Cara Membuat Racikan Pakan Burung Cendet Yang Mudah

Rajakicau.com – Untuk bisa menghasilkan suara kicauan yang keras dan nyaring, burung cendet perlu perawatan khusus. Akan tetapi, karena alasan kesibukan, pemilik burung cendet lebih memilih membeli pakan di toko burung atau bahkan melalui online. Lalu bagaimana cara membuat racikan pakan burung cendet?

Sebenarnya tidak masalah, namun banyak makanan burung cendet yang tidak memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan. Berikut cara membuat racikan pakan burung cendet yang mudah.

Cara Membuat Racikan Pakan Burung Cendet Yang Mudah

Cara Membuat Racikan Pakan Burung Cendet Yang Mudah

Gunakan Tomat dan Tahu

Burung cendet terkenal karena kicauannya yang keras. Itu sebabnya kicauan burung cendet perlu dijaga dengan baik. Selain menjaga situasi dan kondisi burung cendet agar tidak stress, menjaga makanan burung cendet juga berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan burung tersebut.

Agar burung cendet yang Anda miliki menghasilkan kualitas suara yang nyaring, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat racikan pakan. yaitu berupa Tomat 2 buah,Tahu putih yang dipotong kecil-kecil, Ikan ukuran sedang, Telur ayam dan Tepung jagung.

Gunakan Sisik Ikan

Cara membuat racikan pakan burung cendet agar berbunyi nyaring dimulai dari Sisik ikan yang sudah dibersihkan, kemudian potong daging ikan sampai kecil-kecil dan digiling menggunakan blender atau mesin penggiling daging. Potong kecil-kecil tahu putih dan tomat. Setelah dipotong campurkan dengan daging ikan yang sudah digiling halus.

Masukkan tepung jagung ke dalam adonan tahu putih, tomat dan daging ikan yang sudah dicampur merata. Hancurkan dan haluskan cangkang telur yang sudah kosong. Kemudian campur ke dalam adonan tepung jagung. Aduk sampai merata. Setelah adonan merata, adonan tersebut bisa dikeringkan ke dalam oven selama 20 sampai 30 menit. Jangan sampai adonan tersebut menjadi gosong.

Setelah adonan terlihat kering, jemur adonan tersebut di bawah sinar matahari. Setelah kering sempurna, sudah bisa diberikan pada burung cendet. Lakukan racikan pakan ini selama beberapa hari sampai burung cendet menghasilkan suara yang keras dan nyaring.

Racikan Pakan Cendet Dengan Kandungan Protein Tinggi

Selain jangkrik dan ulat yang memiliki kandungan protein tinggi bagi burung cendet, ikan juga termasuk salah satu pengasil protein yang dibutuhkan oleh burung cendet. Bahan untuk membuat pakan cendet yang mengandung protein tinggi adalah Tomat, Wortel, Voer ayam, Ikan segar, Jangkrik, Buah gojiberry.

Cara membuat makanannya dapat dimulai dengan memotong kecil-kecil buah tomat dan wortel. Kemudian potongan dihaluskan dengan blender. Selanjutnya Potong kecil-kecil ikan segar yang sudah dibersihkan dari sisiknya, kemudian haluskan dengan blender atau mesin penggiling daging. Haluskan jangkrik sampai benar-benar halus dan haluskan buah gojiberry sampai benar-benar lembut. Baca Juga: Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya

Semua bahan dihaluskan secara terpisah. Jangan dijadikan dalam satu blender. Usahakan mencuci blender setiap kali akan menghaluskan bahan yang lain. Jika semua bahan sudah dihaluskan, campurkan ke dalam satu wadah. Kemudian aduk hingga merata dan berbentuk adonan.

Jemur bahan yang sudah tercampur merata di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Makanan bisa diberikan pada burung cendet setelah kering dengan sempurna.

Buatlah racikan pakan yang baru apabila sudah melewati siang hari. Karena burung cendet lebih menyukai pakan yang terlihat segar dan fresh. Jadi usahakan untuk membuat pakan secukupnya saja dan jangan terlalu banyak.

Racikan Makanan Berupa Buah-Buahan Segar

Selain serangga dan sayuran, makanan sesungguhnya burung cendet liar adalah buah-buahan segar. Anda bisa sesekali membuat variasi terhadap makanan yang akan diberikan pada burung cendet. Buah-buahan seperti pepaya, pisang, talok yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampurkan dengan voer basah. Baca Juga: Makanan Burung Cendet Sehari-hari

Buah-buahan yang memiliki kandungan beberapa vitamin sangat diperlukan untuk burung cendet agar tetap terjaga stamina dan ketahanan tubuhnya. Selain divariasi dengan voer, bisa juga divariasikan dengan serangga berupa jangkrik, dan ulat hongkong. Berikan racikan pakan buah pada burung cendet maksimal 3 kali seminggu. Hal ini untuk menghindari kebosanan burung cendet terhadap makanannya.

Nah, sudah mencoba cara membuat racikan pakan untuk burung cendet kesayangan Anda? Racikan seperti apa yang sesuai dengan burung cendet Anda? Perlu diingat bahwa jika burung cendet mengalami stres karena terlalu sering berganti jenis makanan. Jadi, pastikan jangan terlalu sering membuat variasi pada makanannya.