Cara Memandikan Burung Nuri Dengan Benar

Rajakicau.com – Burung nuri adalah hewan yang cantik dengan warna bulunya. Tidak hanya bulu, kicauan yang indah juga bisa menjadi hiburan kala hari sedang suntuk. Salah satu jenis burung yang banyak dipelihara kini yaitu burung nuri. Lalu bagaimana sih cara memandikan burung nuri?

Warnanya yang indah dan eksotis membuat siapa saja yang melihatnya akan jatuh cinta. Karena itu, sebagai penikmat dan pemilik, Anda harus tahu cara memandikan burung nuri yang tepat.

Cara Memandikan Burung Nuri

Walau semua burung dibekali dengan cara merawat diri sendiri, pemilik tentu patut membersihkan dengan layak dan lebih optimal. Berikut ini ulasan tentang langkah-langkah memandikan burung nuri yang bisa Anda ikuti. Semoga berhasil! Baca Juga: Cara Memandikan Burung Cendet Dengan Baik Dan Benar

Pilih Lokasi yang Hangat

Jangan dikira bahwa burung tidak bisa merasakan rasa hangat laiknya manusia, mereka juga perlu kehangatan walau punya setumpuk bulu cantik di tubuhnya. Apalagi saat Anda akan memandikannya, pastikan bahwa memilih lokasi yang terkena sinar matahari langsung sehingga mereka tetap sehat dan bulu cepat kering. Hindari memilih lokasi mandi yang di area yang berangin.

Membiarkan Burung Mandi Sesekali

Burung akan senang jika dibiarkan mandi sendiri tanpa bantuan manusia dan Anda perlu memahami hal tersebut dengan menyediakan peralatan mandi untuk burung kesayangan. Apalagi jika Anda menempatkan burung pada sangkar yang besar sehingga mereka bebas berkeliaran.

Coba letakkan mangkuk mandi untuk burung yang sudah diisi air bersih untuk mendorong mereka mandi sendiri. Setelah mandi, biasanya mereka akan tampak menggosok-gosokkan badan pada sela-sela sangkar atau pada tempat bertengger sebagai cara alami membersihkan bulu-bulunya.

Baca Juga  7 Manfaat Jahe Untuk Murai Batu (GACOR)

Anda juga bisa menggunakan air hangat kuku agar mereka lebih nyaman, juga jangan gunakan mangkuk yang terlalu tinggi sehingga mereka bisa lebih leluasa. Cara memandikan burung nuri dengan sabun sebaiknya lakukan jika hanya burung tampak berminyak dan benar-benar kotor tapi tetap wajib diawasi. Pun, hindari juga mendorong terlalu keras agar mereka mau mandi.

Memandikan Burung Nuri dengan Semprotan

Jika burung tidak kunjung mandi sendiri, gunakan alternatif untuk memandikan mereka dengan menggunakan semprotan. Yang perlu diperhatikan bahwa jika Anda akan menggunakan semprotan, pilih lah menggunakan semprotan lubang yang tidak terlalu besar sehingga menghasilkan air yang lembut. Sebab, jika justru menggunakan lubang besar, bulir air pun besar sehingga dapat menyakiti burung.

Gunakan semprotan yang sudah diatur layaknya air kabut yang banyak disukai burung secara menyeluruh sampai bulu-bulunya bersih. Namun, hindari menyemprot langsung pada bagian muka.

Cara Memandikan dengan Sabun

Di atas tadi telah dibahas sekilas mengenai cara memandikan burung nuri dengan sabun, bahwa memang benar dilakukan hanya saat burung dalam keadaan kotor maupun berminyak. Untuk pemilihan sabun yang paling tepat adalah sabun cuci piring yang terbukti bisa menghilangkan minyak dan tidak membuat perih jika terkena mata walau Anda tetap perlu hindari langsung area wajah.

Anda bisa menempatkan air sabunnya kepada wadah sehingga mereka mandi sendiri maupun mencampurkan sabun dengan air dan diletakkan dalam semprotan yang berbeda dari semprotan yang digunakan untuk bilas. Jika kotoran susah hilang, tidak ada salahnya untuk minta bantuan dari dokter hewan sebagai penanganan yang tepat.

Mengeringkan Bulu

Kelemahan burung adalah basah karena menyebabkan mereka tidak bisa terbang dan merasa lebih berat daripada sebelumnya. Untuk itu, merasa perlu mengeringkan bulunya sampai benar-benar kering dan membuat mereka nyaman.

Baca Juga  5 Manfaat Daun Sirih Untuk Burung

Setelah mandi, biarkan burung berada di luar rumah untuk mengeringkan bulunya dengan cara alami yaitu sinar matahari. Jika Anda menggunakan alat seperti hairdryer ini dapat menyebabkan bulu terbakar, atau jika meggunakan handuk, bisa menyebabkan bulu rontok. Biarkan saja bulu-bulunya mongering secara alami maka akan kembali ke bentuknya semula.

Anda jangan panik jika dada pada burung tampak mengigil setelah mandi, ini adalah adalah hal yang wajar bagi burung saat mereka mencoba menaikan suhu badannya.

Perhatikan Juga Sangkar Burungnya

Sangkar adalah rumah bagi burung Anda, jadi sebisa mungkin jangan hanya membersihkan burung dengan rajin, tapi juga cuci sangkar sesering mungkin. Selain untuk meminimalisir penyakit, sangkar yang bersih bisa membuat rasa nyaman pada burung sehingga panjang umur dan bahagia.

Melihat ulasan tentang cara memandikan burung nuri di atas sungguh sederhana, ‘kan? Walau sederhana dan tampak mudah, setidaknya lakukan dengan konsisten dan hati-hati sebagai bentuk perhatian kepada burung kesayangan.