal dari lebah dengan berjuta manfaat dan berguna untuk manusia sampai burung. Banyak burung menyukai khasiat madu, salah satunya adalah lovebird yang memiliki kicauan khas. Lalu apa saja Manfaat Madu Untuk Lovebird?

Manfaat madu untuk lovebird sangatlah baik karena ada beberapa kandungan zat menarik didalamnya seperti protein, karbohidrat, kalium dan lain-lain. Berikut adalah manfaat madu untuk burung lovebird.

Manfaat Madu Untuk Lovebird

Menjaga Stamina

Madu dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk lovebird yang bisa menambah staminanya. Lovebird yang rutin diberi madu akan memiliki stamina baik dan tidak gampang lemas. Burung lovebird yang staminanya terjaga akan mempunyai kekuatan lebih untuk berkicau.

Pada madu terdapat kandungan gula fruktosa, glukosa dan sukrosa yang baik untuk penambah kekuatan lovebird. Gula fruktosa memiliki sifat mudah diserap tubuh, maka dari itu stamina lovebird mudah kembali.

Saat lovebird baru sembuh biasanya madu dijadikan suplemen utama, namun sebaiknya pemberiannya tidak hanya saat burung ini sakit agar kondisinya tetap terjaga.

Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Khasiat madu selanjutnya, yaitu untuk menyembuhkan gangguan pernapasan lovebird. Madu dapat bekerja menghilangkan suatu hal yang menyumbat pernapasan.

Hal ini akan membuat lovebird kembali bernapas normal. Pemberian madu pada lovebird yang mengalami gangguan pernapasan juga harus diperhatikan agar tidak memperparah keadaanya.

Pada umumnya, lovebird dengan gangguan pernapasan disarankan diberi sekitar ¼ sendok makan madu. Pemberian madu pada burung disarankan tidak setiap hari cukup 1 atau 2 kali selama seminggu.

Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Manfaat madu untuk lovebird berikutnya dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Kandungan nutrisi pada madu dipercaya dapat menaikkan suhu tubuh lovebird. Fungsi peningkatan daya tahan tubuh ini penting untuk lovebird ketika terjadi perubahan cuaca ekstrim. Lovebird yang rutin diberi madu akan terjauh dari penyakit karena virus maupun bakteri.

Melantangkan Suara

Lovebird adalah salah satu burung berkicau, sehingga memerlukan asupan gula sebagai suplemen, seperti madu. Lovebird yang rutin mengonsumsi madu suaranya akan lantang dan dapat ngekek panjang.

Menurut penelitian, gula pada madu dapat menjadikan lovebird lebih aktif berkicau. Selain kicauan yang aktif, terbukti madu dapat memperindah suara lovebird.

Mengobati Stres

Burung lovebird merupakan hewan yang rawan stres. Kondisi stres pada lovebird bisa dipicu beberapa hal mulai dari sangkar kotor, jatuh, gaduh dan lain-lain. Kondisi stres lovebird bila terus dibiarkan akan berdampak pada kesehatan burung ini. Memberikan madu dapat dijadikan alternatif untuk mengobati lovebird yang stres.

Pemberian madu pada burung juga harus diperhatikan baik-baik, karena tidak boleh dengan memaksa. Madu bisa diberikan dengan mengoleskannya pada permukaan buah-buahan yang hendak dimakan lovebird.

Mempercepat Pertumbuhan

Madu selain baik untuk burung dewasa, juga untuk anak lovebird. Anak burung lovebird yang rutin diberi madu akan cepat tumbuh dan berkembang. Pada madu terdapat kandungan vitamin B2 atau riboflavin yang baik untuk pertumbuhan. Madu juga berkhasiat untuk pertumbuhan telur burung agar produksinya membaik.

Mencegah Penyakit Kulit

Pada madu terdapat kandungan asam panthotthenate yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat madu untuk lovebird dalam mengatasi penyakit kulit ini juga dapat mencagah bulu rapuh dan kasar. Burung love bird yang rutin diberi madu bulunya akan lebih halus dan tidak mudah patah. Baca Juga: Apa Saja Penyebab Lovebird Nyilet? Ini Daftarnya

Manfaat madu baik untuk kulit juga tulang burung lovebird. Pada madu terdapat kandungan niasin yang baik untuk menyembuhkan burung lovebird dari penyakit tulang. Niasin pada madu juga berguna menyembuhkan radang mulut dan diare pada burung lovebird.